Sukses

Beruntung Banget, Pria di China Selamat Meski Tersambar Petir Dua Kali

Seorang pria selamat setelah dua kali tersambar petir dalam waktu kurang dari lima menit di Tiongkok. Ini kisah selengkapnya.

Liputan6.com, Tiongkok - Seorang pria di China sangat beruntung bisa selamat meski dua kali tersambar petir dalam waktu kurang dari lima menit. Demikian melansir Odditycentral pada Selasa (29/8/2023). 

Liu Nan saat itu sedang berada di luar rumahnya di Zunyi, Provinsi Guizhou, China. Ketika badai petir menyambar daerah tersebut, Liu tiba-tiba tersambar petir dan pingsan. Kemudian dia sadar beberapa menit setelahnya. Namun, tanpa sempat menyadari apa yang terjadi, ia kembali tersambar petir dan kehilangan kesadaran. 

Walaupun ancaman bahaya petir terlihat begitu berbahaya, ternyata kemungkinan seseorang tersambar petir selama hidupnya hanyalah 1 dari 15.300 kejadian. Pada kasus tersambar 2 petir kali yang dialami pria China tersebut angka perbandingannya tentu jauh lebih rendah dari kasus normal. Terlebih, Liu tersambar hanya dalam kurun waktu yang relatif cepat yakni hanya 5 menit.  

Istri dan anaknya dilaporkan ketakutan ketika Liu tersadar dari  pingsan yang kedua kalinya. Ambulans segera dipanggil untuk membawanya ke rumah sakit. Walaupun terjadi begitu cepat, dia mengaku sadar dengan apa yang telah menimpa dirinya. 

Dokter juga memastikan bahwa Liu benar-benar tersambar petir sebanyak dua kali. Akibatnya, tubuhnya mengalami luka bakar tingkat tiga di kaki, pinggang, dan bokong.

Liu menderita kerusakan parah pada kulitnya, bahkan setelah sebulan dari kejadian luka bakarnya masih belum sembuh. Walaupun begitu, kini kondisinya cukup stabil. 

"Saya langsung pingsan pada saat itu, dan butuh beberapa waktu untuk saya bangun", tutur Liu. "Kemudian, petir muncul lagi, dan kilat menyambar saat saya sedang terbaring di tanah. Meskipun saya sadar tersengat listrik, saya tidak tahu bahwa seluruh tanah juga tersengat".

Selanjutnya Liu mengatakan bahwa dirinya beruntung masih hidup dan selamat dari sambaran petir tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ini yang Terjadi Jika Tubuh Anda Tersambar Petir

Fenomena alam berupa petir di langit memang terlihat fantastis, bahkan tak sedikit yang merasa ngeri melihatnya. Tapi pernahkan Anda berpikir bagaimana jika tersambar?

Mereka yang tetap hidup setelah tersambar petir harus hadapi banyak masalah kesehatan berat. Peristiwa alam saat 100 juta Volt menerjang tubuh, bukan sekedar pengalaman tak terlupakan.

Momen sambaran petir hanya berlangsung beberapa milidetik, jika menerjang tubuh manusia. Setelah itu segalanya berubah total. Saat fenomena terjadi temperatur bisa mencapai hingga 50.000 derajat Celcius. Itu sama panasnya seperti di permukaan matahari.

Jika petir menyambar dan gemuruh terdengar di langit, bagi banyak orang itu ibaratnya pertunjukan alam mengagumkan. Untuk sebagian orang itu menyulut panik, terutama bagi mereka yang pernah jadi korban sambaran petir.

"Mereka kerap menderita gangguan stres pasca trauma. Tersambar petir adalah peristiwa yang tidak pernah mereka duga," sehingga sepenuhnya mengubah hidup. Demikian dikatakan Profesor Berthold Schalke dari Klinik Neurologi Universitas Regensburg, seperti dikutip dari DW, Sabtu (16/6/2018).

Sejak beberapa tahun lalu, ia merawat korban sambaran petir.

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Kisah Pria Selamat Tersambar Petir

Berbeda dengan Liu yang menderita luka bakar setelah selamat dari sambaran petir, pria asal negara Kanguru ini mengalami keadaan berbeda.

Seorang pria di Darwin, Australia terkena sambaran kilat. Ia beruntung selamat, meski bagian wajahnya menjadi hitam. Sementara mereka yang berada di sekitarnya terlempar, karena kuatnya sambaran kilat tersebut.

Insiden tersebut terjadi di Pantai Casuarina, di Darwin Utara, pada Rabu 1 April malam sekitar pukul 19.00 waktu setempat.

Seorang saksi mata Max Conaghan (14) yang berada sekitar tiga meter dari pria yang berusia 30 tahunan tersambar petir, menceritakan peristiwa tersebut.

"Kami berada tiga meter darinya, jadi kami ikut terkena dampak dari sambaran kilat ini." kata Conaghan seperti dikutip ABC News, Jumat (3/4/2015).

"Ibu saya terjatuh, demikian juga saya, dan saya hanya bisa melihat sinar putih. Beberapa saat sebelum penglihatan saya normal kembali," tambah Conaghan.

Ketika aku berdiri, sambung Conaghan, dia melihat pria itu berjalan ke arahnya.

"Aku mulai berusaha membantu dia, dan dia hanya berkata "cepat lari" dan saya melihat ada tanda hitam di wajahnya. Dia berusaha lari ke arah kawasan bebatuan, dan tampak linglung sebelum kemudian jatuh."

Baca selengkapnya disini...

 

 

4 dari 4 halaman

5 Orang Ini Lolos dari Maut Pasca-Tersambar Petir

Kasus tersambar petir lainnya dengan korban selamat pernah terjadi di sejumlah negara.

Ada 1 di antara 12 ribu orang yang kemungkinan tersambar petir dan, di antara 500 orang yang tersambar petir, sekitar 90 persen berhasil menyintas atau selamat.

Dikutip dari wonderslist.com pada Kamis (29/6/2017), ada beberapa orang yang menjadi sasaran berulang sambaran petir. Ajaibnya, mereka semua selamat.

Berikut ini adalah 5 kejadian sambaran petir, termasuk pada mereka yang mengalaminya lebih dari sekali:

1. Peter McCathie

Ilustrasi sambaran petir. (Sumber Pixabay)

Pada Juli 2015, seorang pria bernama Peter McCathie mengalami dua hal amat langka sekaligus.

Pada hari yang sama, remaja yang saat iu berusia 14 tahun tersambar petir dan memenangkan lotere senilai US$ 1 juta.

Saat tersambar petir, remaja itu sedang berperahu. Sebuah awan tebal terbentuk di atasnya dan kemudian petir menyambarnya melintasi suatu pohon di dekatnya.

Nyawanya selamat dari sambaran petir. Tapi, untuk urusan lotere, ia harus berbagi dengan seorang rekan kerja yang urunan membeli tiket lotere.

Selengkapnya klik di sini..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini