Sukses

Fenomena Danau Langka Muncul di Arab Saudi Usai Pegunungan Tandus Menghijau

Hujan deras yang melanda beberapa bagian Kerajaan telah menciptakan danau langka yang luas yang biasanya tandus di tengah iklim gersang Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta Setelah pegunungan di Makkah Arab Saudi yang mendadak menghijau, kini danau dadakan tercipta di negara kerajaan tersebut setelah hujan deras belakangan ini.

Mengutip Al Arabiya, Rabu (18/1/2023), pemain jet ski dan penunggang kuda telah terlihat memanfaatkan danau dan sungai sementara yang muncul di Wadi al-Rummah Arab Saudi setelah hujan deras baru-baru ini di seluruh Kerajaan.

Hujan deras yang melanda beberapa bagian Kerajaan telah menciptakan danau langka yang luas yang biasanya tandus di tengah iklim gersang Arab Saudi.

Kendati demikian hujan deras - yang menutup sekolah dan mendorong peringatan dari pihak berwenang agar orang-orang tetap tinggal di dalam rumah - menaikkan permukaan air di seluruh wadi - sekarang menarik ratusan orang di seluruh negeri ke lokasi waduk yang meluap.

Wadi dalam bahasa Arab ialah palung sungai kering yang hanya mengandung air selama hujan lebat. 

Gambar dan video yang beredar di media sosial menunjukkan warga negara Saudi berbondong-bondong ke wadi - salah satu lembah sungai terpanjang di Jazirah Arab - untuk memanfaatkan danau pedalaman.

Para pemain jet ski terlihat melintasi air disambut sorakan dari penonton, sementara yang lain terlihat di atas perahu darurat mendayung melintasi danau.

Beberapa lainnya menunggang kuda untuk menyeberang ke wadi, sementara yang lain terlihat sedang bermain kites-surfing di atas air.

Video lain yang beredar di media sosial menunjukkan jalan raya dan jalan menuju wadi macet tatkala ratusan pengendara berusaha mencapai danau darurat tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapasitas Penuh Wadi Per 100 Tahun

Studi geologi menunjukkan bahwa Wadi al-Rummah terisi dengan kapasitas penuh sekitar tiga kali setiap 100 tahun. Sebelumnya terjadi pada tahun 1945, 1982, 1987, 2004, 2008 dan 2018.

Pada tahun 1818 lembah sungai digenangi air selama 40 hari, pada tahun 1838 selama 22 hari, pada tahun 1987 dan 2008 selama 17 hari.

Pada tahun 1838 wadi meluap, menciptakan danau seluas 200 mil persegi (520 kilometer persegi) yang bertahan selama dua tahun dan menarik burung air yang jarang terlihat di lembah.

Pada awal Januari, National Center of Meteorology (Pusat Meteorologi Nasional) Arab Saudi mengumumkan bahwa hujan lebat, disertai angin kencang, terjadi di beberapa bagian Makkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum, al-Kamil, Bahra, Khulais, al-Laith, al-Qunfudhah, al-Ardiyat, Adham al-Baha, dan Asir. Hujan deras juga melanda Medina, al-Qassim, dan Riyadh.

Salju bahkan menyelimuti wilayah Tabuk di utara Arab Saudi saat suhu anjlok di seluruh negeri.

3 dari 4 halaman

Alasan Pegunungan Makkah Arab Saudi Menghijau, Bantah Isu Kiamat yang Heboh

Sebelumnya ramai kabar pegunungan di wilayah Makkah Arab Saudi menghijau, berubah warna menjadi hijau subur. Netizen menyorot pemandangan hijau yang tak lazim bagi sebagian orang itu.

Situs New Arab melaporkan, banyak yang menikmati suasana hijau tersebut bersama dengan keluarga mereka, terutama di Al-Maghmas Park, Ain Shams, Al-Barza, Al-Bayda, Tafil, dan Hoda Al-Sham.

Nada berbeda dicuitkan oleh netizen luar Arab Saudi, seperti Pakistan dan Indonesia, yang mengaitkan fenomena tersebut dengan kiamat. 

"Ini adalah salah satu tanda-tanda qayammat bahwa Makkah dan Medina akan hijau lagi," ujar seorang netizen Pakistan bernama Saqib.

Netizen Indonesia bernama Irfan menyebut "hari akhir sedang datang" dan saat ini adalah "zaman kegelapan."

Lantas apa sebenarnya yang membuat pegunungan Makkah Arab Saudi menghijau?

Mengutip situs The New Arab, Senin (9/1/2023), disebutkan bahwa pegunungan tersebut menghijau setelah hujan lebat yang turun di kerajaan Teluk dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam video yang dibagikan di media sosial, wilayah pegunungan yang mengelilingi kota suci bagi umat Islam itu terlihat tertutup dengan warna hijau dan tanaman-tanaman, jauh dari sifat kering dan gersang biasanya.

Pemandangan pegunungan yang tidak biasa bahkan menarik perhatian akun Twitter resmi wilayah Makkah, yang kemudian memposting video tanaman hijau baru kota tersebut, mengumpulkan ribuan penayangan di media sosial.

4 dari 4 halaman

Saat Pegunungan di Arab Saudi Bersalju Tarik Turis Berdatangan

Sebelumnya lagi, pegunungan Al-Jabal dan Alkan di Provinsi Tabuk di barat laut Arab Saudi diselimuti salju, siap menyambut tahun baru. Warga masih menunggu peningkatan hujan salju, yang diperkirakan terjadi dalam beberapa hari mendatang, menurut pengamat cuaca.

Mengutip Arab News, Selasa (27/12/2022), wisatawan menantikan hujan salju yang telah diperkirakan oleh Otoritas Umum Meteorologi.  untuk bersiap dan berkemah di area salju Tabuk sebelum kenaikan tingkat salju.

Fahd Al-Tarfawi, seorang fotografer Saudi yang tidak melewatkan kesempatan ini, mengatakan kepada Arab News bahwa dia bergegas ke daerah bersalju pada Minggu 25 Desember dan mulai mendokumentasikan hujan salju tersebut. Dia mencatat bahwa dia masih menunggu curah hujan salju yang lebih besar, menggambarkan kondisi saat ini sebagai "awal" yang tidak dapat diabaikan.

Pemandu wisata Ahmed Al-Omrani menjelaskan kepada Arab News bahwa salju mulai turun pada Minggu 25 Desember pagi, namun belum mencapai level biasanya. Dia memastikan, salju mulai menutupi wilayah Alkan yang diselimuti salju pada waktu-waktu tersebut setiap tahun, selain wilayah Jabal Al-Lawz yang terkenal.

Ahmed Al-Omrani mencatat bahwa mengambil foto hanya diperbolehkan di Alkan saat ini, karena operasi pengembangan pariwisata utama NEOM di sana.

Ia menambahkan, Alkan merupakan kawasan wisata par excellence; Ini adalah tanah datar dan rata di mana salju turun lebih dari sekali setahun, oleh karena itu, itu adalah tujuan wisata bagi semua warga Arab Saudi, serta Gulf Cooperation Council (GCC) dan beberapa warga negara Arab yang tertarik dengan Tabuk, terutama selama musim salju.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.