Sukses

Liput Piala Dunia 2022 Pertandingan Argentina Vs Belanda, Jurnalis AS Grant Wahl Pingsan Lalu Meninggal

Wartawan Amerika Serikat (AS) Grant Wahl yang berusia 48 tahun dilaporkan meninggal dunia, setelah pingsan saat meliput Piala Dunia 2022 di Qatar.

Liputan6.com, Doha - Wartawan Amerika Serikat (AS) Grant Wahl yang berusia 48 tahun dilaporkan meninggal dunia, setelah pingsan saat meliput Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kabar meninggalnya wartawan terkemuka AS Grant Wahl saat meliput Piala Dunia, memicu curahan keterkejutan dan kesedihan di seluruh dunia olahraga.

"Dia pingsan di area pers saat meliput pertandingan Argentina-Belanda hari Jumat, kata seorang saksi kepada CNN yang dikutup Sabtu (10/12/2022).

Keadaan di sekitar kematian wartawan AS itu sejauh ini tidak jelas. Dia berusia 48 tahun, menurut pernyataan dari mantan bosnya di Sports Illustrated.

"Seluruh keluarga US Soccer (Sepak Bola AS) sangat sedih mengetahui bahwa kami telah kehilangan Grant Wahl," kata US Soccer dalam sebuah pernyataan di akun Twitter resminya.

"Grant Wahl menjadikan sepak bola sebagai pekerjaan hidupnya, dan kami sangat terpukul karena dia dan tulisannya yang brilian tidak akan lagi bersama kami."

US Soccer memuji semangat jurnalis Wahl dan "keyakinan pada kekuatan permainan untuk memajukan hak asasi manusia," dan berbagi belasungkawa dengan istri Wahl, Celine Gounder, dan orang-orang yang dicintainya.

Gounder juga memposting pernyataan US Soccer di Twitter.

"Saya sangat berterima kasih atas dukungan keluarga sepak bola suami saya Grant Wahl dan begitu banyak teman yang telah menghubungi malam ini. Saya sangat terkejut," tulis Gounder, mantan kontributor CNN yang bertugas di dewan penasehat transisi COVID-19 Biden-Harris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meliput Sepak Bola Dua Dekade

Grant Wahl telah meliput sepak bola selama lebih dari dua dekade, termasuk 11 Piala Dunia, dan menulis beberapa buku tentang olahraga tersebut, menurut situs webnya.

Dia baru saja merayakan ulang tahunnya awal pekan ini dengan "sekelompok teman media yang hebat di Piala Dunia," menurut sebuah posting di akun Twitter resminya, yang menambahkan: "Sangat berterima kasih untuk semua orang."

Dalam sebuah episode podcast Futbol dengan Grant Wahl, diterbitkan beberapa hari sebelum kematiannya pada 6 Desember, dia mengeluh tidak enak badan.

"Itu menjadi sangat buruk dalam hal seperti sesak di dada saya, sesak, tertekan. Merasa sangat sesak, buruk." Wahl memberi tahu co-host Chris Wittyngham dalam episode tersebut. Dia menambahkan bahwa dia mencari bantuan di klinik medis di pusat media Piala Dunia, meyakini dirinya menderita bronkitis.

Dia diberi sirup obat batuk dan ibuprofen, dan merasa lebih baik tak lama kemudian, katanya.

Wahl juga mengatakan dia mengalami "penyerahan paksa oleh tubuh dan pikiran saya" setelah pertandingan AS-Belanda pada 3 Desember.

"Ini bukan rodeo pertamaku. Saya sudah melakukan delapan kali," katanya saat itu.

"Jadi seperti, saya sakit sampai batas tertentu di setiap turnamen, dan ini hanya tentang mencoba menemukan cara untuk menyukai menyelesaikan pekerjaan Anda."

Dia lebih lanjut menggambarkan kejadian tersebut dalam buletin baru-baru ini yang diterbitkan pada tanggal 5 Desember, menulis bahwa tubuhnya telah "rusak" setelah dia kurang tidur, stres tinggi, dan beban kerja yang berat. Dia menderita flu selama 10 hari, yang "berubah menjadi sesuatu yang lebih parah," tulisnya, menambahkan bahwa dia merasa lebih baik setelah menerima antibiotik dan tidur.

