Sukses

Kisah Wanita Indonesia Pura-Pura Meninggal Demi Bebas Utang Disorot Media Asing

Seorang wanita berpura-pura jadi jenazah dan kemudian meminta putranya mengunggah foto-foto kematian bohongan ke Facebook untuk menghindari kewajiban membayar utang sebesar Rp 4,2 juta.

Liputan6.com, Medan - Seorang wanita nekat berpura-pura jadi jenazah dan kemudian meminta putranya mengunggah foto-foto kematian bohongan ke Facebook. Hal itu dilakukan untuk menghindari kewajiban membayar utang sebesar US$ 268 atau setara Rp 4,2 juta.

Wanita Indonesia ini yang membingkai kematiannya sendiri di media sosial agar tidak perlu membayar utangnya sebesar Rp 4,2 juta.

Cerita ini diberitakan oleh situs asing Oddity Central pada Senin 26 Desember 2022. Ternyata, sosok yang dimaksud melakukan hal tersebut adalah Liza Dewi Pramita, wanita asal Indonesia.

Orang-orang yang mencoba untuk keluar dari kewajiban membayar utang bukanlah hal baru, tetapi beberapa orang berusaha keras mencari cara agar terlepas dari lilitan utang tersebut.

Menurut krediturnya, Liza Dewi Pramita telah meminta perpanjangan pinjaman karena tidak dapat mengembalikan uangnya, tetapi ketika tenggat waktu kedua akan berakhir, putra wanita itu mengumumkan kematian tragisnya di Facebook, bersama dengan foto pendukung.

Liza digambarkan telah diselimuti kain kafan lengkap dengan potongan kapas di lubang hidungnya, dikutip dari Oddity Central, Rabu (28/12/2022).

Maya Gunawan, perempuan yang pernah meminjamkan uang Rp 4,2 juta kepada Liza Dewi Pramita, mengenal perempuan tersebut dari grup arisan online yang sama-sama tergabung di dalamnya.

Arisan adalah sistem undian yang populer di Indonesia, di mana anggota memasang sejumlah kecil uang setiap bulan, dengan satu anggota menerima seluruh jumlah untuk bulan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Pernah Bertemu dengan Pelaku

Gunawan belum pernah bertemu langsung dengan Liza Dewi Pramita, tetapi ketika Liza Dewi Pramita meminta pinjaman, dia bertanya kepada beberapa anggota kelompok arisan lain tentang dia, dan tidak ada yang mengatakan hal buruk tentang Liza.

Jadi dia akhirnya setuju untuk meminjamkan Rp 4,2 juta, dengan syarat Pramita mengembalikannya paling lambat 20 November 2022.

Pramita gagal memenuhi tenggat waktu, dan ketika dihadapkan oleh krediturnya, dia mengaku kesulitan mendapatkan uang dan meminta perpanjangan pinjaman.

 

3 dari 3 halaman

Foto Palsu

Putra Liza Dewi Pramita turun ke Facebook untuk mengumumkan bahwa dia telah meninggal secara tragis dalam kecelakaan mobil di sebuah jembatan di Medan.

Dia juga memposting foto tubuh wanita itu dengan mata tertutup dan potongan kapas di hidungnya.

Awalnya, Maya sedih dengan meninggalnya wanita itu, mengesampingkan utang yang tidak tertagih, tetapi kemudian putra Pramita mengumumkan bahwa dia akan dimakamkan di Aceh Tamiang, yang jauh dari rumahnya.

Ini membuat Maya mempertanyakan segalanya, jadi dia memutuskan untuk memeriksa foto-foto tersebut di Facebook dengan lebih hati-hati. Setelah melihat foto-foto itu, dia menemukan bahwa gambar yang digunakan diambil dari internet.

Kini, Liza Dewi Pramita masih belum ditemukan, dan Maya belum menerima uangnya kembali.

Selain Oddity Central, media Vietnam cuoi.tuoitre.vn juga turut mengangkat kisah Liza, melalui artikel bertajuk "Trốn nợ 6 triệu đồng, đăng luôn ảnh giả chết lên Facebook". 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.