Sukses

12 Januari 2009: Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Terbaik FIFA Pertama Kalinya

Cristiano Ronaldo dianugerahi sebagai pemain FIFA terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo menjadi bintang Premier League pertama yang memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA pada hari ini di tahun 2009.

Dilansir fourfourtwo, Rabu (11/1/2023), penyerang Manchester United itu menungguli striker Liverpool Fernando Torres, andalan AC Milan Kaka, dan pasangan Barcelona Lionel Messi dan Xavi untuk mendapat gelar bergengsi ini.

Ronaldo yang saat itu berusia 23 tahun telah mencetak 42 gol saat United memenangkan gelar ganda Liga Premier dan Liga Champions pada musim 2007-2008.

"Ini adalah momen yang luar biasa dalam karir saya dan saya ingin mendedikasikan penghargaan ini untuk keluarga, teman, dan kolega saya," kata Ronaldo pada upacara di Zurich setelah menerima penghargaan dari Pele, pemain unggulan dari Brasil.

“Itu adalah musim yang hebat bagi saya dan untuk klub saya dan pelatih (Sir Alex Ferguson) penting bagi saya karena saya belajar banyak darinya.

"Pengalamannya selama bertahun-tahun adalah yang terpenting - merupakan suatu kehormatan untuk memiliki manajer klub yang hebat."

Ronaldo, yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa sebulan sebelumnya, hampir bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2008 tetapi dibujuk untuk tetap di United oleh Ferguson.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masuk Real Madrid

Bintang Portugal itu akhirnya bergabung dengan Real pada Juli 2009 dan terus mengumpulkan gol dan trofi di Bernabeu.

Ia pun berhasil meraih penghargaan FIFA Ballon d'Or pada tahun 2010.

Ronaldo memenangkan penghargaan itu empat kali lagi – pada 2013, 2014, 2016 dan 2017 – sebelum bergabung dengan Juventus pada Juli 2018.

Dia menghabiskan tiga tahun di Italia sebelum kembali ke United pada Agustus 2021, dan bulan berikutnya menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola internasional.

3 dari 4 halaman

Masuk Klub Al Nassr

Ronaldo kini resmi diusung klub asal Arab Saudi. 

Tugas Ronaldo di Al Nassr tak hanya main bola. Dia ditugasi untuk menyalurkan gairah sepak bola dan olahraga ke masyarakat Arab Saudi, ini sesuai dengan nilai total kontraknya sebesar 350 juta pounds atau 175 juta pounds per tahun atau Rp 3,3 Triliun.

Kontrak Ronaldo menjadi yang terbesar yang pernah diraih pemain sepak bola. Namun memang, Ronaldo tak akan main bola saja di sini.

4 dari 4 halaman

Terikat hingga 2030

Ikatan kerja sama antara Ronaldo dan Arab Saudi akan berjalan sampai 2030. Sedangkan komitmennya untuk main bola hanya sampai 30 Juni 2025.

Dari kontrak ini saja, dua agen mereka Jorge Mendes dan Ricardo Regufe ketiban fulus sebesar 30 juta euro atau Rp 498,3 Miliar. Namun banyak pekerjaan yang harus dilakukan Ronaldo sejak menginjakkan kaki di Arab Saudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.