Sukses

Startup Kanada Buat Salmon Vegetarian: Tampilan, Tekstur, Rasa Nyaris Sama

Startup asal Kanada mengklaim telah menemukan teknologi yang dapat membuat salmon vegetarian atau salmon nabati dengan penampilan, tekstur, dan rasa serupa.

Liputan6.com, Jakarta - Startup asal Kanada mengklaim telah menemukan teknologi yang dapat membuat salmon vegetarian atau salmon nabati dengan penampilan, tekstur, dan rasa serupa dengan salmon liar asli.

Alternatif daging nabati yang biasa dikonsumsi masyarakat vegetarian sudah ada sejak bertahun lamanya seiring dengan semakin populernya makanan vegetarian. Brand paling dikenal yang mengeluarkan makanan vegetarian di antaranya adalah Beyond Meat dan Impossible Foods.

Berbeda dengan daging nabati yang sudah cukup sering tersorot media, ikan atau seafood nabati cukup jarang diperhatikan dan masih belum banyak dikenal. Bukan berarti jenis makanan nabati ini tidak ada atau kurang maju secara teknologi.

Justru, dengan adanya penemuan salmon vegetarian menunjukkan bahwa terdapat kemajuan pesat dalam bidang pengolahan seafood nabati. 

New School Foods, startup asal Toronto ini baru berdiri sekitar tiga tahun, tetapi sudah menjadi salah satu perusahaan yang banyak diperbincangkan di industri seafood alternatif. Prestasi startup ini dalam menciptakan salmon vegetarian membuatnya mendapatkan suntikan dana sebesar 12 juta dollar.

“Teknologi ciptaan mereka berbeda dari yang pernah kami lihat di industri ini dalam hal benar-benar meniru tekstur, rasa di mulut, dan pengalaman memasak dan memakan seluruh potongan dagingnya,” ujar Nick Cooney, General Partner Lever Ventures, dikutip dari Oddity Central (13/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siap Hadapi Tantangan dan Puaskan Konsumen

Meskipun produk inovatif ini belum sampai di tangan konsumennya, New School Foods memastikan bahwa salmon mereka memiliki hampir semua atribut yang dimiliki oleh salmon asli. Tentunya produk mereka mengklaim juga tinggi protein dan memiliki tingkat asam lemak Omega 3 yang sama.

Alih-alih penggunaan suhu tinggi untuk pengolahan makanan alternatif seafood mentah yang diterapkan perusahaan lain, New School Foods memilih untuk mengandalkan serangkaian pengolahan suhu rendah atau dingin dalam proses pembuatan salmon fillet mentah yang nantinya dapat dimasak atau diolah dengan berbagai cara. 

CEO dan pendiri New School Foods, Chris Bryson, mengatakan bahwa perusahaannya perlu untuk mencari solusi atas dua isu yang saling terkait yaitu kualitas daging alternatif di pasaran dan terbatasnya peralatan yang dimiliki untuk memproduksi produk. 

Bryson mengakui bahwa produk yang saat ini tersedia untuk para konsumen tidak cukup untuk meyakinkan mereka untuk mengubah kebiasaan makan yang mana merupakan kebiasan seumur hidup. 

Tahun ini, New School Foods akan melakukan serangkaian tes di beberapa restoran terpilih dengan koki-kokinya.

3 dari 4 halaman

8 Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan

Selain salmon vegetarian, masih banyak lagi makanan vegetarian lainnya yang bisa kamu coba. Saat ini makanan vegetarian sudah bisa didapatkan dengan mudah di berbagai restoran bahkan supermarket. Hal ini seiring dengan semakin digemarinya makanan vegetarian. Mengkonsumsi makanan vegetarian juga menguntungkan kondisi kesehatan tubuhmu loh, berikut 8 manfaat vegetarian bagi kesehatan.

1. Mengurangi risiko obesitas

Manfaat vegetarian dalam beberapa penelitian, menunjukkan bahwa orang yang makan vegetarian cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang makan daging karena makanan vegetarian umumnya kaya akan serat dan kurang kalori.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Makan vegetarian dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat mengurangi risiko serangan jantung. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan makanan vegetarian dapat menurunkan risiko aterosklerosis, yaitu pembentukan plak di dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

3. Menurunkan risiko kanker

Manfaat vegetarian dalam beberapa penelitian, menunjukkan bahwa makan vegetarian dapat menurunkan risiko kanker tertentu seperti kanker kolon dan kanker payudara. Hal ini dikaitkan dengan konsumsi yang lebih tinggi dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang kaya akan antioksidan dan fitonutrien

4 dari 4 halaman

Manfaat Vegetarian

4. Menjaga kesehatan tulang

Makan makanan yang kaya akan sayuran dan buah-buahan, dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung kaya akan kalsium, sementara buah-buahan seperti apel dan pisang kaya akan potassium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

5. Mengurangi polusi lingkungan

Dibandingkan dengan pemeliharaan hewan, makan makanan vegetarian dapat mengurangi polusi lingkungan dan membantu menjaga sumber daya alam. Hal ini karena industri pemeliharaan hewan dapat menimbulkan emisi gas rumah kaca yang cukup besar dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

6. Mengurangi risiko diabetes

Manfaat vegetarian dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan vegetarian dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Hal ini dikaitkan dengan konsumsi yang lebih tinggi dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang kaya akan serat dan kurang kalori.

7. Memperbaiki kualitas tidur

Makan makanan vegetarian dapat membantu peningkatan kualitas tidur, karena mengandung banyak serat yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi rasa lapar sebelum tidur. 

8. Meningkatkan kesehatan mental

Makan makanan vegetarian dapat meningkatkan kesehatan mental karena mengandung banyak antioksidan dan asam lemak esensial yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah depresi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini