Sukses

Oscar Martinez, Jurnalis Asal El Salvador Dianugerahi DW Freedom Speech Award 2023

Jurnalis investigasi asal El Salvador, Oscar Martinez dianugerahi penghargaan DW Freedom Speech Award tahun 2023.

Liputan6.com, Bonn - Jurnalis investigasi asal El Salvador, Oscar Martinez dianugerahi penghargaan DW Freedom Speech Award tahun 2023. Wartawan berusia 40 tahun tersebut merupakan pemimpin redaksi dari majalah bernama El Faro (The Lighthouse).

Media ini pertama kali didirikan pada 1998 sebagai proyek tanpa anggaran dan menjadi salah satu media investigasi terkemuka yang ditulis dalam bahasa Latin.

Penganugerahan DW Freedom Speech Award tahun ini dilakukan pada 3 Mei 2023, bertepatan dengan peringatan 70 tahun Deutsche Welle, dikutip dari laman DW.com, Senin (19/6/2023).

"Oscar Martinez dan staf redaksi El Faro dengan berani menghadapi tekanan besar yang dihadapi jurnalis di El Salvador, serta di negara-negara Amerika Tengah lainnya, terutama dalam menjalankan pekerjaan mereka,” kata Direktur Jenderal DW Peter Limbourg.

"Lewat penghargaan ini, kami menghormati keberanian dan keyakinan Oscar Martinez untuk memberikan informasi independen kepada pembacanya dengan risiko pribadi yang begitu besar."

Hak konstitusional seperti kebebasan berekspresi dan kebebasan berkumpul telah ditangguhkan di El Salvador sejak pemerintah memberlakukan keadaan darurat pada Maret tahun lalu.

"Jurnalisme harus terus bersinar sampai sudut-sudut tergelap yang kerap disukai oleh penguasa," kata Martinez.

"Saya percaya bahwa jurnalisme harus terus menceritakan kisah-kisah yang dirahasiakan oleh yang mereka yang berkuasa," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa itu DW Freedom Speech Award?

Sejak 2015, DW Freedom of Speech Award (FoSA) telah memberikan penghargaan kepada insan atau inisiatif media yang telah menunjukkan hak kebebasan yang luar biasa, terutama kebebasan berekspresi dan kebebasan pers.

Blogger asal Arab Saudi Raif Badawi adalah penerima pertama DW Freedom of Speech Award. Tahun lalu jurnalis AP dan novelis Mstyslav Chernov serta jurnalis foto lepas Evgeniy Maloletka mendapat penghargaan atas karya mereka meliput perang Rusia di Ukraina.

Setiap tahun, pemberian penghargaan ini menjadi yang paling disorot dalam Forum Media Global DW di Bonn, Jerman.

"Penghargaan ini menunjukkan pengakuan kami terhadap semua jurnalis yang tanpa rasa takut membela jurnalisme independen demi kepentingan publik. Mereka mewujudkan nilai-nilai profesional yang telah menjadi komitmen DW," kata Limbourg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.