Sukses

Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah: KBRI Seoul Gelar Sholat Id dan Halal Bihalal

Dalam pidatonya pada momentum Lebaran Idul Fitri 1444 H, Dubes RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mendorong agar masyarakat Indonesia di Korea Selatan selalu saling tolong menolong dalam suasana kekeluargaan dan persahabatan.

Liputan6.com, Seoul - KBRI Seoul menyelenggarakan sholat Idul Fitri dan halal bihalal dalam rangka merayakan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 H pada Sabtu (22/4/2023). Guna mencegah penyebaran COVID-19, kegiatan sholat Idul Fitri dan halal bihalal diselenggarakan secara terbatas bagi keluarga besar staf KBRI Seoul dan undangan yang terdiri dari perwakilan dari kelompok, organisasi, dan paguyuban masyarakat.

Sholat Idul Fitri dipimpin oleh Ustaz Dede Ishaq Munawwar dari Masjid Al Falah Seoul yang dilanjutkan dengan khotbah dan doa bersama. Dalam khotbahnya, Ustaz Dede menyampaikan pentingnya peran umat muslim Indonesia di Korea Selatan dalam menjaga harmoni hubungan dengan masyarakat Korea Selatan dan masyarakat asing lainnya yang berada di Negeri Ginseng.

Sementara itu, dalam sambutannya, Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mendorong agar masyarakat Indonesia di Korea Selatan selalu saling tolong menolong dalam suasana kekeluargaan dan persahabatan, menaati peraturan hukum dan keimigrasian yang berlaku di Korea Selatan, serta menjaga keharmonisan baik dengan sesama warga Indonesia maupun dengan warga Korea Selatan dan komunitas Internasional di Korsel.

"Hal tersebut pada gilirannya akan dapat menjaga citra Indonesia yang positif sebagai negara terbesar di ASEAN, anggota G20, dan masyarakat muslim terbesar yang demokrat di mata pemerintah dan masyarakat Korea Selatan. Apalagi pada tahun 2023 ini Indonesia dan Korea Selatan merayakan 50 tahun persahabatan kedua negara," ungkap Dubes Sulis seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (25/4).

Dalam kesempatan itu, Dubes Sulis juga mengumumkan pemenang lomba video Safari Ramadhan dengan tema "Aktivitas di Masjid Selama Bulan Ramadhan di Korea Selatan". Juara pertama diraih oleh Nugroho Arief Prasetyo, juara kedua diraih oleh Malikah Najibah, dan juara ketiga diraih oleh Mahendra Aditya Susilo.

Para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang tunai masing-masing senilai 500.000 won, 300.000 won, dan 200.000 won yang disponsori oleh BNI Seoul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semarak Ramadhan di Korea Selatan

Selama bulan Ramadhan, KBRI Seoul mengadakan serangkaian kegiatan antara lain Safari Ramadhan di empat kota di Korea Selatan, yaitu Pohang, Changwon, Pyeongtek, dan Daejeon, masing-masing pada tanggal 1, 2, 8, dan 9 April 2023.

Kegiatan Safari Ramadhan KBRI Seoul mencakup penyampaian bantuan sosial kepada masyarakat di daerah tersebut.

KBRI Seoul juga menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama yang diselenggarakan pada 15 April 2023 guna menjalin dan mempererat silaturahmi antar warga Indonesia di Korea Selatan.

Kegiatan Buka Puasa Bersama dilaksanakan secara terbatas dengan mengundang perwakilan masyarakat Indonesia di Korea, antara lain Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia di Korea (Forkomasi), Perhimpunan Pelajar Indonesia di Korea (PERPIKA), Komunitas Muslim Indonesia (KMI), Perkawinan Campuran Indonesia-Korea (PERCIK), Indonesian Muslim Students Society in Korea (IMUSKA), Asosiasi Pengusaha Indonesia di Korea (APINKOR), serta organisasi lainnya.

Pelaksanaan rangkaian Kegiatan Ramadan KBRI Seoul Tahun 2023 didukung oleh BNI Seoul, BRI Seoul, KSO Sucofindo Surveyor Indonesia di Seoul, serta kelompok masyarakat dan Warung Indonesia di Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini