Sukses

Respons Sejumlah Tokoh Dunia Atas Penembakan Shinzo Abe

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak pada Jumat (8/7) saat berkampanye di kota Nara, kata seorang juru bicara pemerintah.

Liputan6.com, Nara - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak pada Jumat (8/7) saat berkampanye di kota Nara, kata seorang juru bicara pemerintah.

Sejumlah pejabat dunia telah mengeluarkan pernyataan soal insiden yang menimpa Shinzo Abe, demikian dikutip dari ndtv, Jumat (8/7/2022).

Duta Besar AS Rahm Emanuel: "Abe-san telah menjadi pemimpin Jepang dengan sangat luar biasa dan ia adalah sekutu Amerika Serikat yang tak tergoyahkan. Pemerintah AS dan rakyat Amerika berdoa untuk kesejahteraan Abe-san, keluarganya, serta rakyat Jepang ."

PM Australia Anthony Albanese menyampaikan pesan di Twitter: "Berita mengejutkan dari Jepang bahwa mantan PM Shinzo Abe telah ditembak -- pikiran kami bersama keluarganya dan bersama orang-orang Jepang saat ini."

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi: "Atas nama menteri luar negeri G20 telah menyatakan simpatinya untuk mantan menteri luar negeri Jepang."

Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen: "Saya yakin semua orang sama terkejut dan sedihnya seperti saya. Taiwan dan Jepang sama-sama negara demokratis dengan supremasi hukum. Atas nama pemerintah, saya ingin mengutuk keras tindakan kekerasan dan ilegal."

Kondisinya Dilaporkan Kritis Akibat Gagal Jantung

Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dilaporkan mengalami gagal jantung setelah tampaknya ditembak selama pidato kampanye Jumat di Nara, Jepang barat, televisi publik NHK melaporkan.

Penyiar menayangkan rekaman yang menunjukkan Shinzo Abe pingsan di jalan, dengan beberapa penjaga keamanan berlari ke arahnya. Abe memegangi dadanya ketika dia pingsan, dengan bajunya berlumuran darah. NHK mengatakan Abe dilarikan ke rumah sakit.

Mengutip AP News, Jumat (8/7/2022), Abe berada di Nara berkampanye menjelang pemilihan hari Minggu untuk majelis tinggi parlemen dan memberikan pidato ketika orang-orang mendengar suara tembakan.

Polisi menangkap seorang tersangka pria di tempat kejadian Shinzo Abe ditembak karena dicurigai melakukan percobaan pembunuhan, kata NHK.

Istilah gagal jantung berarti jantung tidak dapat cukup memompa darah dan memasok oksigen yang diperlukan ke seluruh tubuh. Di Jepang, para pejabat terkadang menggunakan istilah itu untuk menggambarkan situasi di mana para korban tidak lagi hidup tetapi sebelum pernyataan resmi kematian dibuat.

Tidak segera jelas seberapa serius cedera Abe atau apakah dia masih menunjukkan tanda-tanda vital.

Serangan itu mengejutkan di negara yang merupakan salah satu negara teraman di dunia dan dengan beberapa undang-undang kontrol senjata yang paling ketat di mana pun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Detik-Detik Shinzo Abe Ditembak

Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, ditembak dari belakang ketika sedang pidato di Nara. Ia sedang membantu kampanye untuk pemilihan legislatif 2022. 

Penembakan terjadi sekitar 11.30 siang waktu Jepang, Jumat (8/7/2022). Shinzo Abe tampak pidato di pinggir jalan di atas sebuah platform. 

Berdasarkan rekaman video dari netizen, Abe sedang berbicara ketika terdengar suara ledakan senjata, tak lama kemudian, muncul kepulan asap putih dan ada suara tembakan lain.

Video lain dari NHK melengkapi momen ketika Shinzo Abe ditembak. Pada tayangan berikutnya, Shinzo Abe sudah kolaps di lantai dan berusaha ditolong oleh tim medis. 

Abe sudah dibawa ke rumah sakit, namun dilaporkan bahwa tak ada tanda-tanda kondisi vital di tubuhnya. 

Seorang pria berusia 40 tahunan telah ditangkap atas insiden ini. Senjata api yang ia pegang juga telah diambil aparat. 

Insiden penembakan seperti ini sangatlah langka di Jepang. Aturan senjata api di negara itu juga sangat ketat.

3 dari 4 halaman

Kasus Penembakan di Jepang Sangat Jarang Terjadi

Rentetan penembakan massal baru-baru ini telah mendorong diskusi intensif seputar kontrol senjata di AS.

Tujuh orang tewas dan puluhan lainnya cedera dalam penembakan massal Senin di parade Empat Juli di Highland Park, Illinois. Serangan itu terjadi setelah beberapa penembakan massal lainnya dalam beberapa pekan terakhir, termasuk di Buffalo, New York, dan Uvalde, Texas. Demikian seperti dikutip dari laman South China Morning Post, Jumat (8/7/2022). 

Salah satu pertanyaan terbesar yang diajukan: Bagaimana AS mencegah hal ini terjadi berulang kali?

Meskipun AS tidak memiliki mitra yang tepat di tempat lain di dunia, beberapa negara telah mengambil langkah-langkah yang dapat memberikan gambaran seperti apa pengendalian senjata yang berhasil. 

Jepang, negara berpenduduk 127 juta orang dan kematian senjata tahunan jarang berjumlah lebih dari 10, adalah salah satu negara tersebut.

"Sejak senjata masuk ke negara itu, Jepang selalu memiliki undang-undang senjata yang ketat," Iain Overton, direktur eksekutif Action on Armed Violence, sebuah kelompok advokasi Inggris, mengatakan kepada BBC. 

"Mereka adalah negara pertama yang memberlakukan undang-undang senjata di seluruh dunia, dan saya pikir itu meletakkan dasar yang mengatakan bahwa senjata benar-benar tidak berperan dalam masyarakat sipil."

Namun kemudian, insiden penembakan justru menimpa mantan PM Shinzo Abe hingga menyebabkan ia tak sadarkan diri. 

Insiden kekerasan senjata jarang terjadi di Jepang, di mana senjata api dilarang.

4 dari 4 halaman

Negara Penuh Aturan

Keberhasilan Jepang dalam membatasi kematian akibat senjata terkait erat dengan sejarahnya. Setelah Perang Dunia II, pasifisme muncul sebagai salah satu filosofi dominan di negara ini. 

Polisi baru mulai membawa senjata api setelah pasukan Amerika membuatnya, pada tahun 1946, demi keamanan. Itu juga tertulis dalam hukum Jepang , pada tahun 1958, bahwa "tidak ada orang yang boleh memiliki senjata api atau senjata api atau pedang."

Pemerintah telah melonggarkan undang-undang tersebut, tetapi fakta bahwa Jepang memberlakukan kontrol senjata dari sikap pelarangan adalah penting. (Ini juga salah satu faktor utama yang memisahkan Jepang dari AS, di mana Amandemen Kedua secara luas mengizinkan orang untuk memiliki senjata.)

Jika warga Jepang ingin memiliki senjata, mereka harus menghadiri kelas sepanjang hari, lulus tes tertulis, dan mencapai setidaknya 95% akurasi selama tes jarak tembak.

Kemudian mereka harus lulus evaluasi kesehatan mental, yang dilakukan di rumah sakit, dan lulus pemeriksaan latar belakang, di mana pemerintah menggali catatan kriminal mereka dan mewawancarai teman dan keluarga.

Mereka hanya bisa membeli senapan dan senapan angin, bukan pistol dan setiap tiga tahun mereka harus mengulang kelas dan ujian awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.