Sukses

Kakek 91 Tahun Asal Thailand, Chalong Pakdeevijit Pecahkan Rekor Jadi Sutradara TV Tertua Sedunia

Chalong Pakdeevijit, sutradara film dan TV yang berkarir menjadi sutradara lebih dari tujuh dekade, dinobatkan sebagai sutradara tertua di dunia pada usia 91 tahun oleh Guinness World Records

Liputan6.com, Krung Thep Maha Nakhon - Seorang pria asal Thailand yang kini berusia 91 tahun, telah dinobatkan sebagai sutradara TV tertua di dunia oleh Guinness World Records setelah menyelesaikan proyek terbarunya.

Melansir dari upi.com, Sabtu (4/3/2023), pihak Guinness World Record mengumumkan pemecahan rekor pria bernama Chalong Pakdeevijit sebagai sutradara TV tertua di dunia, ketika salah satu film mini seri 18 episode berjudul Skyraider selesai ditayangkan pada tahun 2022 lalu. 

Chalong Pakdeevijit yang merupakan seorang sutradara film dan TV juga dikenal sebagai "King of Action" di Thailand. 

Pakdeevijit lahir pada 18 Maret 1931, kemudian ia memulai karirnya di perfilman sebagai juru kamera pada tahun 1950, dan menyutradarai film pertamanya yang berjudul Jao Insee pada tahun 1968.

Setelah itu namanya kian tersohor di tahun 70-an berkat arahannya di film seri aksi berjudul Thong. Film ini sangat populer karena merupakan film Thailand pertama yang menampilkan aktor asing sebagai peran utamanya.

Ayah dari Pakdeevijit juga merupakan seorang sutradara dan produser film, dan hampir semua saudara laki-lakinya juga bekerja di industri film.

Pakdeevijit juga saat ini sedang mengerjakan proyeknya kembali, yaitu sebuah mini seri TV yang berjudul Kan Song Pandin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Film Skyraider Karya Chalong Pakdeevijit

Pakdeevijit, yang dikenal sebagai pembuat film veteran ini masih sangat aktif dengan karyanya, yang secara pribadi mengarahkan setiap adegannya sendiri.

Dengan rentang karir lebih dari tujuh dekade, ia telah mengerjakan atau membuat lebih dari 60 film dan acara TV.

Mengutip dari guinnessworldrecords.com, proyek terakhirnya yang telah ia selesaikan adalah sebuah film yang berjudul Skyraider yang merupakan film mini seri berjumlah 18 episode. Film ini sudah ditayangkan di 7 saluran TV Thailand, mulai dari November 2021 hingga Februari 2022. 

Dalam Skyraider, Chalong the king of action, menampilkan adegan yang melibatkan perampokan berlian, geng mafia transnasional, dan situasi hidup atau mati yang sering terjadi di kehidupan nyata.

Dalam film ini diceritakan seorang pencuri dengan nama "Skyraider", menerima misi untuk merampok berlian jutaan dolar. Dia harus menyamar dalam rombongan tradisional Likay. Dia semakin dekat dengan Phueng yaitu seorang pengawal, dan mulai jatuh cinta padanya. Sementara itu, ia harus melarikan diri dari geng mafia transnasional yang memburu berlian berharga. Misi ini mempertaruhkan nyawa mereka berdua.

3 dari 4 halaman

Film yang Terkenal Karya Chalong Pakdeevijit Selain Skyraider

Selama lebih dari 70 tahun, Pakdeevijit telah membuat, memproduksi, serta menyutradarai lebih dari 60 film dan acara TV. Adapun beberapa film berdasarkan kepopularitasannya yang sangat terkenal hasil karya Chalong Pakdeevijit sebagai berikut, yang dilansir dari imdb.com:

1.  In Gold We Trust (1990)

Cerita tentang sekelompok komando mencoba untuk mengambil beberapa emas, yang disimpan dalam kapsul NASA. Selama operasi, mereka bertemu dengan kelompok komando lain yang dipimpin oleh dua tentara bayaran jahat (salah satunya seorang Komunis bernama Kristoff) dan satu batalion tentara Jepang yang tidak menyadari bahwa Perang Dunia II telah berakhir.

2.  The Spoilers (1973)

Sebuah pesawat AS yang membawa emas senilai $200 juta, sekitar Rp 3 triliun, dibajak oleh Vietcong dan emas tersebut dibawa ke koneksi mereka di Laos.

Sebuah badan anti narkoba internasional yang harus mendapatkan emas dan hanya ada satu orang yang bisa melakukannya, yaitu Richard Hill (Greg Morris), pemimpin S.T.A.B., "Special Tactical Airborne Brigade" (1973), sekelompok kecil tentara bayaran yang sangat tangguh.

Bayarannya mencapai 5 juta dolar (Rp 76 miliar). Tetapi, grup menghadapi kesulitan saat mereka mendekati target, di mana seseorang dalam grup menjadi mata-mata dengan niat menyabotase misi mereka.

 

4 dari 4 halaman

3. H-Bomb (1976)

Dalam film yang berlatar di Hong Kong ini, Chris Mitchum berperan sebagai agen CIA yang diperintahkan untuk menemukan seorang teroris. Penjahat telah mencuri sepasang hulu ledak nuklir dan bersembunyi di suatu tempat di Bangkok. Masalah yang rumit karena fakta bahwa teroris itu adalah ayah dari mantan pacar Mitchum, Olivia Hussey.

4. The Lost Idol (1988)

Setelah jatuhnya Saigon, sekelompok tentara AS yang terdampar mencoba melewati Kamboja menuju tempat aman di Thailand. Saat berlindung di kuil kuno yang terbengkalai, para pria menemukan patung emas bernilai jutaan dolar. Mereka setuju untuk menyembunyikan patung itu, lalu kembali ke Kamboja ketika sudah aman untuk melakukannya dan membagi harta karun itu. Namun, setelah menyembunyikan patung itu, sang letnan, yang diliputi oleh keserakahan, menembak anak buahnya sendiri untuk menyimpan semua bagi dirinya sendiri.

5. Gold Raiders (1982)

Sebuah pesawat yang membawa emas senilai $200 juta (Rp 3 triliun) ditembak jatuh di Thailand dan mendarat di hutan. Tim agen yang berdedikasi dibentuk dan dikerahkan untuk mencari dan memulihkan emas yang sekarang ada di hutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.