Sukses

2 Helikopter Pemadam Kebakaran Tabrakan di California, 3 Petugas Tewas

Dua helikopter pemadam kebakaran bertabrakan saat berupaya memadamkan kobaran api di California Selatan, tiga orang kru yang bertugas dinyatakan meninggal dunia atas insiden ini.

Liputan6.com, Jakarta - Dua helikopter pemadam kebakaran bertabrakan saat berupaya memadamkan kobaran api di California Selatan, tiga orang kru yang bertugas dinyatakan meninggal dunia atas insiden ini.

Kecelakaan pada Minggu sore di padang pasir sekitar 85 mil (137 kilometer) timur Los Angeles melibatkan Sikorsky S-64E yang besar dan Bell 407. Sementara Sikorsky yang lebih besar mendarat dengan selamat.

"Sayangnya, helikopter kedua jatuh dan secara tragis ketiga anggota tewas," kata Kepala Cal Fire Wilayah Selatan David Fulcher pada konferensi pers Senin (7/8) pagi.

Helikopter Bell digunakan untuk observasi dan koordinasi, kata Fulcher. Sikorsky dapat menjatuhkan air atau penahan api. Fulcher mengatakan, dia tidak tahu apakah itu dimuat pada saat kecelakaan itu terjadi.

Para korban adalah Cal Fire Assistant Chief Josh Bischof, 46, Kapten Cal Fire Tim Rodriguez, 44, dan pilot kontrak Tony Sousa, 55, kata badan pemadam kebakaran, dikutip dari laman AP, Selasa (8/8/2023).

Bischof selama 24 tahun dinas pemadam kebakaran dan Rodriguez selama 19 tahun, kata petugas pemadam kebakaran.

Bischof, yang tinggal di Menifee, baru-baru ini dipromosikan menjadi asisten kepala dan bekerja di Pusat Operasi Wilayah Selatan di Pangkalan Cadangan Udara Maret, kata pensiunan Kepala Batalyon Kebakaran Don Camp.

“Hal besar yang menonjol tentang Josh adalah integritas dan karakternya,” kata Camp kepada Riverside Press-Enterprise.

"Dia teguh," kata Camp.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Helikopter Tabrakan di Australia, 4 Penumpang Tewas

Pada Januari 2023, insiden kecelakaan helikopter terjadi di Gold Coast, Australia. Salah satu helikopter mengalami kerusakan parah dan empat orang di dalamnya meninggal dunia. 

Foto yang beredar menunjukkan salah satu helikopter hancur total, sementara satu helikopter lagi tampak hancur di bagian depan, namun bagian tengahnya relatif aman.

Dilaporkan AP News, Selasa (3/1/2023), satu helikopter sedang berusaha lepas landas ketika kecelakaan terjadi, sementara satu lagi ingin mendarat. Lokasi tabrakan berada di pantai dekat Sea World di Gold Coast. 

Salah satu helikopter juga menampilkan tulisan Sea World. Helikopter bertulisan Sea World tersebut sedang ingin mendarat. Bagian depan helikopter hancur akibat insiden ini.

Kepolisian Gold Coast berkata para pengunjung pantai ikut berusaha menolong para korban kecelakaan helikopter tersebut. Mereka memberikan pertolongan pertama kepada korban yang terluka.

 

3 dari 3 halaman

Upaya dari Perusahaan

Perusahaan Sea World Helicopters menyatakan berdukacita atas insiden ini. Sea World Helicopters adalah perusahaan yang berbeda dari Sea World. Pihak perusahaan tidak mau banyak berkomentar karena investigasi masih berjalan.

Empat orang di helikopter lain dinyatakan tewas dan tiga lainnya kritis. Sementara, penumpang di helikopter yang mendarat dengan selamat juga diberikan pertolongan medis.

BBC melaporkan lima dari enam penumpang di helikopter yang selamat mengalami luka-luka ringan.

Queensland Premier Annastacia Palaszczuk said the accident was an “unthinkable tragedy.

Premier Queensland Annastacia Palaszczuk menyebut kecelakaan tersebut sebagai "tragedi yang tak terpikirkan". 

"Simpati mendalam saya kepada tiap keluarga dan semua yang terdampak kecelakaan mengerikan ini," ujar Premier Queensland.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.