Sukses

India Mission to ASEAN Gelar Yoga Bareng Aktor Anjasmara, 85 Orang Antusias Ikut Serta

Hari Yoga Internasional dimeriahkan dengan diadakannya yoga bersama oleh India Mission to ASEAN, untuk mempererat hubungan dan menyebarluaskan budaya yoga.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, India Mission to ASEAN atau Misi India untuk ASEAN mengadakan yoga bersama untuk peringati Hari Yoga Internasional yang jatuh pada tanggal 21 Juni.

Acara yoga bersama dilaksanakan di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Rabu (21/6/2023), dengan kuota peserta yaitu sebanyak 80 orang. Menurut informasi, jumlah pendaftar mencapai 85 peserta.

India Mission to ASEAN berupaya untuk mempromosikan yoga, yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan, kepada masyarakat Indonesia. 

Selain itu, kegiatan ini juga berguna untuk mempererat hubungan antar para penggemar yoga baik itu dari warga Indonesia maupun warga India.

"Kegiatan yang sangat penting, masyarakat perlihatkan antusiasme yang tinggi," ucap Duta Besar India untuk ASEAN Jayant N Khobragade, yang turut hadir sebagai salah satu peserta yoga bersama.

Acara peringatan tersebut mengusung tema "Yoga for Vasudhaiva Kutumbkam", yang dimaksudkan untuk menghubungkan yoga dengan salah satu tema Presidensi G20 saat ini yaitu "Vasudhaiva Kutumbkam", yang artinya "Satu Bumi - Satu Keluarga - Satu Masa Depan".

"Yoga artinya bersatu, menyatukan badan dan pikiran, manusia dengan alam," ucap Khobragade. 

Menurut Khobragade, yoga memiliki arti penting bagi masyarakat India. Perdana Menteri India, Narendra Modi, merupakan tokoh di balik deklarasi 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional oleh PBB, "Ini merupakan warisan dunia."

Ia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya yoga bagi kesehatan tubuh juga pikiran.

"Sebarkan kesadaran tentang yoga karena ini untuk kesejahteraan umum," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipimpin Aktor Anjasmara

Yoga bersama berlangsung selama kurang lebih satu jam, dipimpin oleh aktor Indonesia yang saat ini aktif sebagai instruktur yoga, Anjasmara Prasetya.

Ini bukan pertama kalinya Anjasmara diminta untuk memimpin yoga bersama dalam rangka peringatan IDY, "Ini adalah kesekian kalinya saya diminta untuk merayakan Internasional Yoga Day."

Namun, kali ini merupakan pertama kalinya Anjasmara mendapat undangan dari India Mission to ASEAN.

Anjasmara berharap peserta dapat terinspirasi dan merasakan manfaat yoga, "Semakin banyak orang yang terinspirasi, sebagaimana aku terinspirasi dari yoga dan mendapat manfaat yang luar biasa dari yoga."

Meskipun peserta yoga bersama kali ini tidak lebih banyak dibandingkan sesi lain yang pernah dipimpinnya sebelum ini, Anjasmara optimistis tetap dapat menyebarkan manfaat yoga dengan maksimal.

"Banyak atau sedikit, yang penting banyak orang yang merasakan manfaatnya," ucapnya.

Antusiasme tinggi masyarakat terlihat dari terpenuhinya kuota peserta yang disediakan oleh India Mission to ASEAN.

3 dari 4 halaman

Hari Yoga Internasional 2023: Kedubes India Gelar Kelas Yoga di Atas Kapal Angkatan Laut

Sabtu (17/6) lalu, Kedubes India juga adakan kelas yoga di atas kapal angkatan laut India. Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk merayakan Hari Yoga Internasional.

Perwakilan diplomatik India di Indonesia selalu rutin memperingati Hari Yoga Internasional. Tahun ini sensasinya berbeda, sebab Kedutaan Besar India di Indonesia menggelar kelas yoga di atas kapal milik Angkatan Laut India.

Hari Yoga Internasional jatuh pada tanggal 21 Juni. Selain untuk merayakan hari besar tersebut, kelas yoga yang dilaksanakan di atas kapal di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ini juga merupakan pertemuan besar para penggemar yoga.

Hari Yoga Internasional ke-9 pada 17 Juni 2023 ini mengusung tema unik dan spesial yaitu "Ocean Ring of Yoga". Kedubes India mendatangkan guru Yoga, Vishal Tripathy dari YogaFit, ke atas Kapal Angkatan Laut India Shivalik.

INS Shivalik, yang merupakan bagian dari Armada Timur Angkatan Laut India, bergabung dengan para pecinta yoga untuk merayakan acara ini di Jakarta.

Baca selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Kedubes India di Jakarta Gelar Yoga Massal di Monas dan Candi Prambanan

Tahun 2022 lalu, kegiatan serupa juga diadakan oleh Kedubes India untuk rayakan Hari Yoga Internasional.

Kedutaan Besar India, Jakarta merayakan 8th International Day of Yoga (IDY) atau Hari Yoga Internasional ke-8 pada 19 Juni 2022 dan 21 Juni 2022, bekerja sama dengan KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia), PPYNI (Perhimpunan Praktisi Yoga Nasional Indonesia) dan komunitas Yoga lainnya.

Dr. Anies Baswedan, Gubernur Jakarta dijadwalkan akan ikut serta acara peringatan Hari Yoga Internasional tersebut sebagai tamu utama pada 19 Juni 2022.

"Lebih dari 1.500 pecinta Yoga Indonesia diperkirakan akan berkumpul dan melakukan Yoga asana (pose) bersama di Plaza Selatan, Tugu Monas," ungkap Kedutaan Besar India di Jakarta dalam keterangan tertulisnya yang dimuat Selasa (14/6/202).

Pada 21 Juni 2022, Protokol Yoga Umum di depan Candi Prambanan yang megah, Yogyakarta akan disiarkan langsung di saluran berita nasional India, DD News. Ini akan menjadi bagian dari estafet perayaan Hari Yoga sedunia mengikuti pergerakan Matahari dari Timur ke Barat.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini