Sukses

12 Tahun @america, Dubes AS Upayakan Inklusivitas Pada Program Mendatang

Dubes AS untuk Indonesia Sung Y. Kim berharap agar kegiatan di @america masa depan bisa mengedepankan inklusivitas.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat kebudayaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta @america merayakan hari ulang tahun ke-12 pada 15 Desember 2022.

Sejak diresmikan dan dibuka untuk umum, @america telah menjadi sarana dan wadah bagi masyarakat Indonesia untuk mempelajari lebih jauh tentang Amerika Serikat melalui interaksi, dialog dan pertunjukan. Untuk merayakan pencapaian ini, @america menyelenggarakan program bersama mitra dengan menampilkan alumni program pertukaran U.S. Center Stage Nan Jombang serta menggelar konser untuk umum dengan menampilkan penyanyi Isyana Sarasvati pada 17 Desember.

Hadir pula dalam perayaannya, Duta Besar Sung Y. Kim turut menyampaikan harapannya akan keterlibatan lebih banyak pihak dalam program-program yang menekankan soal pentingnya inklusivitas. 

"Kami akan terus bekerja sangat keras untuk mempromosikan inklusi orang-orang dari berbagai latar belakang, ras, etnis, agama, dan Anda akan bisa mengikuti setiap program," ujar Dubes Kim dalam pidato pembukaannya di @america, Kamis (15/12/2022). 

Ia pun menambahkan bahwa @america merupakan sebuat platform untuk saling belajar dan bertukar informasi. 

"Itu luar biasa, dalam banyak hal merupakan platform yang luar biasa untuk kreativitas, inovasi, dan semangat persatuan dan bagi kita untuk belajar tentang satu sama lain serta mengembangkan hubungan yang lebih dekat antara rakyat kita," sambungnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tema Ulang Tahun

Dalam perayaan ulang tahun kali ini, @america mengangkat tema "Forward Together" (Maju Bersama).

Tema tersebut dimaksudkan untuk merayakan pemulihan dari pandemi dan kemitraan masa depan.

Dalam acara perayaan, Duta Besar AS Sung Y. Kim menyatakan rasa terima kasih atas kolaborasi dengan berbagai mitra selama 12 tahun terakhir ini.

“Melalui slogan Explore, Experience, and Express @america menyediakan wadah untuk berdiskusi tentang isu-isu global yang penting yang menjadi perhatian kedua negara, memberikan pengetahuan dan keahlian untuk memajukan pendidikan dan karir kaum muda, serta mempersembahkan pertunjukan yang menampilkan budaya kami untuk masyarakat Indonesia dan juga dunia,” kata Dubes Kim.

3 dari 4 halaman

Tentang @america

@america merupakan pusat informasi dan kebudayaan publik milik Pemerintah AS, atau yang dikenal dengan nama American Space, yang pertama di Asia, dan sejak dibuka di Jakarta pada Desember 2010 telah menyelenggarakan hampir 7.000 program, menerima lebih dari 2,5 juta pengunjung.

@america yang berlokasi di Pacific Place Mall ini terbuka untuk umum selama tujuh hari dalam seminggu.

Acara-acaranya diselenggarakan secara gratis, terbuka untuk umum dan mencakup beragam topik seperti pendidikan, lingkungan, musik dan seni, sains dan teknologi, serta kewirausahaan.

4 dari 4 halaman

Tempat Belajar Kebudayaan AS

@america juga merupakan “rumah” salah satu Education USA Kedubes AS, tempat di mana siapa pun yang tertarik untuk belajar di AS bisa mendapatkan layanan konsultasi gratis, sesuai dengan kebutuhan, dan andal.

Tempat ini menggunakan teknologi canggih, diskusi, obrolan daring, pertunjukan, debat, lokakarya, dan pameran untuk membantu berbagi informasi tentang Amerika Serikat untuk khalayak publik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.