Sukses

19 Kota Ini Terbaik di Dunia untuk Urusan Transportasi Umum, Berlin Juaranya

Adapun kota-kota yang masuk peringkat 10 besar seluruhnya berasal dari Eropa dan Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Eropa dan Asia mendominasi daftar baru kota terbaik di dunia untuk urusan transportasi umum versi Time Out, perusahaan media berbasis di Inggris yang menerbitkan panduan perjalanan.

Survei Time Out kali ini melibatkan 20 ribu orang di 50 kota untuk mengetahui pendapat mereka tentang sistem transportasi umum di kota mereka. Hasilnya, kota-kota yang masuk 10 besar seluruhnya berasal dari Eropa dan Asia.

Berikut 19 kota yang menurut survei Time Out memiliki transportasi umum terbaik di dunia:

  1. Berlin, Jerman
  2. Praha, Republik Ceko
  3. Tokyo, Jepang
  4. Kopenhagen, Denmark
  5. Stockholm, Swedia
  6. Singapura
  7. Hongkong
  8. Taipei, Taiwan
  9. Shanghai, China
  10. Amsterdam, Belanda
  11. London, Inggris
  12. Madrid, Spanyol
  13. Edinburgh, Inggris
  14. Paris, Prancis
  15. New York, Amerika Serikat
  16. Montreal, Kanada
  17. Chicago, Amerika Serikat
  18. Beijing, China
  19. Mumbai, India

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Hanya Nyaman dan Aman, tapi Juga Estetis

Transportasi umum adalah istilah luas yang mencakup kereta bawah tanah, kereta di atas tanah, bus, trem, hingga feri.

Untuk masuk dalam daftar Time Out, setidaknya 80 persen penduduk yang disurvei harus setuju bahwa berkeliling kota mereka dengan transportasi umum itu mudah. Dan menurut data Time Out, 97 persen penduduk Berlin mengatakan hal-hal positif tentang infrastruktur angkutan massal kota mereka, memuji keandalannya, kenyamanannya, dan keamanannya.

Namun, ada faktor lain yang ternyata juga diperhatikan saat bepergian dengan transportasi umum, yaitu estetika.

Sebut saja seperti Stockholm, yang menempati urutan ketujuh dalam daftar Time Out. Kota itu dipuji karena stasiun kereta bawah tanahnya yang indah. Banyak dari stasiun subway-nya menampilkan desain yang penuh warna dan dramatis, sehingga dijuluki "pameran seni terpanjang di dunia".

Trem Hong Kong yang secara lokal dijuluki "ding dings" karena suaranya turut dipuji karena warna hijau ikoniknya, yang berasal dari era pasca Perang Dunia II. Saat itu militer Inggris disebut memiliki kelebihan cat hijau.

Tujuh dari 19 kota terbaik di dunia untuk urusan transportasi berada di Asia. Mumbai yang berada pada nomor buncit belum lama ini dilaporkan memperkenalkan Chalo Pay, aplikasi baru yang memudahkan pemesanan dan pembayaran tiket transportasi umum tanpa perlu membawa uang tunai.

Di antara tujuh kota Asia yang masuk peringkat Time Out, Tokyo jadi juaranya. Angkutan massal kota itu dipuji karena terpelihara dengan baik, efisien, dan mudah dipahami, bahkan untuk penutur non-Jepang.

Adapun beberapa kota di Eropa mendapat pujian karena memiliki sistem pembayaran terpadu yang mencakup berbagai bentuk transportasi umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.