 

3 dari 4 halaman

Jadi Sorotan di Piala Dunia Karena Kaos Pelangi Dukung hak LGBTQ

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan departemen itu "berkomunikasi erat" dengan keluarga Wahl.

Wahl menjadi berita utama pada bulan November dengan melaporkan bahwa dia ditahan dan sempat ditolak masuk ke pertandingan Piala Dunia karena dia mengenakan kaos pelangi untuk mendukung hak LGBTQ.

Dia mengatakan staf keamanan telah menyuruhnya untuk mengganti bajunya karena "itu tidak diperbolehkan," dan telah mengambil teleponnya. Wahl mengatakan dia dibebaskan 25 menit setelah ditahan dan menerima permintaan maaf dari perwakilan FIFA dan anggota senior tim keamanan di stadion.

Setelah itu, Wahl mengatakan kepada CNN bahwa dia "mungkin akan" memakai baju itu lagi.

 

4 dari 4 halaman

Penghormatan Terakhir

Kematian Wahl telah mengirimkan gelombang kejutan melalui komunitas jurnalisme sepak bola dan olahraga, dengan banyak di antaranya berbagi penghormatan di media sosial.

Co-editors in chief Sports Illustrated, publikasi tempat Wahl menghabiskan sebagian besar karirnya, mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa mereka "terkejut dan hancur mendengar berita meninggalnya Grant."

"Kami bangga menyebutnya sebagai kolega dan teman selama dua dekade - tidak ada penulis dalam sejarah (Sports Illustrated) yang lebih bersemangat tentang olahraga yang dia cintai dan cerita yang ingin dia ceritakan," kata pernyataan itu.

Ia menambahkan bahwa Wahl pertama kali bergabung dengan publikasi pada November 1996. Dia telah mengajukan diri untuk meliput olahraga sebagai reporter junior - sebelum mencapai puncak popularitas global yang sekarang dinikmati - akhirnya menjadi "salah satu otoritas sepak bola paling dihormati di dunia," katanya.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa Wahl juga bekerja sama dengan media lain termasuk Fox Sports. Setelah keluar dari Sports Illustrated pada tahun 2020, dia mulai menerbitkan podcast dan buletinnya.

Pada hari Jumat di Philadelphia, bintang bola basket LeBron James mengatakan dia "sangat menyukai Grant". Saat Wahl di Sports Illustrated, dia membuat cerita sampul tentang James ketika dirinya masih di sekolah menengah.

"Saya selalu menonton dari kejauhan bahkan ketika saya naik peringkat dan menjadi seorang profesional, dan dia pergi ke olahraga yang berbeda," kata James, berbicara pada konferensi pers pasca pertandingan. "Setiap kali namanya muncul, saya akan selalu mengingat kembali masa remaja saya dan mengingatnya… Ini adalah kehilangan yang tragis."

Komisaris Major League Soccer Don Garber mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia "terkejut, sedih dan patah hati atas meninggalnya Grant Wahl yang tragis." Dia telah menjadi "orang yang baik dan perhatian," katanya.

Liga Sepak Bola Wanita Nasional juga mentweet belasungkawa, mengatakan "komitmen Wahl untuk berbagi cerita tentang permainan indah kami tidak tertandingi, tetapi yang lebih penting, integritas, perhatian, dan kebaikannya adalah inti dari cara hidupnya."

Wartawan lain juga berbagi cerita tentang pelaporan bersama Wahl, dan pernah bertemu dengannya di beberapa Piala Dunia selama bertahun-tahun.

"Sebelum dia menjadi peliput sepak bola terbaik, dia selalu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan sangat baik kepada saya," tulis penyiar terkenal Dick Vitale.

Timmy T. Davis, Duta Besar AS untuk Qatar, juga men-tweet bahwa Wahl adalah "reporter terkenal dan sangat dihormati yang berfokus pada permainan yang indah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.