Sukses

Mengenal Festival Ka'el, Ajang Pria Suku Bodi Menggemukan Tubuh dengan Minum Darah Sapi

Sebuah suka di Afrika, Suku Bodi, mengadakan festival penggemukan setiap tahunnya untuk mendapatkan kehormatan para anggota suku. Simak proses penggemukan mereka yang unik, seperti meminum darah sapi.

Liputan6.com, Lembah Omo - Obesitas dan perut buncit biasanya dipandang sebagai hal yang tidak sehat di kehidupan modern dan dianggap punya dampak negatif pada kesehatan.

Selain itu, ada pula alasan bahwa hal ini dianggap umumnya tidak estetis.

Namun, di daerah terpencil seperti Lembah Omo, Ethiopia selatan, para pemilik perut buncit -- terutama pria -- dianggap mengesankan, bahkan menarik.

Dilansir Liputan6.com dari OddityCentral, Rabu (8/3/23) Suku Bodi di Ethiopia selatan mengadakan festival tahunan di mana pria dengan perut terbesar dihormati dan wajib dirayakan. Untuk mempersiapkan acara besar ini, para pria melakukan upaya menggemukkan yang melelahkan selama enam bulan.

Bodi, suku petani dan penggembala ternak, merayakan kecintaan mereka pada perut besar selama festival tahunan yang disebut Ka'el.

Para pria dengan perut terbesar dinobatkan sebagai 'fat man of the year' atau 'pria gemuk tahun ini'.

Dengan gelar ini, mereka akan mendapatkan rasa hormat dari seluruh suku seumur hidup.

Laki-laki suku Bodi biasanya berbadan kurus dan berotot, tetapi selama proses penggemukan Ka'el, beberapa menjadi sangat gemuk sehingga hampir tidak bisa bergerak. Tapi itu adalah pengorbanan yang rela mereka lakukan untuk mendapatkan rasa hormat dari suku tersebut.

Untuk mendapatkan kehormatan ini, para pria harus menjalani diet penggemukan susu sapi atau yogurt, darah mentah, dan madu selama beberapa bulan sebelum festival.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Penggemukan Pria Suku Bodi yang Tidak Biasa

Dalam proses enam bulan sebelum Ka'el, para lelaki suku Bodi memulai proses penggemukan mereka dengan berhenti melakukan aktivitas fisik apa pun dan mengonsumsi makanan paling kaya kalori yang mereka bisa dapatkan. Biasanya makanan itu berupa susu sapi dan darah segar.

Namun binatang sapi itu suci bagi suku Bodi. Bahkan mereka memiliki lebih dari 80 sinonim dalam bahasa mereka yang dipakai untuk menggambarkan sapi.

Jadi yang mereka lakukan adalah tidak menyembelih sapi untuk diambil darahnya, tetapi mereka justru menusuk pembuluh darah sapinya dengan tombak, mengumpulkan sepanci darah, lalu menutup lukanya kembali dengan tanah liat.

Selama diet penggemukan, para pria suku Bodi tidak melakukan hampir semua aktivitas fisik dan lebih menghabiskan waktunya di gubuk untuk diberi makan oleh istri mereka.

Biasanya saat matahari terbit, mereka akan disajikan mangkuk susu pertama dan darah berisi satu sampai dua liter. Namun untuk memenangkan kontes Ka'el, mereka harus terus secara konsisten mengonsumsi makanan-makanan itu sepanjang hari untuk enam bulan kedepan.

Beberapa dari mereka mengalami kesulitan untuk menelan ramuan kaya protein itu, jadi tidak sedikit dari mereka yang muntah.

3 dari 4 halaman

Pemenang Kontes Mendapatkan Rasa Hormat

Pada hari Festival Ka'el, yang biasanya berlangsung pada Juni atau Juli, para pria akan menutupi diri mereka dengan tanah liat dan abu lalu memamerkan perut gemuk mereka lalu dilihat semua orang.

Kemudian anggota suku akan memilih pria yang perutnya paling menonjol, dan pemenangnya diberi nama 'pria gemuk tahun ini'.

Setelah festival, perut pria Bodi akan menyusut kembali ke ukuran normalnya dalam beberapa minggu.

Walaupun satu-satunya hadiah dalam memenangkan kontes penggemukan adalah ketenaran dan rasa hormat saja, bagi suku Bodi, ini merupakan kehormatan yang sangat tinggi. Pemenang biasannya dianggap sebagai pahlawan lokal selama sisa hidup mereka.

4 dari 4 halaman

25 Cara Cepat Gemuk, Efektif dan Aman Dilakukan

Sementara itu, makan yang banyak memang jadi salah satu solusi untuk menggemukan badan secara cepat, akan tetapi bukan hanya sekedar banyak saja. Jenis makanan yang dimakan juga harus sehat, agar tidak menyebabkan penyakit.

Cara cepat gemuk yang dapat Anda dapat lakukan dalam waktu singkat, paling tidak satu bulan. Tidak perlu dengan konsumsi obat dan pil penambah berat badan, tetapi secara alami dengan memperbaiki pola makan.

Berikut ini cara cepat gemuk yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Makan dalam Porsi Kecil Lebih Sering

Saat kekurangan berat badan, maka sangat mungkin untuk merasa lebih cepat kenyang. Untuk itu, agar nafsu makan meningkat cobalah untuk tidak makan dalam porsi besar sekaligus. Makan dalam porsi kecil namun dalam intensitas kecil bisa untuk membantu memenuhi asupan kalori lebih cepat. Cobalah untuk makan lima sampai enam porsi kecil sepanjang hari alih-alih dua atau tiga kali makan besar. Hal ini sebagai salah satu cara cepat gemuk. 

2. Tambahkan Rempah

Dengan menambahkan rempah pada makanan bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Beberapa makanan juga dapat menunda pencernaan dan menghasilkan gas. Jenis rempah tertentu bisa membantu mengurangi perut kembung dan meningkatkan nafsu makan. Rempah juga bisa merangsang produksi empedu untuk memfasilitasi pencernaan. Adapun beberapa jenis rempah yang bisa meningkatkan nafsu makan di antaranya adalah adas, peppermint, lada hitam, ketumbar, mint, jahe, dan kayu manis.

3. Susu

Cara cepat gemuk serta meningkatkan nafsu makan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu dan produk turunannya. Susu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak yang baik. Saat mencoba untuk menambah berat badan, maka tubuh juga harus mendapat manfaat dari lemak, mineral, dan protein yang ada dalam susu. Susu full fat adalah pilihan terbaik untuk menambah berat badan.

Untuk membaca kelanjutannya, klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.