Sukses

Kim Kardashian Beli Salib yang Pernah Dipakai Putri Diana Senilai Rp3 Miliar

Kim Kardashian rela merogoh kocek miliaran demi kalung salib yang pernah digunakan Putri Diana.

Liputan6.com, London - Seleb Amerika Serikat Kim Kardashian membeli kalung salib mewah yang pernah dipakai Putri Diana. Salib itu terbuat dari batu amethyst dan berlian. 

Kalung ini dibuat pada 1920, kemudian dipinjamkan ke Putri Diana pada tahun 1987. 

Dilaporkan The Guardian, Kamis (19/1/2023), kalung salib bernama Attallah Cross itu berhasil dibeli Kim Kardashian pada acara lelang yang digelar Sotheby's London. Harganya mencapai 163.800 pound sterling atau sekitar Rp 3 miliar.

Pada menit-menit terakhir, ada empat orang yang mengincar kalung tersebut, sebelum akhirnya terbeli oleh perwakilan Kim Kardashian.

<p>Salib amethyst Attallah yang pernah dipakai Putri Diana. Dok: Sotheby's</p>

Kalung itu awalnya dibeli oleh pebisnis Naim Attallah pada 1980-an. Pembuat kalung itu adalah perusahaan berlian Garrard. Attallah beberapa kali meminjamkan kalung itu ke Diana.

Situs Sotheby's menyebut Putri Diana memakai kalung itu pada acara amal pada 1987 untuk melindungi HAM selama kehamilan dan kelahiran.

Harga salib ini awalnya hanya diestimasi mencapai 120 ribu pound sterling (Rp 2,2 miliar), tetapi terjual lebih dari itu. Sotheby's turut mencatat bahwa jarang ada perhiasan yang pernah dipakai Putri Diana yang dijual ke pasaran.

Berat berlian di salib ini diperkirakan mencapai 4,25 hingga 5,25 karat. Berat keseluruhan barang mewah ini mencapai 45,8 gram.

Kim Kardashian belakangan ini dinilai tertarik pada barang-barang bersejarah. Ia pernah memakai gaun Marilyn Monroe pada Met Gala 2022. Gaun itu dikenakan Marilyn saat bernyanyi selamat ulang tahun untuk Presiden John F. Kennedy. Kim meminjam gaun itu dari museum Ripley’s Believe It or Not!.

 

1 pound sterling: Rp 18.660

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaun Ungu Diana

Pada Januari 2023, gaun ungu Putri Diana juga akan masuk ruang lelang. Harganya juga berpotensi fantastis. 

Sebelumnya dilaporkan, gaun beludru ungu itu dikenakan Diana untuk potret resmi Kerajaan Inggris pada 1991 dan untuk Vanity Fair pada 1997, tepat sebelum ia meninggal dunia. Melansir laman Sotheby's, gaun ungu itu diperkirakan bakal laku dengan harga mulai 80 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Harga tertinggi lelang diperkirakan bakal mencapai 120 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,8 miliar.  Dilansir dari laman Tatler, Rabu, 11 Januari 2023, gaun ungu Putri Diana merupakan karya desainer Victor Edelstein yang menampilkan garis leher penggunanya dengan bentuk hati di bagian dada dan rok berbentuk tulip.

Sebelum lelang mendatang, dress yang sama terakhir dijual 24 ribu dolar AS atau sekitar Rp360 juta pada 1997, selama lelang amal Christie yang menampilkan 79 gaun sumbangan Diana. Penjualan secara kolektif kala itu mencapai 3,25 juta dolar AS (sekitar Rp48 miliar) dan diberikan kepada organisasi AIDS dan kanker, termasuk Rumah Sakit Royal Marsden, tempat Diana menjabat sebagai pembina selama delapan tahun.

Gaun ungu tua itu merupakan bagian koleksi Edelstein's Autumn 1989. Sang desainer merancang tampilan khusus untuk sang Putri Diana lebih dari satu dekade.

Gaun itu ditampilkan dalam lukisan Douglas Hardinge Anderson pada 1991, serta boneka Franklin Mint pada 1998.  Edelstein merupakan perancang yang juga berada di belakang "Travolta Dress" biru yang dikenakan Diana.

3 dari 4 halaman

Badan Amal

Gaun beludru panjang yang terkenal saat dia menari dengan aktor Hollywood tersebut saat berada di White House, Amerika Serikat. Gaun Travolta dijual 264 ribu pound sterling atau sekitar Rp 5 miliar pada 2019 untuk sebuah badan amal setelah gagal dijual di pelelangan. Sementara itu, gaun ungu Edelstein akan menjadi bagian dari lelang Sotheby's bertajuk The One pada 27 Januari 2023. 

Dari banyak gaun yang pernah dipakai, gaun pengantin Putri Diana merupakan salah satu gaun pengantin paling terkenal sepanjang masa. Gaun pengantin yang bervolume itu dilihat oleh 750 juta orang di seluruh dunia, ketika menyaksikan wanita berusia 20 tahun itu menikahi Pangeran Charles di Katedral St Paul pada Juli 1981.

Pada 2021 lalu, gaun itu sempat dipamerkan untuk pertama kalinya dalam 25 tahun di Istana Kensington, Inggris. Gaun tersebut bisa dilihat publik langsung mulai 3 Juni 2021, hanya beberapa minggu sebelum ulang tahun ke-60 Putri Diana. Penyelenggara mengatakan gaun itu "sekarang di antara yang paling terkenal dalam sejarah pengantin".

4 dari 4 halaman

Surat Putri Diana

Sebuah surat Putri Diana yang ditujukan untuk seorang sersan polisi juga dilelang di Januari 2023 dengan harga 18 ribu pound sterling atau hampir Rp340 juta. Surat bertulis tangan itu terbilang langka karena ada tanda tangan Pangeran William dan Harry muda dibubuhkan di bawahnya.

Surat tersebut bertanggal 21 Juni 1989, ditulis di atas kerta berkop resmi Istana Kensington. Para juru lelang menyebutnya istimewa.

Surat tersebut berisi ucapan terima kasih Putri Wales kepada seorang sersan polisi karena telah mengendarai sepeda motor untuk merayakan pesta ulang tahun ke-7 William. Putra sulung Putri Diana itu membubuhkan namanya di akhir surat bersama sang adik yang saat itu berusia empat tahun.

Putri Diana menulis, "Sersan Plumb yang terhormat, Anda dan tim Anda sangat baik telah datang ke sini hari ini pada hari ulang tahun William - saya tidak dapat mulai memberi tahu Anda betapa senangnya tampilan yang diberikan kepada semua pria kecil dan ibu mereka!"

"Aku tahu betapa sibuknya kalian semua saat ini, jadi itu lebih berarti lagi bagi kami bahwa kalian dan para pengendara sepeda motor dapat mengambil bagian dalam perayaan ulang tahun."

"Ini datang dengan ucapan terima kasih kami yang paling hangat. Hormat saya Diana, William, Harry."

Dikutip dari The Sun, Selasa, 27 Desember 2022, Putri Diana sangat terbantu dengan layanan sersan polisi dan timnya saat itu. Pasalnya di hari yang sama, Inggris mengalami pemogokan dari pegawai kereta api, kereta bawah tanah, dan bus, yang membuat tugas polisi berlipat ganda pada hari itu.

"Untuk memiliki benda yang ditandatangani oleh Diana, William, dan Harry sekaligus ini cukup spesial," kata juru bicara rumah William George di Peterborough, Cambridgeshire. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Putri Diana adalah istri pertama Pangeran Charles, putra mahkota Kerajaan Inggris
    Putri Diana adalah istri pertama Pangeran Charles, putra mahkota Kerajaan Inggris

    Putri Diana

  • Kim Kardashian adalah artis yang terkenal dengan acara televisi The Kardashians yang menceritakan kehidupan pribadi keluarganya.
    Kim Kardashian adalah artis yang terkenal dengan acara televisi The Kardashians yang menceritakan kehidupan pribadi keluarganya.

    Kim Kardashian

  • Marilyn Monroe tak pernah tahu siapa ayahnya. Ibunya, Gladys, memiliki masalah psikis dan harus ditempatkan di lembaga penanganan mental.

    marilyn monroe

  • Salib