Sukses

Presiden Turki Tiba di Bali untuk KTT G20, Beberapa Jam Usai Ledakan Istanbul

Liputan6.com, Nusa Dua - Terjadi ledakan misterius di Istiklal Avenue, distrik bersejarah Beyoglu Istanbul, Turki, pada Minggu 13 November 2022 malam. Beberapa jam kemudian, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dikabarkan tiba di Bali untuk KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November mendatang.

Menurut informasi dari situs Indonesia.go.id, presiden Turki datang bersama sang istri, Emine Erdogan. Terlihat portret keduanya saat berjalan keluar pesawat kepresidenan setibanya di Terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada Senin (14/11/2022).

Sebelumnya, seperti dilaporkan situs AFP, Erdogan menggelar konferensi pers terkait ledakan misterius di Istanbul. Dalam sesi tersebut, ia menyebut ledakan sebagai 'serangan keji' dan 'berbau seperti terorisme'.

Mengutip situs Anadolu Agency (AA), Erdogan disebutkan disambut di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali oleh Menteri Sekretariat Negara RI Pratikno, Menteri Kesehatan Budi Gunadi, dan Gubernur Bali Wayan Koster serta Duta Besar Turki Ahmet Cemil Miroglu.

Selain ibu negara Emine Erdogan, turut mendampingi Presiden Turki pada kedatangannya jelang KTT G20 ini yakni Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Menteri Pertahanan Nasional Hulusi Akar, Harta Karun, dan Menteri Keuangan Nureddin Nebati, Menteri Pertanian dan Kehutanan Vahit Kirisci, Direktur Komunikasi Fahrettin Altun, Juru Bicara Presiden Ibrahim Kalin, Kepala Biro Kepresidenan Industri Pertahanan Ismail Demir dan juru bicara Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) Omer Celik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pertemuan Bilateral Sebelum KTT G20

Menurut situs AA, Erdogan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan tuan rumah (Presiden Joko Widodo/Jokowi) pada hari Senin sebelum KTT G20.

Dalam pertemuan tersebut, hubungan bilateral akan ditinjau, dan langkah-langkah untuk mengembangkan kerja sama lebih lanjut akan dibahas.

Türkiye (sebelumnya disebut Turki) dan Indonesia juga akan menandatangani lima perjanjian di berbagai bidang antara lain, industri pertahanan, teknologi, kehutanan, lingkungan, dan pembangunan.

 

3 dari 4 halaman

Agenda Presiden Erdogan di KTT G20

Tema utama KTT G20 yang akan berlangsung pada 15-16 November ini adalah "Recover Together, Recover Stronger."

Pada 15 November, Erdogan akan menghadiri sesi pertama tentang ketahanan pangan dan energi dan berbicara kepada semua pemimpin dan kepala delegasi.

Setelah makan siang dengan para pemimpin G20, Erdogan akan menghadiri sesi kedua tentang kesehatan dan akan berbicara kepada para peserta.

Pada hari terakhir KTT, presiden Turki akan mengadakan pertemuan bilateral dan mengadakan konferensi pers.

Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Türkiye, Inggris, AS, dan UE adalah G20 negara anggota. Spanyol juga diundang sebagai tamu tetap.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov tiba di Bali untuk menghadiri KTT atas nama Presiden Vladimir Putin.

4 dari 4 halaman

Ini Daftar Kepala Negara yang Sudah Tiba di Bali

Puncak acara KTT G20 akan berlangsung besok, pada 15-16 November 2022. Maka dari itu, telah banyak kepala negara hingga delegasi organisasi internasional yang telah hadir di Bali untuk menghadiri sejumlah agenda G20. 

Baru saja malam tadi, Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Pemerintah RI menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20.

Kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI Joko Widodo adalah sebanyak 37 orang dari total 41 undangan. Ini merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi di tengah situasi sulit saat ini.

Usai turun dari pesawat, Biden disambut oleh tarian khas Bali. Presiden Biden kemudian berjalan menuju rangkaian kendaraan yang telah disiapkan dan segera meninggalkan bandara.

Sebelumnya, sejumlah pemimpin organisasi internasional juga tiba di Bali. Executive Chairman World Economic Forum (WEF) Klaus Schwab tiba sekitar pukul 18.56 Wita dan disambut langsung oleh Gubernur Bali I Wayan Koster.

Berikut adalah daftar kepala negara dan pemimpin organisasi internasional yang telah tiba di Bali untuk mengikuti KTT G20:

Klik di sini...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS