Sukses

China Akan Setop Terbitkan Update Kasus COVID-19 Harian, Pandemi Usai?

Komisi Kesehatan Nasional China, yang selama tiga tahun terakhir ini telah menerbitkan angka kasus COVID-19 harian untuk negara itu.

Liputan6.com, Beijing - Komisi Kesehatan Nasional China, yang selama tiga tahun terakhir ini telah menerbitkan angka kasus COVID-19 harian untuk negara itu, mengatakan tidak akan lagi merilis data tersebut mulai Minggu.

"Informasi COVID yang relevan akan dipublikasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China untuk referensi dan penelitian," kata NHC dalam sebuah pernyataan, tanpa merinci alasan perubahan atau seberapa sering CDC China akan memperbarui informasi COVID, sebagaimana diwartakan Reuters dikutip dari Newsnow, Minggu (25/12/2022).

Hong Kong Akan Buka Perbatasan dengan China

Hong Kong akan membuka kembali perbatasannya dengan China pada pertengahan Januari, kata Kepala Eksekutif kota John Lee pada Sabtu (24 Desember), ketika Beijing mempercepat pelonggaran aturan ketat COVID-19 yang telah memukul pertumbuhan ekonomi.

Lee, berbicara pada acara pers di bandara di Hong Kong ketika dia kembali dari perjalanan ke Beijing, mengatakan tujuannya dalam "secara bertahap, tertib, dan sepenuhnya" membuka kembali kota itu adalah mengembalikan perbatasan ke negara bagiannya sebelum wabah virus.

"Tujuan kami adalah untuk segera mencapai konsensus dengan pemerintah pusat, menyerahkan rencana kami kepada pemerintah pusat untuk ditinjau dan mengeksekusi rencana tersebut sebelum pertengahan Januari," kata Lee sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (24/12/2022).

Pihak berwenang Hong Kong akan bekerja dengan pemerintah kota tetangga Shenzhen dan provinsi Guangdong untuk mengelola arus orang yang melintasi perbatasan, kata Lee.

Pembatasan perjalanan melintasi perbatasan diberlakukan pada awal 2020. Pembukaan kembali ditunda beberapa kali karena wabah di Hong Kong atau China. Hong Kong dan China telah tertinggal di sebagian besar dunia dalam melonggarkan aturan COVID-19 yang ketat.

Orang-orang di wilayah administratif khusus Tiongkok di Hong Kong telah dapat mengakses Tiongkok hanya melalui bandara kota atau dua pos pemeriksaan - Teluk Shenzhen atau jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Pembukaan Kembali sedang Berlangsung

Persiapan untuk pembukaan kembali sedang berlangsung, termasuk mengerahkan ribuan petugas dari bea cukai, imigrasi, dan layanan polisi kota, kata media setempat.

Pemerintah Hong Kong mengatakan pada 12 Desember bahwa otoritas daratan telah mengizinkan pengemudi truk lintas batas untuk mengumpulkan dan mengirimkan barang langsung ke tujuan mereka tanpa menggunakan pos pemeriksaan yang ditunjuk.

Penumpang internasional yang tiba di Hong Kong sejak pertengahan bulan tidak lagi tunduk pada kontrol pergerakan terkait COVID atau dilarang dari tempat-tempat tertentu.

Pelancong yang tiba juga dapat melanjutkan langsung ke China atau Makau selama mereka memenuhi kriteria yang disyaratkan, kata pemerintah kota. Sebelumnya mereka harus menunggu tiga hari di kota sebelum melanjutkan ke China.

 

3 dari 3 halaman

Kasus di Qingdao

Setengah juta orang di satu kota di China terinfeksi COVID-19 setiap hari, kata seorang pejabat kesehatan senior, dalam pengakuan yang jarang dan cepat disensor bahwa gelombang infeksi negara itu tidak tercermin dalam statistik resmi.

Dari laporan AFP didapati bahwa outlet berita yang dioperasikan oleh Partai Komunis yang berkuasa di Qingdao pada Jumat 23 Desember 2022 melaporkan, kepala kesehatan kota mengatakan bahwa kota timur itu mengalami "antara 490.000 dan 530.000" kasus COVID-19 baru setiap hari.

Kota pesisir berpenduduk sekitar 10 juta orang itu "dalam periode penularan cepat menjelang puncak yang mendekat," kata Bo Tao, menambahkan bahwa tingkat infeksi akan meningkat 10 persen lagi selama akhir pekan.

Laporan tersebut dibagikan oleh beberapa outlet berita lain tetapi tampaknya telah diedit pada Sabtu pagi untuk menghapus angka kasus Virus Corona COVID-19 tersebut. Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan pada hari Sabtu bahwa 4.103 infeksi rumah tangga baru tercatat secara nasional pada hari sebelumnya, tanpa kematian baru.

Di Shandong, provinsi tempat Qingdao berada, pihak berwenang secara resmi hanya mencatat 31 kasus domestik baru.

Pemerintah China menjaga ketat media negara itu, dengan legiun sensor online untuk menghapus konten yang dianggap sensitif secara politik.

Sebagian besar publikasi yang dikelola pemerintah telah meremehkan parahnya gelombang keluar negara, alih-alih menggambarkan pembalikan kebijakan sebagai hal yang logis dan terkendali.

Tetapi beberapa outlet mengisyaratkan kekurangan obat dan rumah sakit di bawah tekanan, meskipun perkiraan jumlah kasus sebenarnya masih jarang. Pemerintah Provinsi Jiangxi timur mengatakan dalam posting media sosial hari Jumat bahwa 80 persen populasinya – setara dengan sekitar 36 juta orang – akan terinfeksi pada bulan Maret.

Lebih dari 18.000 pasien COVID-19 telah dirawat di institusi medis besar di provinsi tersebut dalam dua minggu hingga Kamis, termasuk hampir 500 kasus parah tetapi tidak ada kematian, kata pernyataan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19