Sukses

Tsunami Kecil Landa Selandia Baru, BMKG: Wilayah Indonesia Tak Terdampak

Tsunami kecil yang melanda Pulau Raoul di Selandia Baru tidak akan berdampak hingga wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tsunami kecil yang melanda Pulau Raoul di Selandia Baru tidak akan berdampak hingga wilayah Indonesia.

Hal ini disampaikan BMKG lewat rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (24/4/2023).

BMKG menyebut Gempa bumi ini dilaporkan memicu tsunami kecil di Pulau Raoul yang tercatat pada Tide Gauge setinggi 9 -11cm.

Meski demikian, hasil analisis pemodelan tsunami oleh BMKG menunjukkan bahwa tsunami kecil ini tidak akan berdampak hingga wilayah Indonesia.

"Sehingga masyarakat kita tidak perlu khawatir terkait ancaman tsunami dari gempa bumi di Kepulauan Kermandec tersebut," kata BMKG. Hasil monitoring, menunjukkan bahwa gempa bumi ini diikuti oleh 4 gempa susulan signifikan dengan magnitudo 5,4 5,3 5,0 dan 4,9 serta puluhan gempa-gempa kecil lainnya.

Tsunami kecil ini bermula ketika Kepulauan Kermadec di Selandia Baru diguncang gempa bumi tektonik pada Senin, 24 April 2023 pada pukul 07.41 waktu setempat.

Hasil analisis menunjukkan bahwa gempa bumi mengguncang dengan kekuatan magnitudo 7,1, demikian keterangan dari BMKG yang diterima Liputan6.com, Senin (24/4/2023).

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 29.955° Lintang Selatan 177.838° Bujur Barat, tepatnya di laut dengan kedalaman 49 km.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Bumi di Selandia Baru Berjenis Dangkal

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng pada Palung Kermadec (Kermadec Trench), dimana Lempeng Pasifik Menunjam ke Bawah Lempeng Indo-Australia.

Gempa ini bersumber tepat di bidang kontak antar lempeng tersebut.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault) yang merupakan ciri khas mekanisme sumber gempa di zona subduksi lempeng.

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi di wilayah Kepulauan Kermadec ini menimbulkan guncangan kuat di Pulau Raoul, sebuah pulau terdekat pusat gempa yang guncangannya mencapai skala intensitas VII-VIII MMI, dan berpotensi menimbulkan kerusakan bangunan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.