Sukses

Polemik Anjing Liar di India, Ilegal Dibunuh Tapi Picu Teror Serangan Brutal ke Anak hingga Masalah Rabies

Penganiayaan fatal yang terjadi pada anak berusia empat tahun memaksa India bergulat dengan masalah anjing liar. Selain itu masalah rabies juga mengintai.

Liputan6.com, New Delhi - Sebuah serangan brutal tertangkap oleh kamera keamanan di Hyderabad, India pada Februari. Video itu telah membuat ngeri negara berpenduduk 1,3 miliar dan menempatkan fokus pada masalah yang telah lama membagi pendapat: apa yang harus dilakukan dengan jumlah besar anjing liar di India?

Dalam rekaman yang beredar, terlihat selama hampir satu menit bocah laki-laki berusia empat tahun berusaha dengan gagah berani melarikan diri dari sekawanan anjing liar yang lapar saat mereka mengelilinginya.

Anak laki-laki itu yang belum diidentifikasi secara publik, diseret oleh kawanan anjing sejauh beberapa meter. Ia berusaha keras untuk melepaskan diri dari cengkeraman mereka, tetapi tubuhnya yang kecil dan rapuh tidak dapat bersaing dengan para penyerang.

Teriakannya yang memekik terdengar oleh sang ayah di dekatnya, tetapi sudah terlambat. Lukanya begitu parah, anak itu dinyatakan meninggal saat tiba di rumah sakit, demikian dilansir dari CNN, Selasa (4/4/2023).

Di India ada rasa hormat budaya yang mendarah daging terhadap hewan dan keengganan untuk memusnahkan. Sebagian besar masyarakat India setuju bahwa anjing liar adalah masalah, tetapi ada perdebatan sengit tentang cara terbaik untuk merespons.

Menurut Press Trust of India, ada sekitar 62 juta hewan liar di negara itu, meskipun para ahli mengatakan jumlah sebenarnya hampir tidak mungkin untuk diverifikasi.

Sebagian besar anjing liar dijuluki anjing Indie dan hidup harmonis dengan manusia. Sering kali, penduduk komunitas yang terjaga keamanannya berkumpul untuk memberi makan mereka, beberapa bahkan mengadopsi mereka sebagai hewan peliharaan keluarga.

Namun selama bertahun-tahun, gigitan dan pembunuhan anjing liar telah membuat banyak kota gelisah, dengan politikus, media, dan warga berebut untuk memberikan berbagai solusi.

Jauh sebelum kematian bocah laki-laki berusia empat tahun di Hyderabad menjadi berita utama, media lokal telah memuat cerita serupa tentang "anjing pembunuh" India, cerita yang kemudian sering diangkat oleh media internasional.

"Teror anjing pemakan manusia di Bihar," tulis The Telegraph India dalam sebuah cerita bulan lalu setelah serangkaian serangan gigitan anjing di negara bagian India utara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bunuh Anjing itu Ilegal di India

Membunuh anjing liar di India adalah ilegal. Undang-undang tahun 2001 menyatakan bahwa hewan liar harus diambil, dikebiri, dan divaksinasi rabies, sebelum dilepaskan.

Namun, mengingat serangan mengerikan tersebut terjadi banyak pada anak-anak, beberapa telah berusaha untuk melawan hukum.

Pada 2016, kampanye untuk membunuh anjing liar setelah serangkaian serangan gigitan di negara bagian selatan Kerala mendapat perhatian di berita lokal.

Namun, aktivis hak-hak binatang marah dan malah mendesak pihak berwenang untuk menawarkan grasi dan mencari solusi lain. Tagar #BoycottKerala mulai trending di media sosial dan rencana itu kemudian dihapuskan.

Sementara undang-undang mewajibkan hewan liar untuk dikebiri dan divaksinasi, para ahli mengatakan penerapannya kurang ketat.

"Tentu saja kami memiliki masalah anjing liar," kata Anjali Gopalan, pengelola wali di All Creatures Great and Small, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Delhi yang peduli pada hewan.

"Kita tidak hanya memiliki masalah anjing liar, tetapi kita juga memiliki masalah rabies di negara ini. Jadi, langkah-langkah harus diambil untuk menangani keduanya."

3 dari 4 halaman

Masalah Rabies di India, Sumbang 36% dari Kematian Akibat Rabies di Dunia

Rabies adalah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin yang dapat menyebar ke manusia jika digigit atau dicakar oleh hewan yang terinfeksi. Ini hampir selalu berakibat fatal kecuali serangkaian suntikan dapat diberikan segera setelah seseorang digigit.

Menurut World Health Organization (WHO), anjing adalah sumber dari sebagian besar kematian rabies pada manusia, dan berkontribusi hingga 99% dari semua penularan rabies ke manusia. India endemik rabies, kata WHO, menyumbang 36% dari kematian akibat rabies di dunia.

