Sukses

Seperti Shinzo Abe, 3 PM Jepang Ini Juga Meninggal Akibat Ditembak

Serangan terhadap pejabat seperti peristiwa Shinzo Abe ditembak bukan pertama kali di Jepang. Tiga PM Jepang terdahulu juga pernah diserang dengan penembakan dan meninggal dunia.

Liputan6.com, Nara - Mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia setelah menjalani perawatan selama kurang lebih 4,5 jam pasca penembakan dirinya.

Sejumlah media memberitakan bahwa Shinzo Abe meninggal dunia di usia 67 tahun, setelah sebelumnya mengalami gagal jantung. Kematiannya pertama kali dilaporkan oleh lembaga penyiaran publik NHK.

Mengutip AP News, Abe berada di Nara tengah berkampanye menjelang pemilihan hari Minggu untuk majelis tinggi parlemen dan memberikan pidato ketika orang-orang mendengar suara tembakan.

Polisi menangkap seorang tersangka pria di tempat kejadian Shinzo Abe ditembak karena dicurigai melakukan percobaan pembunuhan, kata NHK.

Serangan itu mengejutkan di negara yang merupakan salah satu negara teraman di dunia dan dengan beberapa undang-undang kontrol senjata yang paling ketat di mana pun.

Serangan terhadap pejabat seperti peristiwa Shinzo Abe ditembak bukan pertama kali di Jepang. Mengutip sejumlah sumber, tiga PM Jepang terdahulu juga pernah diserang dengan penembakan dan meninggal dunia.

Berikut ini ulasannya:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PM Jepang Ito Hirobumi

Pada tahun 1909, Perdana Menteri Jepang Ito Hirobumi terbunuh.

Mengutip situs inf.news, pada 26 Oktober 1909 di Stasiun Kereta Harbin di Heilongjiang, China, sebuah kereta khusus Rusia perlahan-lahan melaju ke stasiun. Setelah mobil berhenti, seorang lelaki tua dengan janggut abu-abu perlahan turun dari mobil. Dia berpakaian rapi. Setelah turun dari mobil, sekelompok tentara Rusia langsung mengepungnya.

Saat dia berjalan, dia berjabat tangan dengan pejabat Rusia yang berdiri di kedua sisi untuk menyambutnya, tetapi tiba-tiba salah satu orang di kerumunan mengeluarkan pistol dan menembakkan beberapa tembakan ke orang tua itu, setiap tembakan tepat sasaran.

Adegan menjadi kacau untuk beberapa saat, dan perwira militer Rusia segera memanggil dokter untuk merawatnya, karena lelaki tua itu adalah orang utama dalam pertemuan ini - Perdana Menteri Jepang Hirobumi Ito. Tetapi ketiga peluru itu mengenai sasaran, dan Ito Hirobumi, yang kehilangan terlalu banyak darah, pada akhirnya tidak terselamatkan.

Ito Hirobumi meninggal.

Pembunuhnya segera ditangkap oleh tentara Rusia, diidentifikasi sebagai An Chonggen. Ia adalah seorang patriot Korea Utara yang lahir pada tahun 1879.

3 dari 4 halaman

Osachi Hamaguchi Ditembak di Stasiun

 

Mengutip First Post, PM Jepang Osachi Hamaguchi mengalami nasib yang sama dengan Shinzo Abe yang ditembak.

Osachi Hamaguchi, juga dikenal sebagai Hamaguchi Yuko, menjadi perdana menteri Jepang pada Juli 1929. Dia dijuluki 'Perdana Menteri Singa' karena sikapnya yang bermartabat dan rambutnya yang seperti surai.

Seorang pemuda sayap kanan bernama Sagoya Tomeo, yang marah atas dugaan perampasan hak prerogatif Kaisar atas komando tertinggi, menembak Hamaguchi pada 14 November 1930 di Stasiun Tokyo.

Dia tidak langsung mati dan sembilan bulan kemudian meninggal karena infeksi bakteri di lukanya yang belum sembuh.

 

 

4 dari 4 halaman

Perdana Menteri Tsuyoshi Inukai

Mengutip First Post, ini mungkin pembunuhan paling mengejutkan yang terjadi di Jepang sebelum insiden Shinzo Abe.

Pada 15 Mei 1932, sekelompok perwira angkatan laut bersenjata menyerbu kediaman perdana menteri dan menembak mati Perdana Menteri Tsuyoshi Inukai.

Kata-kata terakhir Inukai secara kasar diterjemahkan menjadi: "Jika saya bisa berbicara, Anda akan mengerti" yang dijawab oleh pembunuhnya, "Dialog tidak berguna."

Pembunuhan itu terjadi ketika korps perwira junior berusaha menggulingkan pemerintah. Sementara para pendukungnya sangat ingin melihat dia mengendalikan kekuatan militer yang sedang tumbuh, tentara dan angkatan laut menuduhnya tidak patriotik karena kurangnya dukungan untuk petualangan kekaisaran mereka.

Ketika Tentara Jepang memproklamirkan negara bagian Manchukuo di Tiongkok yang diduduki, Inukai menolak untuk mengakuinya secara diplomatis dan sisanya, seperti yang mereka katakan, adalah sejarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.