Sukses

Tahun Baru 2023, Uni Emirat Arab Siapkan Festival Kembang Api di 43 Lokasi

Uni Emirat Arab siap menyambut Tahun Baru 2023 dengan gemilang.

Liputan6.com, Dubai - Uni Emirat Arab sedang berbenah untuk menyambut Tahun Baru 2023. Seperti tahun sebelumnya Uni Emirat Arab siap merayakan dengan mewah dan sukacita. 

Berdasarkan laporan Gulf News, Kamis (29/12/2022), Uni Emirat Arab menyiapkan 43 lokasi untuk pesta kembang api. Lokasi-lokasi utamanya adalah Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Ajman, Ras Al Khaimah dan Fujairah.

Di Abu Dhabi, ada tujuh lokasi utama untuk melihat kembang api tahun baru, termasuk Abu Dhabi Corniche yang gratis. Jalanan sepanjang 8 kilometer itu memiliki area bermain untuk anak-anak, pesepeda, dan pejalan kaki. Ada pula restoran dan kafe.

Kembang api meledak dari Burj Khalifa pada perayaan Tahun Baru di Dubai, Uni Emirat Arab, 31 Desember 2021. Burj Khalifa menyambut Tahun Baru 2022 dengan pesta kembang api yang menakjubkan. (STRINGER/AFP)

Acara kembang api gratis lainnya ada di Al Maryah Island. Pengunjung bisa menikmati 10 menit kembang api dimulai pada tengah malam. Kawasan padang pasir Madinat Zayed juga menyiapkan pesta kembang api.

Pesta kembang api yang lebih meriah berada di Sheikh Zayed Festival yang berlokasi di Al Watchba. Rencananya, panitia akan memecahkan rekor dunia dengan pesta kembang api terbesar berdurasi 40 menit. Targetnya adalah tiga rekor Guinnes World. Ada pula pertunjukkan drone, parade, air mancur menari, dan musik live.

Burj Khalifa tentunya akan menggelar pesta kembang api juga. Selain itu, sejumlah klub juga akan menggelar pesta kembang api. 

Sementara, Sharjah akan fokus pada pesta kembang api yang cocok untuk keluarga. Pesta akan digelar di Al Majaz Waterfront dan pantai Khorfakkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BMKG Prediksi Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan Ringan-Sedang Saat Malam Tahun Baru

Beralih ke dalam negeri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca yang akan melanda kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) saat malam perayaan pergantian tahun 31 Desember 2022.

Korbid Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin menjelaskan jika prakiraan cuaca kawasan Jabodetabek ini bukanlah badai, namun cuaca ekstrem yang kemungkinan melanda kawasan tersebut saat pergantian tahun.

"Yang perlu diluruskan adalah fenomena cuaca yang terjadi di Jabodetabek saat ini terutama di periode Nataru 2022/2023 ini adalah bukan badai, tetapi merupakan potensi cuaca ekstrem," kata Miming dalam keterangannya diterima merdeka.com, Rabu (28/12).

Miming mengatakan bahwa cuaca ekstrem adalah curah hujan tinggi yang disertai kilat/petir dan angin kencang. Serta berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, bandang, genangan, longsor, dan gelombang tinggi.

Sementara dalam hasil prakiraan cuaca yang dilakukan BMKG, untuk periode akhir tahun 2022 wilayah Jabodetabek berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai sedang.

"Kami memprediksikan bahwa pada tanggal 31 Desember 2022 potensi hujan intensitas ringan-sedang masih dapat terjadi di wilayah Jabodetabek," kata dia.

Berikut daftar wilayah prakiraan cuaca tanggal 31 Desember 2022, wilayah Jabodetabek:

-Potensi hujan dengan intensitas Ringan berada di sebagian Tangerang, Depok, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Bekasi bagian tengah.

-Potensi hujan sedang terdapat di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, dan Bekasi bagian selatan. Potensi hujan Lebat terdapat di Kep. Seribu dan Bekasi bagian utara.

-Sementara untuk wilayah Jawa Barat untuk potensi hujan sedang berada di sebagian besar Jawa Barat. Potensi hujan lebat berada di Jawa Barat bagian tengah. Kemudian, Jawa Tengah Potensi hujan sedang berada di bagian utara.

3 dari 4 halaman

TMII

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) selaku pihak pengelola tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memastikan gelaran perayaan pergantian tahun tetap berlangsung pada 31 Desember 2022.

Sebagai pengelola Taman Mini Indonesia Indah, TWC dalam keterangan resminya, telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi dalam menyambut sekitar 40.000 pengunjung yang akan datang dalam acara perayaan Tahun Baru 2023 itu.

“Kami sangat antusias melihat semangat masyarakat dalam menyambut lembaran baru yang lebih baik dari tahun sebelumnya, maka dari itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan TMII yang dikelola oleh TWC sebagai salah satu pusat dari kemeriahan peringatan Tahun Baru 2023," kata Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata, dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Dia juga menuturkan, pengamanan pun telah disiapkan. Akan ada 118 personel pengamanan internal dan 475 personel gabungan eksternal dari unsur Kepolisian, TNI AD, Satpol PP, dan Suku Dinas Perhubungan yang bersiaga.

Selain itu, pos pengamanan ditempatkan di pintu masuk utama, yakni pada Pintu 3 dan Pintu 4. Di mana dari pintu 3, pengunjung dengan kendaraan roda empat maupun roda dua akan diarahkan ke tempat parkir terpadu sebelum naik bus kendaraan listrik untuk masuk ke kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

4 dari 4 halaman

Jelang Tahun Baru, Mendag Minta Pemda Pelototi Logistik Pangan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) persiapan Natal dan Tahun Baru di Semarang, 2 Desember 2022 lalu mencatat bahwa harga pangan secara umum stabil dan pasokan tersedia cukup. 

Mendag bersinergi dengan pemerintah daerah melalui dinas-dinas yang membidangi perdagangan untuk mengendalikan inflasi dengan cara mengoptimalisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk subsidi transportasi, operasi pasar, dan pasar murah.

Selain itu, pemerintah daerah agar ikut mengawasi kelancaran arus logistik dengan cara turun ke pasar dan distributor.

“Sinergi dan kolaborasi dengan daerah menjadi kunci pengendalian inflasi. Pemerintah berkomitmen menjaga stok agar tersedia dan aman,” ujar Mendag, Rabu (28/12).

Dia juga menjelaskan harga barang kebutuhan pokok (bapok), khususnya di Provinsi Lampung, terpantau stabil dan pasokannya cukup menjelang tahun baru 2023. Oleh karena itu, masyarakat dapat menyambut tahun baru dengan tenang.

Hal tersebut disampaikan Mendag saat meninjau Pasar Natar di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Rabu (28/12).

“Kami meninjau Pasar Natar hari ini. Dari peninjauan kali ini ini, kami dapati harga-harga bapok stabil dan pasokan tersedia. Kami harap masyarakat bisa berbelanja dengan tenang menyambut tahun baru,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Dari hasil pemantauan harga bapok di Pasar Natar, Mendag Zulkifli Hasan menyebutkan, stok dan harga bapok di Lampung terpantau cukup dan stabil menjelang tahun baru 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.