Sukses

Kopi Racikan Khas Nusantara The Gade Coffee and Gold Siap Jamu Delegasi dan Jurnalis KTT ke-43 ASEAN

Tiga kopi arabika khas nusantara racikan The Gade Coffee and Gold milik PT Pegadaian akan disajikan bagi para delegasi dan jurnalis. Kopi ini ternyata pilihan utama Presiden Jokowi dan jajaran kabinet untuk dihidangkan saat berdiskusi baik dalam acara formal maupun informal.

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke-43 ASEAN berlangsung di Jakarta pada 5–7 September 2023. Dalam acara tersebut, tiga kopi arabika khas nusantara racikan The Gade Coffee and Gold milik PT Pegadaian akan disajikan bagi para delegasi dan jurnalis.

Mengutip informasi dari Tim komunikasi & media KTT ke-43 ASEAN/UN yang juga dimuat Setkab.go.id. Senin (4/9/2023), tiga kopi arabika itu berasal dari Gunung Ijen di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), Desa Bajawa dari Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Desa Boalemo dari Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Ketiga jenis kopi arabika itu dipadu dengan unik dari beragam cita rasa buah, rempah, hingga bunga.

"Kami memiliki tiga kopi arabika berkualitas untuk berkontribusi di KTT ASEAN," ujar Kepala Departemen Layanan Prioritas dan The Gade Coffee and Gold PT Pegadaian, Taufan El Savir, di Jakarta, Jumat 1 September.

Sajian kopi tersebut dapat dinikmati para tamu, delegasi dan jurnalis di lokasi Media Center dan pertemuan KTT ke-43 ASEAN 2023.

Taufan mengungkapkan, tiga jenis arabika yang disajikan memiliki kualitas tinggi karena ditanam pada ketinggian sekitar 1.100 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut. Faktor itu juga membuat ketiga kopi arabika lokal itu memiliki cita rasa yang beragam.

Taufan mengatakan, berdasarkan pengalamannya meracik kopi di Istana Negara, kopi ini kerap menjadi pilihan utama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran kabinet untuk dihidangkan saat berdiskusi baik dalam acara formal maupun informal.

Tidak cukup secangkir kopi, terkadang mereka minum lebih dari dua cangkir kopi, kata Taufan.

Hal yang sama juga terjadi saat Taufan dipercaya meracik kopi untuk delegasi KTT ke-42 ASEAN di Labuan bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa waktu lalu. Saat itu, banyak delegasi KTT ASEAN yang memesan lebih dari dua cangkir kopi di stan yang terletak persis di depan ruang pertemuan.

"Saya mendapatkan banyak apresiasi dari delegasi yang menikmati seduhan kopi dari saya," tutur Kepala Departemen Layanan Prioritas dan The Gade Coffee and Gold PT Pegadaian, Taufan El Savir

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rahasia Kopi Diminati Berbagai Lapisan Masyarakat hingga Presiden Jokowi

Taufan juga membuka rahasia ihwal faktor yang membuat kopi racikannya banyak diminati berbagai lapisan masyarakat hingga Presiden Jokowi.

Hal ini, kata Taufan, karena kopi arabika yang diolahnya memiliki kandungan kimia yang memberikan rasa, aroma, dan efek fisiologis.

Meski demikian, Taufan mengingatkan agar masyarakat tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan karena akan berpengaruh buruk bagi kesehatan.

"Dalam satu hari maksimal tujuh cangkir, tidak boleh melebihi,"  tandas Taufan.

3 dari 4 halaman

KTT Ke-43 ASEAN: Panitia Fasilitasi Jurnalis Shuttle Bus Gratis

Sementara itu, dalam rangka menunjang akses peliputan jurnalis untuk rangkaian KTT pada 5-7 September mendatang, panitia penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke-43 ASEAN 2023 menyiapkan shuttle bus gratis menuju Media Center, di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong mengatakan, fasilitas shuttle bus gratis itu untuk memudahkan pergerakan para jurnalis selama KTT ASEAN 2023 berlangsung.

