Sukses

KBRI Seoul dapat Penghargaan MURI Atas Penyelenggaraan Festival Indonesia 2023

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada KBRI Seoul atas kesuksesan penyelenggaraan Festivasl Indonesia tahun 2023.

Liputan6.com, Seoul - Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada KBRI Seoul atas kesuksesan penyelenggaraan Festivasl Indonesia tahun 2023.

“Sertifikat Rekor MURI diberikan kepada Duta Besar RI di Seoul atas penyelenggaraan Festival Indonesia 2023 sebanyak tiga kali di kota Ansan, Busan dan Seoul dengan 100 seniman dan jumlah 10.000 pengunjung. Selamat!”, demikian dinyatakan Jaya Suprana, Pendiri Museum Rekor Indonesia saat menyampaikan Sertifikat Rekor MURI kepada Duta Besar RI Seoul Gandi Sulistiyanto pada acara penutupan Festival Indonesia 2023 tanggal 29 September 2023 di Seoul.

“Festival Indonesia memainkan peran kunci dalam pengembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan, khususnya dalam 50 Tahun hubungan persahabatan kedua negara yang diperingati tahun ini. Saya yakin bahwa hubungan kedua negara akan semakin erat berkembang di masa depan serta membawa manfaat baik untuk Indonesia dan Korea serta kawasan dan dunia internasional,” ditegaskan oleh Dubes Gandi Sulistiyanto dalam sambutan penutupan Festival Indonesia 2023.

Di akhir sambutan, Dubes Sulis secara khusus berpamitan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Korea sehubungan dengan amanah baru sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, yang mengharuskannya menuntaskan tugas sebagai Kepala Perwakilan RI dan kembali ke Tanah Air dalam waktu dekat.

Dubes Sulis menyampaikan harapan Festival Indonesia 2023 senantiasa akan diingat oleh masyarakat Indonesia dan Korea sebagai kenangan indah yang menandai 5 dekade persahabatan kedua negara.

Di hari kedua dan terakhir Festival Indonesia 2023, panggung utama dimulai dengan Tari Pendet yang dibawakan oleh anak-anak staf KBRI Seoul, dilanjutkan dengan band YOPIC dan kelompok tari Ayodhia Pala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Penampilan di Festival Indonesia 2023

Peserta pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tidak ketinggalan unjuk kemampuan Bahasa Indonesia melalui tari dan nyanyi, dilanjutkan dengan penampilan The Manja Band, sharing session mengenai Pemilihan Umum tahun 2024 oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Korsel, dan pertunjukan Reog Ponorogo oleh Komunitas Singo Mudho.

Sementara di panggung kedua, yang berhadapan dengan Sejong Art Center, dilaksanakan aktivitas untuk anak-anak seperti lomba tradisional bakiak dan egrang, permainan tradisional congklal dan bola bekel, serta face and hand painting.

Sesi penutupan dilaksanakan di panggung utama pada pukul 17.00 waktu setempat dan dipandu oleh pembawa acara Dedi Gumelar, yang akrab disapa “Miing Bagito”, dan Kim Yeon Jin.

Acara dibuka dengan penampilan angklung oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Seoul di bawah kepemimpinan Ibu Susi Sulistiyanto. Kelompok angklung DWP mengajak Duta Besar dan istri Dubes negara anggota ASEAN memainkan angklung bersama saat menampilkan lagu “The ASEAN Way”.

Laskar Indonesia Pusaka di bawah bimbingan bapak Jaya Suprana turut memeriahkan acara dengan menampilkan Tari Bedhayan. Armonia Choir di bawah bimbingan ibu Giok Hartono menampilkan lagu-lagu yang akrab di telinga masyarakat Indonesia seperti “Ojo Dibandingke” yang dipopulerkan pada peringatan HUT RI ke-77 di Istana Merdeka tahun 2022 dan lagu favorit masyarakat Korea yaitu “Arirang”.

Acara menampilkan pula Michael Anthony, pianis difabel berbakat Indonesia, berduet dengan Nathasia Djong yang memainkan biola, membawakan komposisi “Aduhai Indonesia” dan “Arirang”.

3 dari 3 halaman

Undian Doorprize, Ini Hadiahnya

Festival juga dimeriahkan dengan undian sejumlah doorprize seperti sepeda, TV digital, smartwatch, dan Grand Prize berupa tiket pesawat Incheon-Jakarta pp dari Garuda Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula peluncuran buku karya bapak Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Korea atas prakarsa Dubes RI di Seoul.

Rekor MURI juga diberikan kepada Direktur Utama PLN atas buku “Presiden Joko Widodo” yang untuk pertama kalinya diterjemahkan ke dalam bahasa Korea.

Puncak acara menampilkan penyanyi Ghea Youbi dengan membawakan sejumlah lagu dangdut populer Indonesia yang disambut hangat oleh seluruh penonton Festival Indonesia.

Tampak audiens berjoget bersama saat lagu “Rungkad”, “Pergi Pagi Pulang Pagi” dan “Cendhol Dawet” dinyanyikan oleh artis dangdut tersebut.

Berlokasi di tengah Plaza Gwanghamun, panggung utama Festival Indonesia dikitari oleh sejumlah anjungan yang menampilkan aneka ragam produk ekonomi kreatif UMKM dan kuliner khas Indonesia.

Anjungan diisi oleh Dian Oerip dan Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Lampung, Gabungan Pengusaha Jamu Indonesia, Jamu Jago, Jakarta Modest Fashion Week, Apik Men, Batik Bali, Foreign Market Indonesia, Long Story Short, Komodo Gift Shop, KINO/Manohara, Global Asosiasi Indonesia, Cak Gundul, Indomie, BNI Seoul, BRI Seoul, Garuda Indonesia Seoul Office, PPLN Korea, Bakso Rindu Kampung, Bakso Bejo, Seleraku dan Catering Seoul, serta Ulubellu Coffee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.