Sukses

Hari Yoga Internasional 2023: Kedubes India Gelar Kelas Yoga di Atas Kapal Angkatan Laut

Kedubes India di Indonesia ajak WNI dan warga India untuk mengikuti kelas yoga di atas kapal dalam rangka merayakan Hari Yoga Internasional ke-9.

Liputan6.com, Jakarta - Perwakilan diplomatik India di Indonesia selalu rutin memperingati Hari Yoga Internasional. Tahun ini sensasinya berbeda, sebab Kedutaan Besar India di Indonesia menggelar kelas yoga di atas kapal milik Angkatan Laut India.

Hari Yoga Internasional jatuh pada tanggal 21 Juni. Selain untuk merayakan hari besar tersebut, kelas yoga yang dilaksanakan di atas kapal di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ini juga merupakan pertemuan besar para penggemar yoga.

Hari Yoga Internasional ke-9 pada 17 Juni 2023 ini mengusung tema unik dan spesial yaitu "Ocean Ring of Yoga". Kedubes India mendatangkan guru Yoga, Vishal Tripathy dari YogaFit, ke atas Kapal Angkatan Laut India Shivalik.

INS Shivalik, yang merupakan bagian dari Armada Timur Angkatan Laut India, bergabung dengan para pecinta yoga untuk merayakan acara ini di Jakarta.

Kapten Akash Chaturvedi, Commanding Officer INS Shivalik, menyambut para peserta yoga di kapalnya pada pagi itu, "Kami akan menyebarkan pesan yoga dan yoga ke seluruh negara."

Kedatangan kapal tersebut ke Indonesia merupakan bagian dari perjalanan misi Angkatan Laut India, "Kami memutuskan untuk datang ke sini dan merayakan Hari Yoga Internasional bersama dengan masyarakat di Jakarta," kata Chaturvedi.

"Perayaan akan berlangsung selama tiga hari," jelasnya, "Tanggal 17 sampai 21." 

Chaturvedi mengundang siapa pun untuk bergabung bersama mereka hari ini, di atas kapal INS Shivalik, baik itu untuk mengikuti kegiatan yoga bersama atau hanya untuk sekedar mengunjungi kapalnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vasudhaiva Kutumbakam

India berupaya untuk membangun Jembatan Persahabatan melalui samudera dan lautan yang dipercayai dapat menyatukan berbagai bangsa.

Kunjungan INS Shivalik selaras dengan konsep IDY tahun ini.

Acara ini telah memberikan Pemerintah India platform untuk terlibat dengan masyarakat Indonesia untuk menyebarkan pesan "Yoga untuk Satu, Yoga untuk Semua" berdasarkan pemikiran India kuno dan tema Presidensi G20 saat ini yaitu "Vasudhaiva Kutumbakam", Satu Bumi - Satu Keluarga - Satu Masa Depan.

Chaturvedi berharap acara ini dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap yoga, "Saya yakin dapat meneruskan latihan yoga setiap hari."

Yoga bersama tersebut berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam. Pesertanya mencapai sekitar 100 orang, mulai dari WNI, warga India, Angkatan Laut India, juga Angkatan Laut RI.

Dengan tema berbeda yaitu "Vasudhaiva Kutumbakam", kegiatan serupa juga akan digelar di Beacon Academy Jakarta pada 18 Juni, Taman Suropati Jakarta pada 24 Juni, dan Yogyakarta pada 25 Juni.

 

 

3 dari 4 halaman

Masyarakat Antusias Ramaikan Perayaan

Perayaan tahun ini juga turut didukung oleh PPYNI (Perhimpunan Praktisi Yoga Nasional Indonesia), YogaFit, dan Art of Living.

Sejak 10 Desember 2014, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional.

Yoga dipercayai sebagai kebijaksanaan kuno akan kesehatan holistik dan kesejahteraan, mengutip rilis pers Kedubes India, Sabtu (17/6/2023).

Perayaan Hari Yoga Internasional pertama dilaksanakan pada 21 Juni 2015. Semenjak itu, serangkaian kegiatan rutin diselenggarakan di seluruh dunia setiap tahunnya untuk merayakan Hari Yoga.

Jutaan orang termasuk para pemimpin dunia, selebritas internasional, guru spiritual, penulis, seniman, dan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat berpartisipasi memeriahkan hari besar ini.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, adalah yang menjadi inspirasi di balik deklarasi 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional.

PM Modi, secara tradisional, memimpin pertemuan besar-besaran praktisi yoga dalam melakukan protokol yoga standar. Tahun ini, ia dikabarkan akan memimpin perayaan yoga di Sekretariat PBB, New York.

4 dari 4 halaman

Yoga Massal di Monas dan Candi Prambanan

Tahun lalu, Kedubes India juga adakan kegiatan serupa untuk rayakan Hari Yoga Internasional.

Kedutaan Besar India, Jakarta merayakan 8th International Day of Yoga (IDY) atau Hari Yoga Internasional ke-8 pada 19 Juni 2022 dan 21 Juni 2022, bekerja sama dengan KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia), PPYNI (Perhimpunan Praktisi Yoga Nasional Indonesia) dan komunitas Yoga lainnya.

Dr. Anies Baswedan, Gubernur Jakarta dijadwalkan akan ikut serta acara peringatan Hari Yoga Internasional tersebut sebagai tamu utama pada 19 Juni 2022.

"Lebih dari 1.500 pecinta Yoga Indonesia diperkirakan akan berkumpul dan melakukan Yoga asana (pose) bersama di Plaza Selatan, Tugu Monas," ungkap Kedutaan Besar India di Jakarta dalam keterangan tertulisnya yang dimuat Selasa (14/6/202).

Pada 21 Juni 2022, Protokol Yoga Umum di depan Candi Prambanan yang megah, Yogyakarta akan disiarkan langsung di saluran berita nasional India, DD News. Ini akan menjadi bagian dari estafet perayaan Hari Yoga sedunia mengikuti pergerakan Matahari dari Timur ke Barat.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.