Sukses

Militer AS Akan Tetap Hadir di Irak Usai Perang 2 Dekade Silam, Iran Lontarkan Kritik

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengecam kehadiran militer Amerika Serikat di Irak selama pertemuan dengan Presiden Irak Abdul Latif Rashid di Teheran pada Sabtu 29 April 2023.

Liputan6.com, Baghdad - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengecam kehadiran militer Amerika Serikat di Irak selama pertemuan dengan Presiden Irak Abdul Latif Rashid di Teheran pada Sabtu 29 April 2023.

"Kehadiran bahkan satu orang Amerika di Irak sudah terlalu banyak," kata Khamenei seperti dilaporkan media pemerintah Iran, IRNA, dikutip dari CNN, Minggu (30/4/2023).

"Orang Amerika tidak berteman dengan siapa pun dan bahkan tidak setia kepada sekutu Eropa mereka," kata Khamenei, seraya menyerukan Iran dan Irak untuk memperluas "kerjasama bilateral."

Komentar Khamenei datang menyusul perjalanan mendadak Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin ke Baghdad bulan lalu. Di sana, Austin mengatakan bahwa pasukan AS "siap untuk tetap berada di Irak."

Presiden Rashid, dalam sebuah pernyataan setelah pertemuannya dengan Khamenei, menggarisbawahi pentingnya hubungan Irak-Iran tetapi tidak menanggapi komentarnya tentang kehadiran orang Amerika di Irak.

Austin, yang pada bulan Maret menjadi pejabat Kabinet berpangkat tertinggi yang mengunjungi Irak sejak awal pemerintahan Biden, mengatakan dia berada di negara itu untuk "menegaskan kembali kemitraan strategis AS-Irak saat kita bergerak ke arah yang lebih aman, stabil, dan berdaulat."

Kunjungannya dilakukan beberapa hari sebelum peringatan 2 dekade invasi AS ke Irak yang menggulingkan diktator Saddam Hussein dari kekuasaan.

"Sekarang ke depan, pasukan AS siap untuk tetap berada di Irak atas undangan pemerintah Irak," kata Austin.

"Dan pasukan ini beroperasi dalam peran non-pertempuran, menasihati, membantu, dan memungkinkan untuk mendukung perang melawan terorisme yang dipimpin Irak. Ini adalah misi kritis. Dan kami bangga mendukung mitra Irak kami."

Irak adalah mitra penting bagi AS dalam kampanye untuk mengalahkan ISIS. Tetapi tidak seperti di Suriah, di mana pasukan AS beroperasi bersama Pasukan Demokrat Suriah dan mitra lainnya, militer AS bertugas sebagai penasihat dan asistensi di Irak setelah secara resmi mengakhiri misi tempur di Irak pada tahun 2021.

"Amerika Serikat akan terus memperkuat dan memperluas kemitraan kami dalam mendukung keamanan, stabilitas, dan kedaulatan Irak," kata Austin selama kunjungannya ke Baghdad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketegangan yang Meningkat

Irak memainkan peran penting bagi Amerika Serikat dalam membendung pengaruh Iran di wilayah tersebut.

Iran telah mencoba untuk menggunakan kendali atas Irak melalui penggunaan pasukan proksi dan partai politik Syiah di Baghdad.

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran juga meningkat karena tindakan Teheran di Suriah.

Presiden AS Joe Biden bulan lalu bersumpah, "AS akan dengan paksa melindungi rakyat kami" ketika kelompok-kelompok yang didukung Iran melancarkan serangan terhadap pasukan AS di Suriah.

Komentarnya muncul sehari setelah menyetujui serangan udara balasan sebagai tanggapan atas serangan pesawat tak berawak oleh kelompok yang didukung Iran di Suriah yang menyebabkan satu orang Amerika tewas dan lebih banyak lagi terluka.

Sesaat sebelum presiden Biden menyampaikan komentar tersebut, anggota militer Amerika lainnya terluka dalam serangan terpisah di Suriah.

"Jangan salah: Amerika Serikat tidak – tidak – mencari konflik dengan Iran. Tetapi bersiaplah bagi kami untuk melindungi orang-orang kami dengan paksa," kata Biden dalam sambutannya di Kanada.

AS juga telah memberikan sanksi kepada Teheran karena menyediakan drone serang ke Rusia untuk digunakan dalam perang di Ukraina.

Dan itu telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Iran memiliki potensi untuk menghasilkan bahan fisil yang cukup untuk senjata nuklir dalam waktu kurang dari dua minggu dan memproduksinya dalam beberapa bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.