"Pergerakan kendaraan terbatas karena ada rekayasa lalu lintas selama KTT berlangsung. Jadi kami sediakan shuttle bus yang terus bergerak dengan beberapa rute menuju Media Center," ujar Usman, di Jakarta, Jumat 1 September 2023 seperti disampaikan Tim komunikasi & media KTT ke-43 ASEAN/UN yang dikutip dari setkab.go.id, Senin (4/9/2023).

Shuttle bus fasilitas KTT ASEAN Jakarta untuk jurnalis ini memiliki empat rute, berikut ini di antaranya:

  1. Rute 1, dari Best Western Hotel Senayan menuju Hotel Century, Hotel Mulia Senayan, TVRI, Senayan Park (Spark), Hall B JCC.  Rute tersebut beroperasi pada 1-6 September 2023 dari pukul 05.00-21.30 WIB.
  2. Rute 2, dari Best Western Hotel Senayan menuju Kemendikbud, Pintu 7, The Sultan Hotel, Hall B JCC. Rute tersebut beroperasi pada 1-6 September 2023 dari pukul 05.00 – 21.30 WIB.
  3. Rute 3, dari Blue Line Kominfo Stasiun MRT Istora Mandiri menuju Pintu 9 GBK. Rute tersebut beroperasi pada 1-6 September 2023 dari pukul 05.00-21.30 WIB.
  4. Rute 4, dari Bandar Udara Soekarno-Hatta menuju Ritz Charlton Pasific Place, The Langham, Hotel Fairmont, Hotel Mulia, Best Western Hotel Senayan.  Rute tersebut  beroperasi pada 31 Agustus – 6 September 2023 dari pukul 05.00 – 22.00 WIB.
4 dari 4 halaman

Bus Listrik Transjakarta Empat Rute

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menyiapkan 24 unit bus listrik Transjakarta untuk melayani para delegasi KTT ke-43 ASEAN. Bus-bus ramah lingkungan tersebut akan dioperasikan pada empat rute khusus selama pelaksanaan pertemuan para kepala negara dan kepala pemerintahan ASEAN bersama para mitra strategisnya.

Empat rute tersebut, yaitu:

  1. Rute 1 meliputi Gedung Serbaguna Senayan-MRT Istora Mandiri-Hotel Sultan yang beroperasi sejak pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.
  2. Rute 2 yaitu Gedung Serbaguna Senayan-MRT Istora Mandiri-Ritz Carlton Pacific Place yang beroperasi pukul 07.00-19.00 WIB.
  3. Rute 3 yaitu Hotel Sultan-Ritz Carlton Pacific Place yang beroperasi pukul 17.00-19.00 WIB.
  4. Terakhir, rute 4 yaitu Stasiun MRT Istora Mandiri-Balai Sidang JCC Senayan yang beroperasi pukul 05.00-08.00 WIB.

Sebagai informasi, terdapat 29 ruas jalan yang terdampak rekayasa lalu lintas selama KTT ke-43 ASEAN 2023. Ruas jalan tersebut adalah:

1.  Jl Jenderal Sudirman

2. Jl MH Thamrin

3. Jl Gatot Subroto

4. Jl HR Rasuna Said

5. Jl Imam Bonjo

6. Jl HOS Cokroaminoto

7. Jl Galunggung

8. Jl RM Margono Djojohadikoesoemo

9. Jl KH Mas Mansyur.

10 .Jl Karet Pasar Baru Timur V

11. Jl Karet Pasar Baru Timur II

12. Jl Karet Pasa Baru Timur III

13. Jl Prof Dr Satrio Sisi Barat

14. Jl Kebon Sirih

15. Jl Wahid Hasyim

16. Jl Gerbang Pemuda

17. Jl Pintu Satu Senayan

18. Jl Asia Afrika

19. Jl Sisingamangaraja

20. Jl Pattimura

21. Jl Trunojoyo

22. Jl Gunawarman

23. Jl Majapahit

24. Jl Ir Juanda

25. Jl Veteran III

26. Jl Medan Merdeka Barat

27. Lingkar Mega Kuningan

28. Jl Lingkar SCBD

29. Jl Setia Budi Tengah  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini