Sukses

Demo Imbas Pemakzulan Presiden Peru Pedro Castillo, 2 Orang Tewas-Bandara Ditutup

Sebuah bandara di Peru telah ditutup dan dua orang tewas dalam protes dengan kekerasan terkait pemakzulan Presiden Pedro Castillo, kata pihak berwenang.

Liputan6.com, Lima - Sebuah bandara di Peru telah ditutup dan dua orang tewas dalam protes dengan kekerasan, kata pihak berwenang.

Gambar di media sosial menunjukkan asap mengepul dari Bandara Andahuaylas di selatan negara itu.

"Sebanyak 50 polisi dan pekerja dikepung oleh para demonstran di bandara," kata kementerian transportasi Peru dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari BBC, Senin (12/12/2022).

Protes atas pemakzulan Presiden Pedro Castillo terus berlanjut di ibu kota Lima.

Polisi menembakkan gas air mata pada Minggu 11 Desember untuk membubarkan demonstran di kota.

Badan penerbangan Peru Corpac - bagian dari kementerian transportasi - mengatakan Bandara Andahuaylas telah terkena dampak serius sejak Sabtu 10 Desember sore, mengalami serangan, vandalisme, dan kebakaran.

Dikatakan 50 pekerja bandara dan polisi telah dikepung di terminal bandara, dan menambahkan bahwa beberapa orang telah disandera.

Polisi nasional Peru kemudian mengatakan petugas telah pergi ke bandara dengan polisi negara bagian, dan satu petugas terluka.

Seorang pengunjuk rasa tewas, kata polisi, menambahkan bahwa mereka mengambil langkah-langkah untuk mengklarifikasi situasi seputar kematian tersebut. Ombudsman Peru mengatakan korban tewas adalah seorang remaja.

Kematian orang kedua dalam kerusuhan di Andahuaylas kemudian dilaporkan oleh Menteri Dalam Negeri Peru César Cervantes.

Baik polisi maupun ombudsman menyerukan diakhirinya kekerasan baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuntut Pembebasan Presiden Pedro Castillo

Ratusan orang berbaris melalui Lima pada Kamis dan Jumat (8-9 Desember 2022), menuntut pembebasan Castillo dan pengunduran diri penggantinya, Dina Boluarte.

Pemimpin Peru yang digulingkan dalam tahanan dituduh melakukan kudeta.

3.000 orang diperkirakan melakukan protes di Andahuaylas pada hari Sabtu. Beberapa mencoba menyerbu kantor polisi, menurut media pemerintah.

Setidaknya 16 pengunjuk rasa dan empat petugas polisi terluka dalam pawai di kota itu, lapor ombudsman.

Castillo mendapat dukungan luas di bagian selatan negara itu.

3 dari 4 halaman

Presiden Perempuan Pertama Peru

Presiden Peru Pedro Castillo digantikan oleh Dina Boluarte setelah pemakzulan.

Peru memiliki presiden perempuan untuk pertama kalinya, setelah mantan presiden Pedro Castillo dimakzulkan - beberapa jam setelah dia mencoba membubarkan parlemen.

Dina Boluarte - sebelumnya wakil presiden - dilantik setelah hari yang dramatis di Lima pada Rabu 7 Desember 2022.

Sebelumnya pada hari itu, Pedro Castillo mengatakan dia mengganti Kongres dengan "pemerintahan darurat yang luar biasa". Tetapi anggota parlemen mengabaikan ini, dan dalam pertemuan darurat memakzulkannya. Dia kemudian ditahan dan dituduh memberontak.

Nyonya Boluarte, seorang pengacara berusia 60 tahun, mengatakan dia akan memerintah sampai Juli 2026, saat kepresidenan Castillo akan berakhir.

Berbicara setelah dilantik sebagai presiden Peru, dia menyerukan gencatan senjata politik untuk mengatasi krisis yang mencengkeram negara.

"Yang saya minta adalah ruang, waktu untuk menyelamatkan negara," kata Boluarte seperti dikutip.

4 dari 4 halaman

Kronologi Pemakzulan Dramatis

Rangkaian peristiwa dramatis hari Rabu dimulai dengan Presiden Pedro Castillo memberikan pidato di televisi nasional di mana dia mengumumkan keadaan darurat.

Dia mengumumkan bahwa dia akan membubarkan Kongres yang dikendalikan oposisi, sebuah langkah yang mengejutkan baik di Peru - beberapa menteri mengundurkan diri sebagai protes - dan di luar negeri.

Kepala mahkamah konstitusi menuduhnya melancarkan kudeta, sementara AS "sangat mendesak" Castillo untuk membatalkan keputusannya.

Polisi dan angkatan bersenjata Peru mengeluarkan pernyataan bersama di mana mereka mengatakan mereka menghormati tatanan konstitusional.

Castillo mencoba membubarkan Kongres hanya beberapa jam sebelum dimulainya proses pemakzulan baru terhadapnya - yang ketiga sejak dia menjabat pada Juli 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.