Sukses

Australia, Kanada Wajibkan Tes COVID-19 bagi Pelaku Perjalanan dari China

Australia mengatakan pelancong yang berangkat dari China, Hong Kong, dan Makau akan memerlukan tes Covid-19 negatif sebelum naik penerbangan ke negara itu.

Liputan6.com, Jakarta - Australia mengatakan pelancong yang berangkat dari China, Hong Kong, dan Makau akan memerlukan tes Covid-19 negatif sebelum naik penerbangan ke negara itu.

Tindakan sementara, yang akan dimulai pada 5 Januari, telah diberlakukan karena "kurangnya informasi komprehensif" tentang situasi di China, kata Menteri Kesehatan Mark Butler pada hari Minggu, dikutip dari the Straits Times, Minggu (1/1/2023).

"Keputusan untuk menerapkan langkah-langkah sementara ini telah dibuat karena banyak kehati-hatian, dengan mempertimbangkan situasi yang dinamis dan berkembang di China dan potensi varian baru muncul di lingkungan penularan yang tinggi," kata menteri itu dalam sebuah pernyataan. Tes harus dilakukan dalam 48 jam sebelum perjalanan.

Ada daftar negara yang terus bertambah yang menguji penumpang dan mengurutkan sampel dari orang-orang yang tiba dari China dalam upaya untuk mengidentifikasi mutasi baru yang berbahaya yang dapat menyebar dengan cepat melalui populasi mereka. Mereka termasuk AS, Jepang, Inggris, dan Prancis.

Kanada bergabung dengan daftar itu pada hari Sabtu dan akan mengharuskan pelancong yang tiba dari China, Hong Kong dan Makau mulai 5 Januari untuk memberikan bukti hasil tes Covid-19 negatif, yang diambil tidak lebih dari dua hari sebelum keberangkatan mereka, kepada maskapai penerbangan sebelum naik.

Langkah itu diambil sebagai tanggapan atas lonjakan kasus Covid-19 di China dan "data urutan epidemiologis dan genom virus yang terbatas yang tersedia pada kasus-kasus ini," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa tindakan itu akan dinilai setelah 30 hari karena lebih banyak data dan bukti tersedia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebijakan Kanada

Pelancong udara ke Kanada dari China harus dites negatif Covid-19 tidak lebih dari dua hari sebelum keberangkatan, kata Ottawa kemarin, bergabung dengan negara-negara lain yang telah menerapkan pembatasan tersebut.

Persyaratan, yang mulai berlaku pada pukul 12.01 ET pada hari Kamis, berlaku untuk semua pelancong berusia 2 tahun ke atas pada penerbangan menuju Kanada yang berasal dari Republik Rakyat China, Hong Kong atau Makau.

Tindakan sementara itu akan diberlakukan selama 30 hari dan dinilai kembali ketika lebih banyak data tersedia, kata pemerintah Kanada.

"Kami akan menyesuaikan langkah-langkah kami berdasarkan data yang tersedia, sains, dan situasi epidemiologis di negara kami dan secara global untuk melindungi warga Kanada," kata Menteri Transportasi Kanada Omar Alghabra dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Malaymail.

Korea Selatan, Spanyol, dan Prancis pada Jumat bergabung dengan daftar negara yang terus bertambah, termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan India, yang telah memberlakukan tes Covid untuk pelancong dari China.

Persyaratan pengujian AS juga mulai berlaku pada 5 Januari.

Wisatawan dari China ke Kanada dan Amerika Serikat yang dites positif lebih dari 10 hari sebelum penerbangan dapat memberikan dokumentasi pemulihan kepada maskapai sebagai pengganti hasil tes negatif.

Badan Kesehatan Masyarakat Kanada kemarin mengatakan akan menerapkan proyek percontohan pengujian air limbah dari pesawat dengan bandara Vancouver, dan memperluas proyek yang ada dengan bandara Toronto Pearson, untuk menilai prevalensi Covid-19 di berbagai belahan dunia. Sampel diurutkan untuk memantau varian baru, kata badan itu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan kepada Reuters awal pekan ini bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk mengambil sampel air limbah yang diambil dari pesawat internasional untuk melacak varian Covid baru yang muncul.

 

3 dari 3 halaman

Kebijakan China

China telah menutup perbatasannya selama tiga tahun, memberlakukan rezim penguncian yang ketat dan pengujian tanpa henti. Itu tiba-tiba berbalik arah pada 7 Desember menuju hidup dengan virus, dan infeksi telah menyebar dengan cepat dalam beberapa minggu terakhir.

China telah menolak kritik terhadap statistik Covid-19-nya dan mengatakan pihaknya memperkirakan mutasi akan lebih menular tetapi tidak terlalu parah. China akan berhenti mewajibkan pelancong masuk untuk masuk ke karantina mulai 8 Januari, tetapi mereka masih membutuhkan hasil tes PCR negatif dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Kanada ialah negara paling utara dari Amerika Serikat
    Kanada ialah negara paling utara dari Amerika Serikat

    Kanada

  • Australia