Sukses

2022 Korean Film Festival for ASEAN Digelar di Jakarta, 500 Orang Diperkirakan Hadir

Liputan6.com, Jakarta - Mission of the Republic of Korea to ASEAN (ROK Mission to ASEAN) menyelenggarakan 2022 Korean Film Festival for ASEAN (KFFFA 2022) di CGV Pacific Place Jakarta dari tanggal 24 hingga 26 November di bawah dukungan Korea Foundation (KF).

Dengan terselenggaranya Korean Film Festival ini, diharapkan dapat menjadi jembatan untuk saling empati dan komunikasi antara Republik Korea dan ASEAN.

Tahun ini, ditayangkan tiga film favorit dan menarik dari Korea yang dirilis pada 2022. "Confession" diputar pada tanggal 24 November 2022 dan menjadi upacara pembukaan dari keseluruhan acara. Film yang disutradarai oleh Yoon Jong-Seok ini menempati posisi pertama di box office Korea, dikutip dari pernyataan resmi KFFFA 2022, Kamis (24/11/2022).

"Decision to Leave" diputar pada 25 November 2022. Film ini mendapat penghargaan Sutradara Terbaik di Festival Film Internasional Cannes 2022.

"Life is Beautiful" diputar pada 26 November 2022. Sebagai film musikal jukebox Korea pertama, sekaligus memunculkan rasa nostalgia akan cinta pertama, beragam lagu Korea dari tahun 1970-an hingga 2000-an menghiasi film itu.

Tak hanya menayangkan film, festival ini juga menawarkan kesempatan bagi warga negara ASEAN untuk memahami budaya Korea dan berfungsi sebagai jembatan hubungan erat antara Korea dan ASEAN.

"Hubungan antara ASEAN dan Korea lebih dekat dari sebelumnya dan proyek kerja sama di industri film juga terus berjalan,” kata Kwon Hee-seog, Duta Besar Misi Republik Korea untuk ASEAN dalam sambutan pembukaan pada 24 November 2022.

Ia juga menyatakan bahwa Republik Korea memberikan pelatihan kepada 178 pembuat film ASEAN melalui proyek ASEAN Korea Cooperation Fund, berjudul "ASEAN-ROK Film Leaders Incubator" dan proyek lanjutan "ASEAN-ROK Film Community Programme", senilai USD 2,3 juta.

Sementara itu, dalam acara yang berlangsung selama tiga hari ini, kurang lebih 500 warga negara ASEAN dan Korea diperkirakan hadir dalam festival tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tentang ROK Mission to ASEAN dan Korea Foundation

ROK Mission to ASEAN didirikan di Jakarta, pada Oktober 2012. Misi tersebut bertujuan untuk meningkatkan hubungan ASEAN-Korea yang meliputi pilar politik-keamanan, ekonomi dan sosial-budaya.

Misi tersebut secara proaktif terlibat dalam mekanisme regional yang dipimpin ASEAN seperti PMC (Post Ministerial Conference), APT (ASEAN Plus the Republic of Korea, China, and Japan), EAS (East Asia Summit), dan ARF (ASEAN Regional Forum).

Sementara itu, The Korea Foundation adalah organisasi pemerintah yang mempromosikan kesadaran dan pemahaman yang tepat tentang Korea, dan meningkatkan niat baik dan persahabatan di seluruh komunitas internasional.

Informasi lebih lanjut, dapat diakses melalui website resmi ROK Mission to ASEAN dan Korea Foundation.

3 dari 4 halaman

Film Hyun Bin Confidential Assigment 2: International Buka Festival Film Korea-Indonesia 2022

Sementara itu, sorak sorai penonton terdengar riuh menyambut penayangan film aktor Korea Hyun Bin, Confidential Assignment 2: International atau Confidential Assigment 2 di CGV Grand Indonesia pada Kamis 29 September 2022 malam.

Film Confidential Assignment 2: International atau Confidential Assigment 2 yang perdana tayang di Tanah Air pada 30 September 2022 itu diputar sehari lebih awal, sebagai pembuka dalam acara Festival Film Korea-Indonesia (KFFI) 2022.

Confidential Assignment 2: International adalah film Box Office Korea Selatan yang sudah tayang negara tersebut sejak 7 September 2022. Namun, film tersebut belum dirilis di Indonesia. 

"Berkat minat dan dukungan besar dari para pecinta film di Indonesia, Korea-Indonesia Film Festival dapat merayakan hari jadinya yang ke-13 tahun ini. Tahun ini lebih spesial karena diadakan secara offline di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Malang," ujar Direktur Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) Kim Yong Woon dalam pembukaan KFFI 2022 di di CGV Grand Indonesia pada Kamis 29 September 2022 malam.

Pada kesempatan tersebut, Kim Yong Woon mengatakan bahwa pada KFFI 2022 memperkenalkan film-film berkualitas dari berbagai genre. "Sebagai upaya untuk meningkatkan pertukaran budaya Indonesia dan Korea," imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa tahun ini Korea memenangkan penghargaan sutradara terbaik di festival film Cannes melalui Decision To Leave.

Sementara itu, ia menambahkan bahwa film fenomenal Squid Game juga baru-baru ini menyabet penghargaan Emmy. Sebagai drama 30 bahasa untuk pertama yang pernah diberikan Emmy.

"Ini membuktikan bahwa emosi yang disampaikan dalam drama Korea secara alami menyatu dalam sesuatu yang dapat dipahami oleh semua orang. Oleh karena itu KFFI juga memiliki ekspektasi yang tinggi dalam menyuguhkan untuk rakyat Indonesia. Di mana berbagai bahasa, agama dan budaya berdampingan."

Direktur Kim Yong Woon pun mengatakan bahwa ia berharap upaya Korea Selatan untuk mengembangkan kebudayaan bersama dengan Indonesia akan terus berjalan lebih luas.

"Bagaikan pohon, semakin dalam akarnya semakin terbentang pula cabang pohonnya. Saya yakin melalui pertukaran budaya, kekayaan budaya Indonesia akan mampu menjangkau panggung dan khalayak yang lebih luas," ucapnya.

"Saya berharap festival ini akan menghasilkan kesejahteraan dan perkembangan terhadap industri film kedua negara," tutupnya.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Sambut Korea Indonesia Film Festival 2021, Vidio Hadirkan Nonton Gratis

Tahun lalu, juga ada festival film Korea di Indonesia. Acara pertukaran budaya film Korea Indonesia Film Festival 2021 (KIFF) berlangsung pada 27-31 Oktober 2021. Acara ini dilaksanakan secara daring dan luring melalui bioskop tanah air. 

Dalam rangka menyambut kemeriahan festival yang telah menyentuh pagelarannya yang ke-11 itu, Vidio selaku platform OTT lokal Indonesia mengajak penonton untuk menyaksikan deretan film Korea secara gratis.

Kampanye ini bekerja sama antara Vidio dan CGV. Peserta bisa nonton deretan film Korea secara gratis pada Kamis, 28 Oktober 2021 mulai pukul 15.15 WIB. Deretan film itu, ada Pawn, Salut d'Amour, dan The Wailing.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS