Sukses

Pajang Sepatu Bot Pria, Ini 5 Trik Agar Rumah Anda Tak Jadi Target Incaran Maling

Liputan6.com, Jakarta - Pencurian biasanya merupakan kejahatan yang terjadi karena adanya kesempatan.

Pencuri adalah orang asing, dan satu-satunya hal yang mereka ketahui tentang rumah Anda adalah bahwa itu adalah sasaran empuk.

Studi menunjukkan bahwa sebagian besar perampokan memakan waktu antara 90 detik dan 12 menit dan terjadi antara pukul 10 pagi dan 3 sore.

Saat Anda pergi berlibur, membuka beberapa jendela dan pintu yang tidak terkunci dapat menjadi masalah yang diperlukan untuk menyerang. Untungnya, Anda dapat menggunakan beberapa tips ahli untuk mengecoh pencuri dan menjaga keluarga dan barang-barang Anda tetap aman.

Dilansir dari laman Bright Side, Rabu (15/6/2022), berikut adalah sejumlah tips agar rumah Anda tidak menjadi sasaran maling:

1. Simpan sepatu bot pria besar di dekat pintu

Pencuri biasanya adalah orang-orang pengecut yang takut akan konfrontasi. Mereka di luar sana mencari target yang rentan untuk dirampok. Menyimpan sepatu bot pria besar di dekat pintu menunjukkan bahwa ada seorang pria muda bertubuh besar di rumah. Gerakan ini seolah memiliki makna, "Seseorang ada di rumah sekarang, dan mungkin pria besar yang bisa menyakitimu."

2. Tempelkan kunci cadangan palsu di bawah keset pintu

Banyak orang menyimpan kunci cadangan di sekitar rumah, biasanya di bawah batu atau keset. Buat kunci cadangan palsu untuk mengelabui pencuri. Setelah pencuri memiliki kunci, mereka akan mencoba membuka pintu dengan sia-sia. Selain itu, mereka mungkin juga curiga bahwa mereka sedang diawasi. Ketakutan mereka akan membuat mereka membatalkan misi jika seseorang melihat mereka. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Gunakan saklar dengan pengatur waktu

Anda mungkin ingin memasang sakelar pengatur waktu pada lampu Anda jika Anda meninggalkan rumah selama lebih dari beberapa jam di malam hari. Ini akan mencegah pencuri yang lebih suka menyerang saat tidak ada orang di rumah. Selain itu, dapat mengurangi penggunaan energi dan menghilangkan pemborosan listrik dari lampu yang dibiarkan menyala sepanjang hari atau malam hari.

4. Jauhkan barang-barang berharga Anda dari pandangan

Pencuri paling sering masuk ke rumah melalui pintu depan atau jendela. Dalam hal ini, pastikan barang berharga Anda terkunci dan tidak terlihat oleh penyusup. Sebagai tindakan pencegahan, tutup gorden Anda di siang hari, tarik gorden Anda di malam hari, dan pastikan semua pintu terkunci saat Anda tidak di rumah.

5. Jangan membicarakan liburan Anda di media sosial dan jangan memposting saat Anda keluar

Pastikan pencuri tidak mengetahui bahwa Anda berada di luar kota dan tidak akan dapat mempertahankan rumah Anda. Kemungkinan besar, mereka akan menargetkan rumah Anda saat kosong, tetapi jika mereka pikir Anda akan ada di sana, mereka kebanyakan akan meninggalkan Anda sendirian. Apalagi, jangan memposting cerita atau gambar saat sedang berlibur . Jika Anda memposting foto diri Anda sedang berlibur, itu hanya akan memberi tahu pencuri bahwa properti Anda tidak terlindungi.