Sukses

Shinzo Abe Meninggal, Menlu Retno Ucap Belasungkawa Mendalam di FMM G20

Menlu Retno Marsudi mengucapkan kedukaannya atas kepergian Shinzo Abe usai insiden penembakan.

Liputan6.com, Jakarta - Menlu Retno Marsudi turut menyampaikan ucapan duka yang mendalam atas meninggalnya mantan PM Shinzo Abe. Ucapan tersebut ia sampaikan usai pertemuan antar Menlu di Foreign Minister's Meeting (FMM) G20

"Saya baru saja menerima kabar duka dari Tokyo atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang, Yang Mulia Shinzo Abe. Saya ingin menyampaikan simpati dan belasungkawa yang terdalam dari pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, kepada pemerintah, dan rakyat Jepang saat ini berduka," ujarnya. 

Ia juga memuji dedikasi mendiang mantan PM Abe atas jasanya dalam melayani rakyat yang akan selalu dikenang. 

Warga Jepang berduka atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Shinzo Abe pada Jumat (8/7) saat menyampaikan kampanye politik di Nara.

"Ini adalah berita yang ditakuti orang-orang di sini, di Jepang selama enam jam," tulis Jurnalis BBC di Jepang Yuko Kato.

"Ini adalah hasil terburuk yang mungkin terjadi," katanya, demikian dikutip dari laman BBC, Jumat (8/7/2022).

Kini, adalah sentimen di mana-mana, soal penggunaan senjata api.

"Apa pun yang dipikirkan orang tentang Abe, Jepang kini bersatu dalam kesedihan, kemarahan, dan keterkejutan," kata Kato.

Shinzo Abe meninggal di rumah sakit. Hal ini dikonfirmasi oleh pejabat partai Shinzo Abe saat sedang menerima perawatan medis, dekat dengan serangan di Nara, kata seorang pejabat senior Partai Demokrat Liberal, lapor lembaga penyiaran publik NHK.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alami Henti Jantung

Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dilaporkan mengalami gagal jantung setelah tampaknya ditembak selama pidato kampanye Jumat di Nara, Jepang barat, televisi publik NHK melaporkan pada Jumat (8/7/2022).

Penyiar menayangkan rekaman yang menunjukkan Shinzo Abe ditembak lalu pingsan di jalan, dengan beberapa penjaga keamanan berlari ke arahnya. Abe memegangi dadanya ketika dia pingsan, dengan bajunya berlumuran darah. NHK mengatakan Abe dilarikan ke rumah sakit.

Mengutip AP News, Abe berada di Nara berkampanye menjelang pemilihan hari Minggu untuk majelis tinggi parlemen dan memberikan pidato ketika orang-orang mendengar suara tembakan.

Polisi menangkap seorang tersangka pria di tempat kejadian Shinzo Abe ditembak karena dicurigai melakukan percobaan pembunuhan, kata NHK.

Istilah gagal jantung berarti jantung tidak dapat cukup memompa darah dan memasok oksigen yang diperlukan ke seluruh tubuh. Di Jepang, para pejabat terkadang menggunakan istilah itu untuk menggambarkan situasi di mana para korban tidak lagi hidup tetapi sebelum pernyataan resmi kematian dibuat.

3 dari 4 halaman

Tersangka Dibekuk Tak Lama Shinzo Abe Ditembak

Mengutip The Guardian, rekaman dan akun yang disiarkan oleh media Jepang menunjukkan pidato Abe terganggu oleh dua ledakan keras - mungkin dari senapan - dan asap, dengan Abe terjatuh ke tanah setelah tembakan kedua. TBS Television melaporkan bahwa dia telah ditembak di sisi kiri dadanya dan tampaknya juga di leher.

NHK awalnya mengutip petugas pemadam kebakaran yang mengatakan Abe tidak menunjukkan tanda-tanda vital. Beberapa saat kemudian, anggota detail keamanan Abe bergulat dengan seorang pria ke tanah beberapa meter di belakang mantan perdana menteri.

Tersangka mengenakan kemeja abu-abu, celana panjang cokelat muda, dan sepatu olahraga abu-abu. Wajahnya sebagian tertutup oleh masker bedah. Dia dilaporkan tidak berusaha melarikan diri sebelum ditahan di tempat kejadian.

NHK mengatakan seorang tersangka, yang disebut oleh polisi sebagai Tetsuya Yamagami, seorang warga Nara berusia 40 tahunan, telah ditahan tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

Shinzo Abe Ditembak Dengan Senjata Rakitan

Polisi mengatakan senjata yang diduga digunakan dalam serangan itu adalah buatan sendiri, menurut laporan media setempat.

Sebuah foto menunjukkan dua bagian logam silinder yang tampaknya telah diikat dengan pita hitam tergeletak di jalan dekat tempat kejadian penembakan Shinzo Abe.

Politikus konservatif, yang berada di Nara untuk pidato kampanye menjelang pemilihan majelis tinggi hari Minggu ini, dikenal karena kebijakan "Abenomics" untuk mengangkat ekonomi terbesar ketiga di dunia dari deflasi dan untuk mendukung peran yang lebih menonjol bagi militer Jepang untuk melawan ancaman yang berkembang dari Korea Utara dan China yang lebih tegas.

Setelah berhenti secara tiba-tiba sebagai perdana menteri pada tahun 2007 setelah satu tahun menjabat, ia kembali untuk tugas kedua yang langka pada tahun 2012, berjanji untuk menghidupkan kembali ekonomi yang stagnan, melonggarkan batas-batas konstitusi pasifis pasca perang dunia kedua dan mengembalikan nilai-nilai konservatif.

Dia berperan penting dalam memenangkan Olimpiade 2020 untuk Tokyo, memiliki keinginan untuk memimpin Olimpiade dan bahkan muncul sebagai karakter video game Nintendo Mario selama penyerahan Olimpiade di Rio 2016.

Saat menjabat, Abe gagal mewujudkan ambisi politik utamanya – untuk merevisi konstitusi “pasifis” Jepang, yang melarang negara itu menggunakan kekuatan untuk menyelesaikan perselisihan internasional. Dalam beberapa pekan terakhir, dia telah menyuarakan dukungan untuk kenaikan signifikan dalam anggaran pertahanan Jepang, mengutip invasi Rusia ke Ukraina sebagai bukti bahwa Jepang harus tetap waspada jika terjadi invasi China ke Taiwan.

Abe menjadi perdana menteri terlama di Jepang pada November 2019, tetapi pada musim panas 2020 dukungan publik telah terkikis oleh penanganannya terhadap wabah COVID-19 serta serangkaian skandal, termasuk penangkapan mantan menteri kehakimannya. Keluhan usus kronis yang berkontribusi pada akhir prematur untuk masa jabatan pertamanya, membuat Abe mengundurkan diri tanpa memimpin Olimpiade, yang ditunda hingga 2021 karena pandemi.

Jepang hampir “tidak menoleransi” kepemilikan senjata – sebuah pendekatan yang menurut para ahli berkontribusi pada tingkat kejahatan senjata yang sangat rendah. Ada enam kematian senjata yang dilaporkan pada tahun 2014, menurut Badan Kepolisian Nasional, dan jumlahnya jarang melebihi 10, di negara berpenduduk 126 juta orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.