Sukses

Uni Eropa Jatuhkan Sanksi ke Entitas Iran terkait Drone Kamikaze yang Serang Ukraina

Uni Eropa pada Kamis (20/10) setuju untuk menjatuhkan sanksi-sanksi baru terhadap beberapa entitas yang memasok drone Iran untuk Rusia yang digunakan dalam menyerang Ukraina.

Liputan6.com, Brussel - Uni Eropa pada Kamis (20/10) setuju untuk menjatuhkan sanksi-sanksi baru terhadap beberapa entitas yang memasok drone Iran untuk Rusia yang digunakan dalam menyerang Ukraina.

Ceko, yang menjabat presiden Uni Eropa, mengumumkan kesepakatan itu dalam cuitan Kamis. Kesepakatan itu muncul setelah pembicaraan tiga hari dengan para duta besar Uni Eropa dan dijadwalkan mulai berlaku pada Kamis siang, dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (21/10/2022). 

Disebutkan bahwa Uni Eropa membekukan aset tiga individu dan satu entitas “yang bertanggung jawab atas pengiriman drone.”

Ditambahkan pula bahwa Uni Eropa siap memperpanjang sanksi-sanksi terhadap empat entitas Iran yang telah dikenai sanksi sebelumnya.

Pasukan Rusia telah meningkatkan serangan udara mereka selama pekan terakhir. Para pejabat Ukraina mengidentifikasi serangan itu menggunakan drone buatan Iran yang dimuati bahan peledak dan kemudian ditabrakkan ke target-target mereka.

Iran telah membantah memasok drone ke Rusia, dan Rusia membantah menggunakan drone tersebut di Ukraina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AS dan Sekutu Selidiki Penggunaan Drone Kamikaze Iran yang Serang Ukraina

Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis akan membahas dugaan transfer senjata Iran ke Rusia pada pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB, Rabu (19 Oktober), kata para diplomat.

Hal ini terjadi setelah Kyiv menduga bahwa Moskow menggunakan pesawat tak berawak asal Iran untuk melakukan serangan sipil, dikutip dari Channel News Asia.

Secara terpisah, Ukraina telah mengundang para ahli di PBB untuk memeriksa drone asal Iran yang digunakan oleh Rusia untuk menyerang wilayahnya.

Ukraina menyebut, serangan ini melanggar Resolusi Dewan Keamanan PBB.

Berbicara dengan syarat anonim, para diplomat mengatakan bahwa pihaknya akan meminta seorang pejabat PBB untuk memberi penjelasan singkat kepada anggota tentang masalah tersebut.

Rusia meluncurkan sejumlah drone "kamikaze" atau pesawat udara tak berawak (UAV) ke Ukraina pada Senin kemarin yang menghantam infrastruktur energi dan menewaskan lima orang di ibu kota Kyiv.

Ukraina mengatakan, itu adalah adalah drone serang buatan Iran yang merupakan amunisi dengan kecepatan tinggi dan bisa meledak saat terjadi benturan. Kyiv lantas memutuskan hubungan dengan Iran karena penggunaan senjata tersebut.

Di sisi lain, Teheran membantah memasok drone ke Moskow, sementara Washington mengatakan Iran telah berbohong.

Kremlin pada Selasa juga membantah pasukannya telah menggunakan pesawat tak berawak Iran untuk menyerang Ukraina.

3 dari 4 halaman

Rusia Kirim Bom Pakai Drone Kamikaze ke Ukraina

Rusia dilaporkan kembali menyerang wilayah Ukraina. Ibu kota Kyiv diserang bom yang diduga dibawa oleh drone kamikaze buatan Iran.

Serangan udara tersebut menghantam infrastruktur penting di tiga wilayah, seperti dikutip dari laman BBC, Senin (17/10/2022).

Akibat serangan ini, aliran listrik di ratusan desa Ukraina terputus, menurut Perdana Menteri Denys Shmygal.

Sedikitnya delapan orang tewas, empat di Sumy dan empat di Kyiv.

Gelombang seruan sanksi terhadap Iran semakin meningkat. Namun Iran menyangkal telah memasok drone ke Rusia.

Seminggu yang lalu, ibukota Ukraina dihantam oleh rudal Rusia. Serangan itu kemudian menewaskan 19 orang.

Shmygal mengatakan, serangan terbaru tersebut telah menghantam wilayah Kyiv, Dnipro dan Sumy.

"Rusia sedang memburu semua fasilitas yang berhubungan dengan energi," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Ukraina, Yevhen Yenin.

"Mereka ingin menimbulkan kekacauan di industri energi."

Sementara itu, Andriy Yermak, kepala staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan; "Ini menunjukkan keputusasaan mereka."

4 dari 4 halaman

Serangan Putin Semakin Beringas

Keberingasan Vladimir Putin menjadi-jadi. Serangan Rusia di beberapa kota besar Ukraina menunjukkan bahwa Moskow masih memiliki kemampuan untuk menggunakan senjata presisinya dalam skala besar.

Beberapa waktu lalu, juru bicara angkatan udara Ukraina Yuriy Ihnat mengatakan, Rusia meluncurkan 83 rudal pada 10 Oktober 2022.

Dikutip dari laman BBC, kemudian lebih dari 43 telah ditembak jatuh oleh pasukan udaranya. Rudal, senjata Kalibr, Iskander dan Kh-101 diluncurkan dari Laut Kaspia dan Hitam.

Tak hanya ibu kota Kiev, sejumlah serangan juga menghantam Lviv dan Odesa menggunakan senjata Tu-95 dari sejauh Laut Kaspia, lebih dari 900km (560 mil) jauhnya.

Sementara itu, sebelum serangan hari ini, tembakan rudal juga dilakukan Rusia akhir pekan ini di Zaporizhzhya, menurut militer Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.