Sukses

Timnas Israel untuk Piala Dunia U20 Didemo di Argentina, Massa Dukung Palestina untuk Hari Nakba

Tim nasional sepak bola Israel yang bertandang ke Argentina untuk gelaran Piala Dunia U20 didemo oleh publik setempat.

Liputan6.com, Buenos Aires - Tim nasional sepak bola Israel yang bertandang ke Argentina untuk gelaran Piala Dunia U20 didemo oleh publik setempat.

Kesebelasan Negeri Bintang David tiba di Argentina dan tengah mempersiapkan penampilan pertamanya di FIFA World Cup U20, yang dimulai akhir pekan ini.

Tim Israel sempat mendapat sambutan hangat saat tiba di sebuah hotel di Buenos Aires pada Senin 15 Mei 2023. Sekitar 80 anggota komunitas Yahudi setempat bergabung dengan tim dalam acara tersebut.

Tetapi pada saat yang sama dengan acara penyambutan, sekitar 10 blok jauhnya, sekelompok demonstran berpartisipasi dalam protes memperingati Hari Nakba, demikian seperti dikutip dari The Times of Israel (21/5/2023).

Hari Nakba berarti "hari malapetaka", istilah yang digunakan orang Palestina untuk menggambarkan pemindahan paksa mereka selama dan setelah berdirinya Israel.

Turnamen ini awalnya tidak dijadwalkan untuk dimainkan di Argentina. Mantan tuan rumah Indonesia keberatan dengan keikutsertaan Israel. Jakarta beralasan setuju untuk menjadi tuan rumah turnamen sebelum mengetahui bahwa Israel akan lolos.

Sebagai tanggapan, FIFA, organisasi sepak bola global yang menjalankan Piala Dunia dan turnamen yang menyertainya, mencabut hak tuan rumah Indonesia pada bulan Maret.

"Kami tahu bahwa Indonesia akan menolak kami, tetapi kami percaya diri untuk mewakili Israel dengan bangga di mana-mana,” kata manajer Timnas U20 Israel, Ofir Haim yang disambut tepuk tangan pada acara hari Senin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menpora RI Bangga Lagu 'Glorious' Tetap Jadi Soundtrack Piala Dunia U20 di Argentina

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Pemuda dan Olaharga (Menpora) Dito Ariotedjo menyambut baik FIFA tetap menggunakan lagu Glorious sebagai soundtrack Piala Dunia U-20 2023 di Argentina.

Awalnya lagu yang dibawakan Weird Genius, Lyodra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya sempat dihapus dari situs FIFA setelah Indonesia batal menjadi tuan rumah pada Maret 2023 lalu. Namun, pada Jumat, 12 Mei 2023 mendatang, FIFA akan merilis lagu tersebut menjadi soundtrack resmi.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini