Sukses

Pengungsi Rohingya Dapat Perawatan Medis Setelah Terdampar di Aceh

Pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh menerima bantuan perawatan medis.

Liputan6.com, Laweueng - Pengungsi Rohingya menerima perawatan medis darurat setelah sebuah kapal yang membawa hampir 200 orang mendarat di Indonesia pada Senin (26 Desember), kata pihak berwenang, dalam pendaratan keempat di negara tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

Dikutip Channel News Asia, Selasa (27/12/2022), kapal kayu itu tiba sekitar pukul 17.30 di sebuah pantai di provinsi Aceh paling barat di Indonesia, kata juru bicara kepolisian setempat Winardy.

"Seratus delapan puluh lima imigran Rohingya mendarat di (kabupaten) Pidie. Jumlah tersebut terdiri dari 83 laki-laki dewasa, 70 perempuan dewasa dan 32 anak-anak," kata Winardy dalam keterangannya.

Para pengungsi sementara ditampung di fasilitas lokal, dengan petugas kesehatan merawat mereka yang sakit, tambah Winardy.

Beberapa tampak sangat lemah dan kurus dan diinfus oleh staf medis, menurut wartawan AFP.

Seorang petugas kesehatan mengatakan kepada AFP bahwa beberapa "menderita dehidrasi parah. Beberapa anak muntah".

Informasi lengkap tentang perjalanan mereka tidak segera tersedia, tetapi seorang pendatang muda mengatakan bahwa mereka telah berangkat dari Bangladesh.

“Kami datang dari kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh dengan harapan Indonesia memberi kami kesempatan pendidikan,” kata Umar Faruq, 14 tahun.

Setiap tahun ribuan orang Rohingya yang sebagian besar Muslim, dianiaya berat di Myanmar yang mayoritas beragama Buddha, mempertaruhkan nyawa mereka dalam perjalanan laut yang panjang dan mahal - seringkali dengan kapal berkualitas buruk - dalam upaya untuk mencapai Malaysia atau Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiba dalam Kondisi Lemah

Marfian, tokoh masyarakat nelayan setempat yang berada di lokasi tidak lama setelah para pengungsi tiba, mengatakan bahwa "beberapa pengungsi mendarat dalam kondisi lemah".

“Saat mereka berada di bibir pantai, warga setempat membantu dengan memberi mereka makanan,” kata Marfian.

Dia mencatat bahwa dalam beberapa tahun terakhir beberapa nelayan Aceh telah membantu perahu Rohingya datang ke darat tetapi perahu terbaru dibawa ke darat oleh angin, karena para nelayan menjadi lebih enggan untuk membantu.

3 dari 4 halaman

Pendaratan di Aceh

Winardy menggarisbawahi bahwa pihak berwenang sedang berkoordinasi dalam penanganan pengungsi "mengingat pendaratan mereka di Aceh semakin sering".

Pendaratan kapal Senin di Aceh terjadi sehari setelah kapal lain yang membawa 57 pengungsi Rohingya mendarat di provinsi itu setelah sebulan di laut.

Pada bulan November, dua kapal yang membawa total 229 orang Rohingya mendarat di provinsi yang sama, menurut badan pengungsi PBB UNHCR.

4 dari 4 halaman

Banyak yang Mendarat di Indonesia

Malaysia yang relatif makmur adalah tujuan favorit para pengungsi, tetapi banyak yang pertama kali mendarat di Indonesia yang mayoritas Muslim, dipandang lebih ramah.

Badan-badan PBB dan kelompok hak asasi manusia telah meminta bantuan mendesak negara-negara di kawasan itu setelah beberapa kapal yang membawa Rohingya dilaporkan terapung-apung selama berminggu-minggu di Samudera Hindia.

UNHCR mengatakan pada akhir pekan bahwa sekitar 180 warga Rohingya berada di laut selama berminggu-minggu dikhawatirkan tewas, setelah kerabat mengatakan mereka kehilangan kontak dan menganggap tidak ada penumpang yang selamat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.