Sukses

Zhou Guanyu Selamat dari Kecelakaan Mobil di F1 GP Inggris

Liputan6.com, London - Zhou Guanyu, yang memulai dari posisi kesembilan, terguling saat berlari ke arah belokan dan diluncurkan melalui jebakan kerikil menuju penghalang.

Tidak ada informasi segera mengenai kondisi Zhou, meskipun kru medis dengan cepat berada di tempat kejadian untuk memastikan keadaannya. Demikian seperti dikutip dari laman Motor Sport, Senin (4/7/2022). 

Kecelakaan itu dipicu oleh kontak antara George Russell dan Pierre Gasly saat melarikan diri dari awal.

Mobilnya pun berputar ke arah Zhou di sebelah kiri, yang kemudian berguling dan meluncur di halo mobil sampai ke pagar pembatas.

Russell kemudian berhenti di tikungan pertama dengan ban belakang kirinya terlepas dari kemudi.

Lebih jauh ke belakang, ada insiden terpisah ketika pebalap Williams dari Alex Albon terlempar tepat ke dinding pit setelah dipukul dari belakang oleh Aston Martin dari Sebastian Vettel.

Mobil Albon yang rusak kemudian ditabrak oleh mobil lain saat berputar ke luar, dengan Yuki Tsunoda dan Esteban Ocon terjebak dalam huru-hara.

Arah balapan FIA sejak itu mengkonfirmasi bahwa Zhou dan Albon telah dibawa ke pusat medis untuk pemeriksaan pencegahan.

Alfa Romeo berkata, "Zhou sadar, dia berbicara, tidak ada patah tulang. Mengingat keadaannya, dia cukup baik, cukup baik."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Penanganan Insiden

"FIA menyarankan bahwa setelah insiden di awal balapan, kru darurat segera hadir, dan pengemudi Mobil 23 (Albon) dan Mobil 24 (Zhou) telah dibawa ke pusat medis," bunyi pernyataan tersebut.

"Kedua pengemudi dalam keadaan sadar dan akan dievaluasi di pusat medis. Pembaruan lebih lanjut akan diberikan pada waktunya."

Lebih jauh di sekitar lintasan, muncul gambar pengunjuk rasa yang menyerbu lintasan di Wellington

Sebuah pernyataan dari F1 mengatakan: "Kami dapat mengkonfirmasi bahwa setelah bendera merah, beberapa orang berusaha memasuki lintasan.

"Orang-orang ini segera dipindahkan dan masalah ini sekarang sedang ditangani oleh pihak berwenang setempat."