Sukses

Daftar 12 Stadion Sepak Bola Terindah di Dunia 2022, Ada yang Eksteriornya Bisa Berubah Warna

Berikut adalah daftar nama stadion-stadion terindah di dunia, yang mungkin salah satunya memikat Anda untuk dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling banyak disaksikan di dunia, karena menawarkan hiburan berkualitas kepada miliaran penggemar di seluruh dunia.

Sekarang ini kualitas permainan sepak bola bukan dilihat dari pemainnya saja, namun juga dari stadion tempat mereka berlaga.

Stadion adalah lapangan olahraga yang terdiri dari lapangan permainan dan tingkatan kursi untuk penonton.

Dengan demikian, tanpa stadion tidak akan ada pertandingan sepak bola, tidak akan ada penggemar yang akan berkumpul di sekitar tim mereka untuk menyemangati mereka menuju Kemenangan.

Oleh karena itu, stadion sangat penting untuk permainan sepak bola, itulah sebabnya terdapat ribuan stadion yang dibangun di berbagai kota di semua negara di dunia.

Meskipun banyak stadion yang ada di dunia, beberapa stadion menjadi suatu ikon karena strukturnya yang unik, dan memiliki fiturnya yang menyenangkan secara estetika.

Berikut adalah daftar nama stadion-stadion terindah di dunia, mengutip bscholarly.com, Jumat (7/10/2022):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Stadion Tottenham Hotspur

Stadion Tottenham Hotspur adalah salah satu stadion terindah di dunia saat ini. Pembangunan stadion ini menghabiskan biaya €1 miliar atau sekitar 15 trilliun rupiah.

Stadion ini memiliki kapasitas 62.850 kursi yang menjadikannya stadion sepak bola terbesar di London. Stadion ini juga memiliki tata letak dua lapangan pertama yang dapat ditarik, dengan lapangan rumput biasa dan rumput sintetis.

Kemegahan stadion ini juga dilihat dari dua layar Led 325 meter persegi yang luar biasa, sistem penerangan lapangan yang terstruktur, Sky lounge, Wall of sound.

Banyak spot dan ruangan indah yang tersedia bagi penonton untuk memanjakan diri mereka sendiri dengan makanan atau minuman.

3 dari 13 halaman

2. Stadion Al Bayt

Piala Dunia FIFA 2022 semakin dekat, Al Bayt merupakan salah satu stadion yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Sadion Al Bayt terletak di Al Khor, Qatar.

Stadion ini memiliki kapasitas 60.000 kursi yang dibangun pada tahun 2020 dengan biaya €770 Juta atau sekitar 11 trilliun rupiah.

Stadion ini dirancang sesuai dengan orang-orang Bayt Al Shaler yang hidup di gurun Qatar, itulah sebabnya atap Stadion dirancang dengan warna dan tekstur pasir gurun.

4 dari 13 halaman

3. Stadion San Siro

Stadio Giuseppe Meazea yang dikenal sebagai San Siro, adalah stadion kandang dari dua klub besar Italia yaitu Inter Milan dan AC Milan.

Stadion ini pertama kali dibangun pada tahun 1925 dengan kapasitas 35,000 orang, tetapi setelah serangkaian renovasi stadion ini sekarang memiliki kapasitas 80.000 penggemar.

San Siro juga dianggap sebagai istana sepak bola karena memiliki arena, atmosfer, struktur, dan rumput yang menarik.

5 dari 13 halaman

4. Stadion Soccer City

Soccer City yang sebelumnya dikenal sebagai First National Bank Stadium (FNB Stadium) terletak di Johannesburg, Afrika Selatan dan merupakan rumah bagi klub sepak bola Kaiser Chiefs, dan tim Nasional Afrika Selatan.

Stadion ini menawarkan arena berbentuk Calabash berkapasitas 90.000 orang. Desain Calabash dipilih karena Calabash adalah benda unik Afrika dan simbol benua Afrika.

Soccer City nampak sangat indah untuk ditonton dari luar karena arsitekturnya yang indah dan tersusun dengan baik. Stadion ini juga memiliki museum sepak bola, Restoran, dan 15.000 tempat parkir mobil.

6 dari 13 halaman

5. Stadion Birds Nest

Stadion Birds Nest terletak di Kota Beijing, China.

Stadion ini dibangun pada tahun 2003 menjelang pertandingan Olimpiade yang diadakan pada musim panas 2008.

Stadion ini merupakan Stadion Nasional Beijing dan populer sebagai tuan rumah konser, atletik, dan acara olahraga lainnya.

