Sukses

5 Tips Liburan Hemat Ketika Segalanya Serba Mahal

Liputan6.com, Jakarta - Longgarnya pembatasan pandemi COVID-19 membuat banyak orang sangat menginginkan masa liburan

Namun, di tengah suku bunga yang sedang meningkat di seluruh dunia untuk memerangi inflasi, berdampak pada harga hotel yang naik 10% atau lebih di banyak destinasi populer.

Hal ini pun membuat harga-harga menjadi naik, termasuk ketika Anda bermaksud untuk berlibur. 

Dilansir CNN, Selasa (1/11/2022), berikut adalah sejumlah tips untuk berlibur hemat di tengah kenaikan harga:

1. Temukan Harga Penerbangan Terbaik

Banyak wisatawan memilih destinasi yang ingin mereka kunjungi, tanpa melakukan banyak riset, kemudian mencoba untuk menekan harga yang mereka temukan ke dalam anggaran yang ada.

Strategi yang jauh bisa Anda lakukan adalah mencari harga tiket yang terbaik kemudian menjadikan salah satu pilihan itu sebagai tujuan liburan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Tentukan Jumlah Pengeluaran Sejak Awal

Tentukan budget pengeluaran liburan sejak awal. 

Pastikan pengeluaran Anda untuk biaya akomodasi, makan, kunjungan tempat wisata sejak awal sehingga semuanya bisa tetap terkendali. 

3. Cari Destinasi yang Tak Banyak Dikunjungi Turis

Keluarlah dari area di mana semua turis berada dan mulailah menjelajah sekitar.

Hanya dengan berjalan kaki selama 15 menit ke segala arah atau naik kendaraan umum untuk beberapa perhentian dapat membuat perbedaan besar di kota mana pun yang penuh dengan pengunjung asing.

3 dari 4 halaman

4. Hindari Musim Liburan

Sebisa mungkin, Anda harus menghindari masa high season. 

Masa-masa seperti liburan sekolah atau libur nasional harus sangat dihindari, jika Anda mengincar liburan yang ekonomis. 

5. Manfaatkan Kartu Loyalitas

Sebagian besar maskapai penerbangan dan jaringan hotel memiliki kartu loyalitas bermerek melalui Mastercard, Visa, atau Amex yang memberi Anda cukup hanya dari pendaftaran bonus untuk mendapatkan penerbangan gratis atau hotel.

Kemudian poin terus bertambah saat Anda menggunakan kartu.

Fasilitas ini dapat secara drastis mengurangi biaya liburan.

4 dari 4 halaman

Tips Menghemat Biaya Laundry Saat Liburan

Saat melakukan liburan panjang atau long trip tapi hanya membawa sedikit pakaian, salah satu biaya yang perlu dipikirkan adalah laundry. Hal ini lantaran tak semua penginapan, terutama hotel, memiliki fasilitas mesin cuci.

Salah satu hal yang biasa dilakukan adalah laundry. Hanya saja, anggaran bisa jadi cukup membengkak. Seorang pria pun membagikan tips mencuci baju di penginapan melalui akun TikTok @indra_xxl.

Selengkapnya di sini..

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS