Sukses

Seminar Italian Design Day 2023 Pamer Karya Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan untuk Selamatkan Bumi

Seminar bertajuk “The Quality that lights up. The energy of design for the people and for the environment” memperkenalkan pentingnya karya seni ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta - Seminar bertajuk “The Quality that lights up. The energy of design for the people and for the environment” diselenggarakan pada Kamis 9 Maret 2023 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Momen ini merupakan bagian dari rangkaian acara Italian Design Day 2023.

Italian Design Day 2023 menawarkan program acara promosi yang dibuat oleh jaringan kedutaan besar Italia. Setiap tahun acara ini memiliki seni yang di tampilkan berbeda-beda, dan pada acara tahun ini Itali memperkenalkan produk industrinya yang berbasis di furniture,

Acara yang diadakan oleh kedutaan besar Italia dan Instituto di Cultura Jakarta bekerja sama dengan Galeri Nasional Indonesia, Museum Cagar Budaya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI ini mengundang seniman dan kurator asal Italia juga Indonesia.

Tiga pembicara hadir dalam kegiatan seminar siang itu, Assia Karaguizova dan Odo Fioravanti yang merupakan seniman dan kurator asal Italia, juga Patricia Untario seorang seniman asal Indonesia.

Tema yang dibawakan dalam acara bincang tersebut adalah mengenai karya seni ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

"Saya berharap acara hari ini dapat memberikan banyak wawasan tidak hanya tentang seni (desain), tetapi juga tentang bagaimana memajukan kehidupan kita secara umum,” ucap Maria Battaglia, Direktur Instituto di Cultura Jakarta.

Maria berharap dengan memperkenalkan karya seni ramah lingkungan dan berkelanjutan, peserta seminar dapat termotivasi untuk juga melakukan upaya untuk melestarikan bumi.

“Karya seni kaca tersebut, kami menggunakan 100 persen bahan daur ulang, yang mana sangat penting,” kata Assia menjelaskan konsep ramah lingkungan pada karyanya.

Tak hanya Assia, Patricia dalam membuat mozaik kacanya pun beberapa kali menggunakan kaca daur ulang.

Penggunaan bahan daur ulang ini merupakan hal penting bagi mereka mengingat kondisi lingkungan saat ini yang semakin rusak, "Jika tidak (menggunakan bahan daur ulang), nantinya kita harus berurusan dengan limbah," ucap Assia.

Karya sustainable yang dimaksud merupakan produk berkelanjutan di mana proses pembuatannya mementingkan aspek-aspek lingkungan seperti menggunakan bahan daur ulang dan proses produksi yang tidak menghasilkan limbah, salah satu manfaat produk berkelanjutan adalah dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Odo, seniman yang berkarir di bidang desain produk furniture, memperlihatkan karya-karyanya, dalam dokumentasi, yang menonjolkan aspek berkelanjutan.

Dalam berkarya, Odo begitu memperhatikan bahan, kualitas, dan fungsi dengan tujuan agar produk tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama tanpa mengurangi nilai gunanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pameran Italian Design Day 2023 Tampilkan Karya Industri, Jadi Inspirasi Seniman Indonesia

Kegiatan seminar tersebut merupakan bagian dari acara pameran tahunan kementerian luar negeri Indonesia yang kali ini berkesempatan untuk memamerkan karya dari Italia.

Pameran seni yang diadakan tiap tahun oleh kementerian luar negeri Indonesia kali ini menampilkan karya produk industri berbasis furniture dari Italia.

Pameran bertajuk “Created in Italy: An Aptitude for the Impossible” diselenggarakan mulai dari tanggal 9 Maret sampai dengan 6 April 2023 di Lobi Gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Bekerja sama dengan kedutaan besar Italia dan Istituto Italiano di Cultura Jakarta (Institut Kebudayaan Italia Jakarta), mendatangkan karya dari tiga kurator Italia yaitu Odo Fioravanti, Giulio Iacchetti and Francesca Picchi.

Dengan mengusung tema “Created in Italy. An Aptitude for the Impossible. Stories of Italian Manufacturers”, pameran tersebut menampilkan produk-produk industri furniture yang didatangkan langsung dari Italia.

Penyelenggaraan pameran juga dimaksudkan untuk ikut serta memperingati Italian Design Day 2023.

Hal unik pada pameran  ini adalah karya yang dipajang bukan hanya sekedar menonjolkan estetikanya. Para pengunjung berdatangan karena tertarik akan hal tersebut.

Baca selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Ragam Karya Seni Khas Italia Mejeng di Galeri Nasional Indonesia, Pameran Italian Design Day 2023

Rabu 8 Maret 2023 pameran bertajuk "Created in Italy: An Aptitude for the Impossible" resmi dibuka. Bertempat di Lobi Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.

Acara tersebut dihadiri Prof. Dr. H. Muhammad Adlin Sila selaku staf ahli mendikbudristek bidang hubungan kelembagaan dan masyarakat, Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri, dan Direktur institut Kebudayaan Italia Maria Battaglia, serta kuarator pameran Odo Fioravanti.

Pameran tersebut merupakan rangkaian acara dari Italian Design Day 2023, kolaborasi Kedutaan Besar Italia dan Institut Kebudayaan Italia dengan Galeri Nasional Indonesia.

Pameran pada Italian Design Day 2023,  ini adalah sebuah inisiatif yang diprakarsai oleh kementerian luar negeri Indonesia dan kerja sama internasional dengan Italia. Setiap tahunnya pameran ini mempunyai tema yang berbeda-beda, dan menghadirkan seorang duta yang dipilih oleh kementerian, dan di tahun ini memiliki tema "The quality that light up. The energy of design for people and the environment".

Italia mengusung tema ini karena akan menggambarkan gagasan yang bertujuan untuk memperkuat konotasi desain Italia sebagai elemen khas merek Italia, dan untuk mempertahankan peluang masuk dan ekspansi di pasar internasional bagi operator di sektor ini.

Baca selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Italian Design Day 2023 Jadi Ajang Promosi Pameran Seni Italia di Indonesia

Dalam rangka merayakan Italian Design Day 2023, Kedutaan Besar dan Institute Kebudayaan Italia di Jakarta, bekerja sama dengan Galeri Nasional Indonesia, Museum Cagar Budaya, Kementerian Pendidikan Budaya, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, mempersembahkan sebuah pameran desain produk industry bertajuk "Created in Italia: Aptitude for the Impossible," yang akan digelar dari tanggal 9 Maret hingga 6 April 2023 di Galeri Nasional Indonesia.

Pada 8 Maret 2023, Italian Design Day mengadakan press conference untuk membahas mengenai apa saja isi dari pameran yang diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia.  

Tentu saja, pameran seni ini bukan pertama kalinya di Indonesia, pada tahun 2017 lalu, bersama kementerian luar negeri, Italia juga melakukan pameran, untuk menjungjung kerja sama yang lebih baik lagi dengan Indonesia.

Italian Design Day 2023 menawarkan program acara promosi yang dibuat oleh jaringan kedutaan besar Italia. Setiap tahun acara ini memiliki seni yang di tampilkan berbeda-beda, dan pada acara tahun ini Itali memperkenalkan produk industrinya yang berbasis di furniture, salah satu contohnya adalah kursi yang terpajangan di Galeri Nasional Indonesia khusus buatan Italia. Selain itu pameran seni ini menampilkan 31 produk hasil karya para seniman Italia.

Baca selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.