Birds Nest memiliki tampilan yang sangat indah dan kolosal, dengan adanya fitur desain energi, bangunan tahan gempa dan ruang publik.

Stadion ini memiliki kapasitas 90.000 tempat duduk dan struktur baja terbesar di dunia dengan 42.000 ton baja yang menutupi seluruh kubahnya dan di sekitar desain stadion.

7 dari 13 halaman

6. Stadion Wembley

Wembley adalah stadion sepak bola ikonik, dan Stadion Nasional tim Nasional Inggris.

Stadion Wembley dirancang oleh dua Arsitektur terkenal yaitu Foster and Partners, dan Populous yang juga merancang Tottenham Hotspur Stadium.

Dengan demikian, tidak heran Stadion Wembley juga sama menariknya dengan Stadion Tottenham Hotspur.

Stadion Wembley memiliki atap yang dapat dibuka, sebuah Arch setinggi 135 Meter yang menonjol tinggi dan membuatnya terlihat di seluruh London.

Lengkungan dengan bentang 315 meter ini adalah struktur atap tunggal terpanjang di dunia, di antara fitur-fitur lain yang membuat Wembley menjadi stadion yang mewah, mahal, dan indah.

8 dari 13 halaman

7. Stadion Santiago Bernabeu

Sama seperti Wembley, Santiago Bernabeu adalah stadion sepak bola ikonik.

Stadion ini merupakan kandang Real Madrid yang sudah selesai dibangun pada tahun 1947.

Pada tahun 1955, stadion ini berganti nama menjadi nama saat ini untuk menghormati Presiden Real Madrid saat itu.

Stadion ini memiliki kapasitas 80.000 tempat duduk, struktur dan desain yang indah yang menjadikannya salah satu stadion terindah di Dunia.

9 dari 13 halaman

8. Olympiastadion (Stadion Olimpiade) Berlin

Stadion Olimpiade Berlin yang awalnya dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 1936, saat ini menjadi kandang klub sepak bola Hertha Berlin di Bundesliga.

Stadion ini menawarkan arsitektur dan struktur yang estetis dan menyenangkan yang dapat membuat Anda menatap Stadion tanpa henti.

Dengan demikian, ini adalah salah satu stadion sepak bola terindah di dunia.

10 dari 13 halaman

9. Stadion Maracana

Stadion Maarcana adalah salah satu stadion terbaik di dunia. Stadion ini telah menjadi tuan rumah final Piala Dunia 1950 dan 2014, final sepak bola Olimpiade 2006, dan acara liga sepak bola terbaik lainnya.

Stadion ini terletak di Kota Rio de Janeiro, Brasil yang indah.

Stadion Maracana sangat indah dan juga masuk dalam daftar salah satu stadion terbesar di dunia, baik dari segi kapasitas tempat duduk dan ruang.

11 dari 13 halaman

10. Stadion Luzhniki

Rusia membanggakan sejumlah stadion yang bagus, tetapi Stadion Luzhiniki menonjol sebagai stadion paling indah di Rusia.

Stadion ini memiliki kapasitas 80.000 dan menjadi tuan rumah piala dunia FIFA 2018.

Stadion Luzhiniki sekarang dikenal menjadi Stadion Nasional Rusia. Stadion ini memiliki lebih dari 20 monumen bertema olahraga di sekitar stadion dengan struktur, desain, komponen internal, dan kapasitasnya yang besar.

12 dari 13 halaman

11. Stadion Allianz Arena

Allianz Arena adalah salah satu stadion termegah di dunia.

Stadion ini menampung klub hebat Bayern Munich.

Stadion ini juga merupakan salah satu stadion terindah di dunia, dengan struktur yang luar biasa dan arsitektur, dan eksterior yang bisa berubah warna.

Allianz Arena adalah stadion pertama di dunia dengan eksterior yang bisa berubah warna. Ini juga yang membuatnya lebih indah terutama dengan gaya dan bentuk stadion yang besar.

13 dari 13 halaman

12. Stadion Internasional Khalifa

Stadion Internasional Khalifa adalah salah satu stadion yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022.

Stadion ini memiliki bentuk dan struktur unik yang menarik untuk ditonton. Stadion ini juga memiliki kanopi yang membentang di bawah lengkungan ganda dan mendukung sistem pendinginan stadion.

Desain stadion ini membuatnya menarik bagi wisatawan dan penggemar sepak bola. Dengan demikian, menjadikannya salah satu stadion terindah di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.