Sukses

Film Hyun Bin Confidential Assigment 2: International Buka Festival Film Korea-Indonesia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Sorak sorai penonton terdengar riuh menyambut penayangan film aktor Korea Hyun Bin, Confidential Assignment 2: International atau Confidential Assigment 2 di CGV Grand Indonesia pada Kamis 29 September 2022 malam.

Film Confidential Assignment 2: International atau Confidential Assigment 2 yang perdana tayang di Tanah Air pada 30 September 2022 itu diputar sehari lebih awal, sebagai pembuka dalam acara Festival Film Korea-Indonesia (KFFI) 2022.

Confidential Assignment 2: International adalah film Box Office Korea Selatan yang sudah tayang negara tersebut sejak 7 September 2022. Namun, film tersebut belum dirilis di Indonesia. 

"Berkat minat dan dukungan besar dari para pecinta film di Indonesia, Korea-Indonesia Film Festival dapat merayakan hari jadinya yang ke-13 tahun ini. Tahun ini lebih spesial karena diadakan secara offline di Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Malang," ujar Direktur Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) Kim Yong Woon dalam pembukaan KFFI 2022 di di CGV Grand Indonesia pada Kamis 29 September 2022 malam.

<p>Direktur Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) Kim Yong Woon (kedua dari kanan) dalam pembukaan KFFI 2022 di di CGV Grand Indonesia pada Kamis 29 September 2022 malam. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)</p>

Pada kesempatan tersebut, Kim Yong Woon mengatakan bahwa pada KFFI 2022 memperkenalkan film-film berkualitas dari berbagai genre. "Sebagai upaya untuk meningkatkan pertukaran budaya Indonesia dan Korea," imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa tahun ini Korea memenangkan penghargaan sutradara terbaik di festival film Cannes melalui Decision To Leave.

Sementara itu, ia menambahkan bahwa film fenomenal Squid Game juga baru-baru ini menyabet penghargaan Emmy. Sebagai drama 30 bahasa untuk pertama yang pernah diberikan Emmy.

"Ini membuktikan bahwa emosi yang disampaikan dalam drama Korea secara alami menyatu dalam sesuatu yang dapat dipahami oleh semua orang. Oleh karena itu KFFI juga memiliki ekspektasi yang tinggi dalam menyuguhkan untuk rakyat Indonesia. Di mana berbagai bahasa, agama dan budaya berdampingan."

<p>Pembukaan Festival Film Korea-Indonesia 2022 (KFFI) 2022 di CGV Grand Indonesia (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)</p>

Direktur Kim Yong Woon pun mengatakan bahwa ia berharap upaya Korea Selatan untuk mengembangkan kebudayaan bersama dengan Indonesia akan terus berjalan lebih luas.

"Bagaikan pohon, semakin dalam akarnya semakin terbentang pula cabang pohonnya. Saya yakin melalui pertukaran budaya, kekayaan budaya Indonesia akan mampu menjangkau panggung dan khalayak yang lebih luas," ucapnya.

"Saya berharap festival ini akan menghasilkan kesejahteraan dan perkembangan terhadap industri film kedua negara," tutupnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Event Full Offline Pertama Sejak Pandemi

Sementara itu, Kim Hyun Joo, selaku General Manager Korean Cultural Center mengatakan tahun ini genre film yang dipilih berbeda dari sebelumnya.

"Kami pilih tahun ini lebih ceria genrenya, dan semangat, agar membakar kembali semangat-semangat di antara Korea dan Indonesia selama pandemi," ujar Kim Hyun Joo kepada wartawan.

"Kami selalu memilih film yang bisa memberikan kesan terbaik untuk hubungan Korea dan Indonesia," imbuhnya.

Kim Hyun Joo menuturkan bahwa event KFFI 2022 berlangsung sepenuhnya offline yang diselenggarakan di CGV empat kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Malang. Hal ini dikarenakan situasi pandemi COVID-19 di Tanah Air sudah berangsur stabil.

"Sebelumnya pada 2021 terbatas, tidak bisa kuota 100 persen karena ada protokol kesehatan. 50 offline-50 online. Sekarang situasi sudah stabil, jadi bisa 100 persen memenuhi kuota undangan," paparnya.

Saat Liputan6.com bertanya film apa yang diunggulkan dalam rangkaian Festival Film Korea-Indonesia 2022, Kim Hyun Joo membalasnya dengan senyum. "Kami berusaha keras biar film terbaru dari Korea dibawa ke Indonesia dan sejalan di sini."

"Agar pesan dari fim Korea bisa dipahami oleh masyarakat Indonesia, supaya pandangan bisa sejalan antara Indonesia-Korea," timpalnya lagi.

Tahun ini, sambungnya, ada 16 film dalam rangkaian KFFI 2022. 12 dari Korea dan empat sisanya karya sutradara Indonesia.

Deretan film Indonesia yang ditayangkan adalah judul-judul yang sebelumnya banyak mencuri perhatian khalayak. Salah satunya KKN di Desa Penari.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Film di KFFI 2022

KIFF 2022 digelar di empat lokasi CGV, yakni Jakarta (CGV Grand Indonesia), Bandung (CGV 23 Paskal Shopping Center), Yogyakarta (CGV JWalk Mall), dan Malang (CGV Malang City Point).

Film terbaru YoonA SNSD dan Hyun Bin, Confidential Assigment 2: International, yang jadi film pembuka di Korea Indonesia Film Festival (KIFF) 2022.

Ada 16 film Korea dan Indonesia yang masuk daftar tayang di KIFF 2022.

Berikut ini daftar film tersebut:

Film Korea

  1. Hansan;
  2. Confidential Assignment;
  3. Ashfall;
  4. Exit;
  5. Happy New Year;
  6. The Policeman's Lineage;
  7. The Roundup;
  8. Broker;
  9. The Witch;
  10. Alienoid;
  11. Pawn;
  12. Decision to Leave.

Film Indonesia

  1. KKN di Desa Penari;
  2. Mencuri Raden Saleh,
  3. Pengabdi Setan 2;
  4. Miracle Cell No.7.

KIFF adalah acara tahunan yang merupakan bagian dari Korea Festival.

Acara ini didapuk sebagai sarana untuk mengenalkan aspek sosial dan kebudayaan dari warga Korea Selatan, sekaligus untuk mempelajari kebudayaan masyarakat di Indonesia lewat tayangan film.

4 dari 4 halaman

Cara Dapat Tiket Nonton Film di KFFI 2022

Menurut situs CGV, harga tiket nonton film dalam ajang KIFF 2022 sebesar Rp15.000 per orang. Harga ini berbeda dengan tiket CGV pada umumnya, jauh lebih murah.

Tiket untuk nonton film dalam daftar KFFI 2022 ini bisa didapatkan melalui ticket box yang ada di CGV Cinemas, situs CGV.id, dan aplikasi smartphone CGV.

Pemesanan tiket dibuka mulai 28 September 2022.

Lokasi penayangan film-film dalam KIFF 2022 di beberapa bioskop CGV Cinemas berbagai kota.

Jadwal nonton untuk masyarakat umum dimulai 30 September - 2 Oktober 2022 di CGV Cinemas.

KIFF 2022 digelar di empat lokasi CGV, yakni Jakarta (CGV Grand Indonesia), Bandung (CGV 23 Paskal Shopping Center), Yogyakarta (CGV JWalk Mall), dan Malang (CGV Malang City Point).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.