Sukses

Aksi Pembunuhan dari Geng Yakuza Terkuak Lewat Tes DNA di Rokok

Yakuza itu melakukan pembunuhan pada 2013. Sepuntung rokok menjadi benang merah kasus ini.

Liputan6.com, Kyoto - Kasus pembunuhan pada Desember 2013 berhasil terkuak akibat sepuntung rokok. Pada rokok tersebut ada DNA milik si pembunuh. Kasus Pembunuhan ini terjadi pada pimpinan bisnis fast-food Gyoza no Ohsho yang populer di Jepang.

Dilaporkan Kyodo, Jumat (28/10/2022), pelaku adalah Yukio Tanaka (56). Ia memiliki kaitan dengan sindikat kejahatan Yakuza, yakni Kudo-Kai. Korbannya adalah Takayuki Ohigashi (72) yang ditembak mati di parkiran di kantor pusat perusahaan di Kyoto.

Aksi Tanaka ketahuan saat polisi melacak DNA dari sebuah puntung rokok di dekat TKP. Ternyata, DNA yang ditemukan cocok dengan tersangka. Rokok tersebut juga cocok dengan merk yang disukai Tanaka saat itu.

Namun, polisi masih belum menemukan adanya koneksi antara korban dan pelaku. Polisi pun masih memeriksa motif tersangka serta kemungkinan apakah ada tersangka lain.

Korban ditembak sebanyak empat kali di dada dan perut ketika baru keluar dari mobilnya. Senjata yang dipakai adalah .25-caliber automatic.

Kepemilikan senjata api adalah hal yang jarang di Jepang, sehingga polisi langsung mencari orang yang familiar dengan pistol. Ditemukan pula bekas residu tembakan di stang motor pelaku. Motor itu hasil curian.

Di mobil korban ditemukan ada uang ratusan ribu yen.

Anggota Yakuza ternyata sudah ditangkap dan divonis 10 tahun penjara karena pernah menembak mobil milik seorang kontraktor besar di Fukuoka. Vonis itu diberikan pada November 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Misteri Pembunuhan di Paris

Misteri pembunuhan lain yang mencengangkan juga terjadi di Paris, Prancis. 

Warga Paris dikejutkan oleh pembunuhan mengejutkan terhadap seorang siswi berusia 12 tahun, yang jasadnya ditemukan pada Jumat 14 Oktober di sebuah kontainer di halaman gedung apartemennya.

Gadis itu, bernama Lola, menghabiskan hari itu dengan normal di sekolah, tetapi sang ayah mencarinya ketika dia tidak pulang ke rumah pada sore hari.

Menurut laporan BBC, Selasa (18/10), kemudian di malam hari muncul kotak kemasan plastik transparan dilaporkan di kaki gedung apartemen - sebuah blok perumahan di arondisemen ke-19 di mana ayah Lola bekerja sebagai pramutamu.

Tubuh Lola ditemukan tergencet di dalam wadah, disembunyikan oleh bahan penutup. Tangan dan kakinya diikat dan dia dilaporkan memiliki luka di leher, meskipun otopsi akhir pekan ini menemukan dia meninggal karena sesak napas.

Dua kertas Post-it juga ada di kakinya, satu bertuliskan "0" dan yang lainnya "1".

Misteri pelaku pembunuhan Lola terpecahkan pada Sabtu 15 Oktober pagi. Polisi menangkap tersangka utama pembunuhan itu - seorang wanita kelahiran Aljazair berusia 24 tahun bernama Dahbia B.

 

3 dari 4 halaman

Dahbia B

Wanita itu dapat diidentifikasi pada video keamanan yang diambil di gedung apartemen, di mana dia terlihat memasuki pintu utama pada Jumat sore di perusahaan Lola.

Kemudian dia terlihat meninggalkan gedung sambil menarik sebuah kontainer dan kemudian bertindak tidak jelas di jalan. Seorang saksi mata mengatakan dia meminta bantuan dengan imbalan uang dari "urusan perdagangan organ".

Namun, polisi mengatakan mereka tidak percaya ini adalah petunjuk yang serius. Teori mereka yang paling masuk akal adalah bahwa Dahbia B, yang tidak memiliki tempat tinggal tetap, secara psikologis tidak stabil dan bahwa tindakannya "sembrono".

Seorang lainnya yang juga ditahan adalah pria berusia 43 tahun, yang diyakini mengangkut Dahbia B dan kontainer di dalam mobilnya.

Polisi berpikir bahwa setelah mereka berkendara di sekitar pinggiran kota Paris, Dahbia B kembali ke gedung apartemen - di mana saudara perempuannya juga tinggal.

Di sana kedua kakak beradik itu dikabarkan sempat ribut, sebelum Dahbia B pergi lagi - kali ini tanpa kontainer. Dia menghabiskan malam di sebuah flat di pinggiran Kota Bois-Colombes di mana dia dijemput keesokan harinya.

4 dari 4 halaman

Masalah Kepercayaan

Polisi telah membuka penyelidikan atas pembunuhan seseorang di bawah usia 15 tahun yang disertai dengan tindakan penyiksaan dan kebiadaban. Sementara Dahbia B diperkirakan akan ditempatkan di bawah penyelidikan pengadilan dan ditahan.

Di sekolah Lola, anak-anak dan orang tua tampak tertekan pada Senin pagi. Sekolah menerima kunjungan Menteri Pendidikan Pap Ndiaye dan Wali Kota Paris Anne Hidalgo, dan tim dukungan psikologis telah dikirim untuk menghibur siswa.

"Putri saya menangis sepanjang akhir pekan, dia tidak tidur sedikitpun," kata Gasmi, ayah dari dua anak, kepada surat kabar Le Parisien. "Kami tidak bisa mempercayai siapa pun sekarang di lingkungan kami. Saya sangat mengkhawatirkan anak-anak saya."

"Ini membuat bingung perasaan saya," kata seorang wanita lokal kepada surat kabar itu. “Pagi ini saya mengikuti anak saya dalam perjalanan ke sekolah, hanya beberapa meter di belakangnya. Untuk amannya saja.

"Aku akan mengantarnya ke sekolah mulai sekarang dan menjemputnya juga. Jika dia selesai jam setengah empat, aku akan pulang kerja jam empat. Tidak bisa ditawar lagi."

Brigitte Macron, istri presiden, mengatakan itu adalah "tragedi yang benar-benar keji dan tidak dapat ditoleransi".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.