Sukses

14 Pertanda Hantu di Rumah, yang Terakhir Paling Seram

Liputan6.com, Jakarta - Perbincangan seputar hantu tentu dapat membuat beberapa dari kita merasa ketakutan. Apalagi jika hidup di dunia nyata yang  sangat dekat dengan hal-hal berbau gaib.

Sejumlah kalangan menyebut makhluk astral atau yang dikenal dengan roh halus seperti hantu memang ada, dan hanya orang dengan kemampuan tertentu yang bisa melihatnya. Biasanya, keberadaan makhluk gaib ini terdapat di tempat-tempat sepi dan gelap.

Namun, hantu juga bisa ada di rumah di mana ada penghuninya.

Hantu bisa mengikuti manusia ke mana pun mereka pergi bahkan sampai ke rumah. Namun, apa saja pertanda mereka datang ke rumah?

Konon, sering kali kita akan merasakan sesuatu yang janggal jika ada hantu yang mengikuti meskipun telah tiba di rumah.

Berikut ini 14 tanda yang mengisyaratkan rumah berhantu atau tidak, dilansir dari Ranker, Minggu (29/1/2023):

1. Suara-suara Aneh

Salah satu tanda adanya hantu di rumahmu adalah bila kamu mendengar suara aneh. Namun, jangan langsung mengambil kesimpulan tentang suara-suara aneh, ini bisa jadi suara alami yang dibuat rumahmu.

Meskipun begitu, jangan anggap remeh suara-suara ini. Misalnya, ketukan pintu padahal tidak ada yang mengetuk, langkah kaki meski sedang sendirian di rumah, buku jari yang mengetuk dinding, dan sebagainya.

2. Benda yang Tidak Pada Tempatnya

Apakah barang atau furnitur tertentu selalu tidak pada tempatnya? Apakah objek tertentu selalu hilang, tidak peduli berapa kali kamu menemukannya?

Ini artinya, kamu mungkin memiliki hantu nakal di rumahmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Sering Terbangun Dini Hari

Apabila kamu sering terbangun dini hari sekitar pukul 3 pagi, kamu mungkin mengalami dorongan lembut dari makhluk halus. "

"Sekat antara sini (Bumi) dan dunia spiritual paling tipis antara jam 3 dan 5 pagi, tetapi paling sering kita terbangun antara jam 3.15 pagi dan 3.30 pagi," ucap Maureen Hancock, seorang perantara roh.

"Karena sekatnya sangat tipis, roh bisa membangunkanmu atau menyenggolmu, atau bahkan mendatangimu dalam mimpi," sambungnya.

4. Ada Gigitan, Goresan, Atau Memar di Tubuh

Apakah kamu pernah menemukan goresan atau memar di tubuh yang tidak kamu ingat?

Terkadang, ketika kita menemukan adanya goresan atau memar di tubuh secara tiba-tiba tanpa kita ketahui penyebabnya, hal tersebut cukup umum. Sebab, tubuh terkadang tidak merasakan sakit saat cedera, terutama jika luka atau benturan tidak serius.

Namun, jika hal tersebut terlalu sering dialami, kamu mungkin hidup dengan hantu yang kejam. Sebab, banyak makhluk halus yang menghantui, bahkan yang bersifat lebih serius, yakni seperti memberi bekas nyata pada tubuhmu.

5. Sering Alami Mimpi Buruk

Apakah kamu mengalami mimpi buruk lebih sering dari biasanya? Apakah itu berulang dan sering kali melibatkan sosok atau skenario yang sama?

Meningkatnya mimpi buruk tidak selalu berarti rumahmu berhantu, tetapi itu bisa menjadi sebuah pertanda

Terdapat teori tertentu yang menegaskan bahwa orang lebih rentan terhadap hantu saat tidur, dan terutama saat kita sedang bermimpi.

Mimpi buruk bisa berupa melihat bayangan hitam atau sosok seram yang menyentuhmu. Sering kali orang-orang yang terkena mimpi buruk akan kaget begitu terbangun di tengah malam.

Sementara di beberapa mitos Jawa, beberapa menyebutnya 'ketindihan' yang mungkin pertanda bahwa mahluk tersebut ingin mengganggu.

 

3 dari 4 halaman

6. Ada Gangguan Elektronik

Jika lampu rumahmu berkedip sendiri, saluran televisi yang berganti sendiri, radio yang nyala dan mati sendiri, dan lain sebagainya, ini salah satu tanda bahwa ada hantu di rumahmu.

Pasalnya, roh bisa memengaruhi medan elektromagnetik dan dengan demikian dapat menyebabkan fluktuasi intensitas listrik atau membuat benda elektronik berperilaku tidak normal.

Namun perlu diingat, mungkin ada penjelasan logis untuk fenomena ini. Jadi, sebaiknya jangan langsung mengambil kesimpulan dalam situasi ini, menelepon tukang listrik adalah langkah pertama yang terbaik.

7. Ada Lihat Bayangan atau Gerakan Misterius

Pernah menangkap bayangan atau bentuk atau sosok lain dari sudut mata? Bisa jadi imajinasimu, atau bisa juga manifestasi dari roh yang tinggal di rumahmu.

Namun, jangan takut, ini berarti hantu tidak ingin terlihat, dan oleh karena itu kemungkinan besar mereka tidak akan mengganggumu.

8. Perubahan Suhu Mendadak

Jika suhu tiba-tiba berubah tanpa penjelasan, entah suhunya semakin panas atau dingin, mungkin ada hantu di rumahmu.

Ruangan yang tiba-tiba menjadi hangat atau dingin, menandakan kehadiran makhluk halus. Pasalnya, hantu memiliki energi yang cukup besar sehingga manusia bisa merasakannya melalui suhu.

9. Sering Lihat Pukul 11.11 di Jam

Jika kamu selalu melihat jam tepat pada pukul 11.11, artinya ada orang tersayang yang sudah meninggal sedang hadir di rumahmu.

Sebab, Maureen Hancock, seorang perantara roh, mengatakan bahwa angka 11.11 di jam menandakan ketidakterbatasan. Maka dari itu, orang tersayang yang sudah tidak lagi hidup, mencoba memberi tahu kamu bahwa mereka masih di sisimu melalui angka 11.11.

10. Binatang Peliharaan yang Berperilaku Aneh

Berperilaku aneh dari binatang peliharaan bisa berupa kucing menatap ke sudut ruang padahal matanya terpaku pada tidak ada apa-apa. Atau bisa ketika kucing mengangkat punggungnya dan mendesis di udara.

Contoh lainnya adalah ketika anjing kamu menggonggong atau merengek pada sesuatu yang tidak dapat kamu lihat.

Hewan peliharaan dapat merasakan atau bahkan melihat entitas yang tidak dapat manusia deteksi.

4 dari 4 halaman

11. Ada Perasaan Diawasi Seseorang

Sebenarnya tubuh manusia juga bisa mendeteksi adanya makhluk astral. Bulu kuduk yang tiba-tiba berdiri dan merinding, adalah salah satu dari tanda-tandanya.

Atmosfer rumah kamu biasanya akan berubah sedikit janggal dan seram, yang kemudian membuatmu gelisah. Bila sudah seperti itu, perlu waspada karena hal tersebut mungkin berarti kamu dikelilingi beberapa hantu.

Perasaan yang didapatkan ketika ada seseorang menatap kamu walaupun tidak ada siapa-siapa di sekitarmu, ini adalah fenomena yang dikenal sebagai gaze detection, yakni ketika otak kamu mendeteksi ketika seseorang (atau sesuatu) melihat langsung ke arah kamu. Manfaat evolusioner dari

12. Suara Tidak Jelas

Berbeda dengan poin pertama, poin ini menegaskan suara yang tidak jelas seperti ada orang yang sedang berbicara denganmu.

Mendengar suara-suara orang adalah tanda-tanda skizofrenia. Melansir dari Mayo Clinic, skizofrenia adalah gangguan mental yang serius di mana seseorang menafsirkan realitas secara tidak normal.

Jadi, jangan langsung menganggap hal-hal paranormal jika kamu sering mengalaminya. Suara yang didengar oleh penderita skizofrenia tampaknya berbicara dari dalam kepala individu, sedangkan suara yang dibuat oleh hantu biasanya terdengar seolah-olah ada orang lain di ruangan itu atau ada orang yang berbicara kepada kamu.

13. Cium Bau Aneh yang Tidak Diketahui Sumbernya

Jika kamu mencium aroma yang memunculkan kenangan akan kerabat atau orang yang kamu cintai yang telah meninggal, kamu mungkin hanya memiliki hantu di rumahmu.

Sering kali, orang-orang tersayang berusaha menghibur anggota keluarga dan teman dekat. Aromanya bisa apa saja, mulai dari bunga hingga makanan.

14. Melihat Hantu secara Langsung

Indikator terakhir dan yang terkuat bahwa ada hantu di rumahmu, adalah ketika kamu melihat hantunya secara langsung dengan matamu sendiri.

Penglihatan hantu secara langsung mungkin menakutkan pada awalnya, tetapi seiring berjalannya waktu kamu mungkin akan bisa belajar menerimanya, dan bisa saja setelah beberapa saat hantu itu bahkan mungkin menghilang.

Namun, jika hantu tersebut sangat mengganggu dan menerormu, kamu dapat mencoba beberapa hal untuk mengusirnya.

Bila tampak hantu tersebut tidak berbahaya dan tidak begitu mengganggu, kamu selalu bisa mengabaikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.