Sukses

El Salvador Bangun Penjara Terbesar di Dunia, Simbol Perang Melawan Geng

Kompleks penjara baru di El Salvador ini dinobatkan Guinness World Record sebagai yang terbesar di dunia.

Liputan6.com, San Salvador - Pemerintah El Salvador membangun penjara terbesar di dunia yang dapat menampung 40.000 narapidana. Petugas mengatakan, penjara tersebut akan dijaga penuh waktu oleh 600 tentara dan 250 polisi. 

Pembangunan penjara tersebut terbilang cukup singkat, yakni hanya tujuh bulan hingga akhirnya siap digunakan. 

Presiden Nayib Bukele menekankan bahwa mereka yang berada di dalam tidak akan memiliki akses ke hal-hal yang paling diinginkan oleh para tahanan.

"Pelacur, PlayStations, ponsel, dan komputer sangat terlarang bagi mereka yang berada di balik jeruji besi," tegas Bukele seperti dikutip Daily Star, Jumat (3/2/2023).

Sementara itu, peralatan elektronik akan difungsikan untuk mencegah hampir semua komunikasi dari area sel.

Bukele menjamin bahwa tidak ada narapidana yang bisa melarikan diri dari kompleks penjara yang memiliki luas 166 hektare ini, di mana petugas dilatih dengan sangat keras untuk berjaga-jaga.

Dengan luas tersebut, kompleks penjara baru di El Salvador ini menjadi yang terbesar di dunia berdasarkan Guinness World Record, menggantikan posisi Kompleks Penjara Silivri di Istanbul.

Bukele juga berharap bahwa penjara besar akan menjadi elemen fundamental dalam memenangkan perang melawan geng. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Napi Akan Dipekerjakan

Tur resmi penjara dibagikan oleh Presiden Bukele via Twitter, namun konfirmasi pemindahan sejumlah tahanan ke fasilitas tersebut belum disahkan.

"Semua teroris yang (menyebabkan) kesedihan dan rasa sakit bagi rakyat Salvador akan menjalani hukuman mereka ... di bawah rezim yang paling berat," tegas Bukele.

Sementara itu, Wakil Menteri Kehakiman Osiris Luna juga menambahkan bahwa para narapidana akan dipekerjakan demi menebus kesalahan mereka terhadap masyarakat.

3 dari 3 halaman

Teguran dari Human Rights Watch

Pemerintah El Salvador akhirnya membangun proyek penjara besar ini setelah Human Rights Watch mengecam negara itu atas penjara yang kelebihan kapasitas. 

Ini merujuk pada penjara terbesar El Salvador sebelumnya, La Esperanza, yang menampung 33.000 orang. Padahal, penjara tersebut hanya memiliki kapasitas hingga 10.000 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.