Sukses

Kondisi Eril Anak Ridwan Kamil saat Ditemukan di Bendungan Engehalde Bern

Liputan6.com, Jakarta - Anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah ditemukan. Eril ditemukan pihak Kepolisian Swiss di bendungan Engehalde, Bern.

Pada Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50 waktu Swiss, polisi wilayah Bern melaporkan ada seorang pria tergeletak di air pada bendungan Engehalde. Spesialis polisi maritim dari kepolisian Cantonal Bern menemukan sesosok tubuh di cekungan wilayah sungai dan kemudian mengevakuasinya.

Namun dipastikan bahwa pria yang telah diidentifikasi sebagai Eril anak Ridwan Kamil itu kondisinya telah meninggal dunia.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare pada Rabu 8 Juni pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman police.be.ch, Kamis (9/6/2022).

"Almarhum merupakan WNI (anak Ridwan Kamil) yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kronologi Ditemukannya Eril

Kepolisian Bern, Swiss, berhasil menemukan jenazah anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hanyut di Sungai Aare.

Jasadnya ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyampaikan, awalnya pihak KBRI dan keluarga Ridwan Kamil menerima informasi dari kepolisian Swiss pada Rabu, 8 Juni 2022 bahwa ada temuan jasad yang diduga Eril sekitar pukul 06.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan. Itu betul ananda Eril," tutur Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Kemudian pada Kamis siang ini waktu Swiss, lanjut dia, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan adalah Eril.

Hal itu pun turut disampaikan secara resmi oleh kepolisian Swiss lewat pemberitaan resmi.

"Selanjutnya sesuai prosedur hukum kepolisian Swiss, kepolisian menyiapkan berkas ke Pengadilan Bern untuk serah terima kepada keluarga," jelas dia.

Kemudian sekitar dua jam sebelum konferensi pers yang dilakukan pada 19.30 WIB, pihak Pengadilan Swiss telah memberikan kewenangan kepada keluarga Ridwan Kamil yang ada di Bern untuk menerima jasad Eril.

"KBRI Bern memastikan penghormatan hak-hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam," kata Muliaman.

 

3 dari 4 halaman

KBRI Bern Fasilitasi Kepulangan Eril

KBRI Bern di Swiss menyatakan bahwa jenazah Emmeril Khan Mumtadz akan segera dipulangkan ke Tanah Air.

"Untuk selanjutnya KBRI Bern akan mendampingi pihak keluarga untuk proses pengurusan repatriasi. KBRI juga akan mengawali repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia, ujar Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (9/6/2022) malam waktu Indonesia.

 "Kami memohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian. Agar seluruh proses kepulangan saudara Eril berjalan dengan lancar."

"Setiba di Jakarta nanti Direktoral Perlindungan WNI Kemlu RI akan memfasilitasi kedatangan rombongan di bandara Soekarno-Hatta."

4 dari 4 halaman

Sesuai Hasil Tes DNA

Polisi Swiss memastikan bahwa jenazah yang ditemukan di Bendungan Engehalde adalah anak Ridwan Kamil, yaitu Emmeril Khan Mumtadz.

Hal ini bisa dipastikan setelah dilakukan tes DNA oleh ahli forensik di Swiss. Duta Besar RI untuk Swiss menyampaikan informasi tersebut.

"Sesuai dengan prosedur yang berlaku, tim forensik segera melakukan identifikasi dan penyelusuran DNA untuk memastikan bahwa jenazah yang ditemukan tersebut adalah benar ananda Eril," ujar Dubes Muliaman Hadad dalam press briefing dari Bern, Kamis (9/6/2022) malam waktu Indonesia.

"Pada kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, pihak kepolisian Swiss menyampaikan konfirmasi hasil tes DNA bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah Emmeril Khan Mumtadz.'

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.