Cara utama untuk mengurangi rabies dalam populasi anjing liar adalah menangkap dan memvaksinasi hewan sebanyak mungkin. Namun, dokter hewan Sarungbam Devi, pendiri dan wali Animal India Trust, mengatakan India perlu berbuat lebih banyak.

"Pada saat sterilisasi, kami memvaksinasi anjing hanya sekali dan kemudian dilepaskan. Itu semua vaksinasi yang didapat anjing liar seumur hidupnya dan itu tidak cukup," jelasnya.

Kurangnya sumber daya di dalam negeri berarti sulit untuk mendorong badan pemerintah untuk meningkatkan inokulasi anjing jalanan terhadap virus, tambah Devi.

Namun, terkait gigitan anjing, pendidikan memainkan peran terbesar.

"Pemerintah belum melakukan apa pun untuk meningkatkan kesadaran atau mendidik masyarakat. Kita perlu mengedukasi masyarakat, kita perlu lebih vokal dan visual tentang program (anti-gigitan)," katanya.

"Orang-orang perlu tahu apa yang harus dilakukan ketika anjing menggigit Anda, bagaimana Anda mencegahnya. Saya rasa saya belum pernah melihat yang seperti ini di mana pun."

Society for the Prevention of Cruelty to Animals (SPCA) merekomendasikan untuk menghindari anjing dan hewan liar yang tidak dikenal, tidak berlari ketika didekati oleh anjing yang tidak dikenal dan selalu mengawasi anak-anak dan anjing, antara lain untuk menghindari gigitan.

Menurut pemerintah, lebih dari 6,8 juta orang India digigit anjing liar pada 2020. Jumlah tersebut meningkat dari 3,9 juta pada 2012. Para ahli mengatakan angka tersebut kemungkinan besar bukan gambaran lengkap.

"Masalahnya adalah kurangnya kesadaran tentang bagaimana hidup di sekitar anjing," kata Devi, seraya menambahkan perlu ada program anti-rabies yang intensif dan program sterilisasi di India.

4 dari 4 halaman

Aksi Merespons Kematian Anak 4 Tahun di Hyderabad

Beberapa kota dan negara bagian India telah berhasil menurunkan populasi anjing liar mereka dan memberantas rabies.

Di ibu kota keuangan Mumbai, sebanyak 95% anjing liar di kota itu telah disterilkan karena penerapan program vaksinasi ulang dan kesejahteraan yang konsisten, kata Abodh Aras, CEO organisasi nirlaba Welfare of Stray Dogs.

Sistem kesehatan masyarakat yang kuat untuk perawatan pasca-gigitan dan program sekolah reguler tentang gigitan anjing dan pencegahan rabies juga berkontribusi, kata Aras.

"Ada tempat lain yang memiliki kisah sukses. Ada Goa yang telah memberantas rabies, (negara bagian) Sikkim yang telah beroperasi, dan memberantas rabies," tambahnya.

"Perlu kombinasi dukungan pemerintah, kemauan dan infrastruktur, dan LSM (lembaga swadaya masyarakat) kesejahteraan hewan yang bekerja di bidang itu agar model ini berhasil."

Namun, tidak setiap kota memiliki sumber daya untuk menerapkan model tersebut.

Misalnya Noida, kota satelit berpenduduk lebih dari setengah juta di pinggiran Delhi yang merupakan tempat yang relatif kaya dan rumah bagi banyak keluarga kelas menengah.

Devi mengatakan bahwa Noida tetap "sangat tidak terorganisir" dan organisasinya adalah satu-satunya organisasi nirlaba yang mencakup seluruh kota, tugas yang sangat besar dan berat untuk tim kecil.

Gopalan, dari All Creatures Great and Small, menunjuk pada operasi yang bahkan lebih sulit di pedesaan India, di mana listrik tidak mencukupi dan menjaga penyimpanan dingin untuk vaksin menjadi masalah.

Menyusul kematian anak berusia empat tahun di Hyderabad, para pejabat menjanjikan tindakan cepat untuk mencegah tragedi di masa depan.

"Kami telah mensterilkan anjing dan suntikan anti-rabies diberikan kepada mereka," kata Wali Kota Greater Hyderabad Municipal Corporation Vijayalaxmi Gadwal kepada kantor berita lokal, ANI.

"Sejauh ini di Hyderabad kami telah mengidentifikasi lebih dari 500.000 anjing dan mengirim lebih dari 400.000 anjing untuk disterilkan. Kami mengikuti setiap pedoman yang diberikan kepada kami oleh Mahkamah Agung. Kami juga akan mengadopsi anjing-anjing ini sehingga jumlah anjing liar akan berkurang."

Kampanye itu mungkin berdampak secara lokal, tetapi banyak yang khawatir kemungkinan hanya masalah waktu sebelum sekawanan anjing lain di suatu tempat di India mengambil nyawa seorang anak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.