Sukses

Puing Roket Long March 5 Jatuh ke Bumi, NASA Minta China Ikuti Norma Internasional

Berikut ini permintaan NASA ketika puing-puing roket China jatuh ke Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Puing-puing roket China telah jatuh ke Bumi di atas lautan India dan Pasifik, kata pejabat AS dan China. Bahkan, sebagian puingnya telah jatuh ke daerah Kalimantan dan membuat geger warga lokal di sana. 

Badan antariksa China mengatakan sebagian besar sisa Long March 5 terbakar di atmosfer, mengidentifikasi Laut Sulu di Pasifik sebagai lokasi masuk kembali di Bumi.

Sebelumnya, para ahli luar angkasa mengatakan kemungkinan pendaratan roket di daerah berpenduduk sangat rendah. Kembalinya tahap inti roket yang tidak terkendali telah menimbulkan pertanyaan tentang tanggung jawab atas sampah ruang angkasa.

Dilansir BBC, Selasa (2/7/2022), NASA meminta agar badan antariksa China merancang roket agar hancur menjadi potongan-potongan kecil saat masuk kembali, seperti norma internasional.

Dalam sebuah tweet, Komando Luar Angkasa AS mengatakan Long March 5 "masuk kembali di atas Samudra Hindia sekitar pukul 10.45 MDT [16.45 GMT] pada 30/7". Ini merujuk pembacanya ke pihak berwenang China untuk lebih jelasnya.

Sementara itu, Badan Antariksa China memberikan re-entry koordinat sebagai 119 derajat Bujur Timur dan 9,1 derajat Lintang Utara. Ini sesuai dengan daerah di Laut Sulu - timur pulau Palawan Filipina di Pasifik utara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stasiun Luar Angkasa China Belum Rampung

Roket baru-baru ini menuju ke stasiun luar angkasa China yang belum selesai, yang dikenal sebagai Tiangong, tidak memiliki kemampuan untuk masuk kembali secara terkendali.

Peluncuran terakhir adalah Minggu lalu, ketika roket Long March 5 membawa modul lab ke stasiun Tiangong. Pemerintah China mengatakan pada hari Rabu bahwa masuknya kembali roket akan menimbulkan sedikit risiko bagi siapa pun di darat karena kemungkinan besar akan mendarat di laut.

Namun, ada kemungkinan kepingan roket itu jatuh di atas daerah berpenduduk, seperti yang terjadi pada Mei 2020 ketika properti di Pantai Gading rusak.

Sebelum menabrak, tubuh roket kosong berada di orbit elips di sekitar Bumi di mana ia diseret ke arah masuk kembali yang tidak terkendali.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Long March 5

Merancang objek untuk hancur saat masuk kembali ke atmosfer menjadi prioritas bagi operator satelit. Sebagian dilakukan dengan menggunakan bahan yang memiliki suhu titik leleh rendah, seperti aluminium.

Dalam kasus roket, ini bisa mahal, karena secara historis bahan yang digunakan untuk bahan bakar perumahan, seperti titanium, membutuhkan suhu yang sangat tinggi untuk terbakar. Ukuran benda-benda seperti itu juga menjadi masalah, terutama dalam kasus Long March 5, dengan berat lebih dari 25 ton. 

Konfigurasi Long March 5 yang sama telah diluncurkan dua kali sebelumnya, sekali pada Mei 2020 dan lagi pada Mei 2021 , membawa elemen berbeda dari stasiun Tiangong.Pada kedua kesempatan itu, puing-puing dari "tahap inti" roket dibuang kembali ke Bumi, di Pantai Gading dan Samudra Hindia. 

Ini mengikuti prototipe yang jatuh ke Samudra Pasifik pada tahun 2018.

Tak satu pun dari insiden ini yang menyebabkan cedera tetapi menuai kritik dari berbagai badan antariksa. Pada hari Selasa, surat kabar yang dikelola pemerintah China Global Times menuduh media Barat melakukan kampanye kotor yang dipimpin AS terhadap Long March 5.

4 dari 4 halaman

Harapan Stasiun Luar Angkasa China

Peluncuran terbaru ini membawa modul kedua dari tiga ke stasiun luar angkasa China. 

Modul lab Wentian dengan panjang 17,9m akan menjadi yang pertama dari dua lab yang bergabung dengan stasiun. China mulai membangun stasiun luar angkasa pada April 2021 dengan peluncuran modul Tianhe, tempat tinggal utama. 

China berharap Tiangong akan selesai pada akhir 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.