Sukses

Kondisi Kasus COVID-19 Terkini, Korea Utara Kekurangan Vaksin

Kasus COVID-19 di Korea Utara terus melonjak.

Liputan6.com, Jakarta - Berdiri tegak dengan setelan hazmat merah cerah, lima petugas kesehatan Korea Utara berjalan menuju ambulans untuk memerangi wabah COVID-19 yang - dengan anggapan tidak adanya vaksin - negara tersebut menggunakan antibiotik dan pengobatan rumahan untuk mengobatinya.

Negara bagian yang terisolasi itu adalah satu dari hanya dua negara yang belum memulai kampanye vaksinasi dan, hingga pekan lalu, bersikeras bahwa itu bebas COVID-19, seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (17/5/2022). 

Sekarang mereka memobilisasi pasukan termasuk tentara dan kampanye informasi publik untuk memerangi apa yang diakui pihak berwenang sebagai wabah "ledakan".

Dalam sebuah wawancara di televisi pemerintah pada hari Senin, Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat Kim Hyong Hun mengatakan negara itu telah beralih dari karantina ke sistem perawatan untuk menangani ratusan ribu kasus dugaan "demam" yang dilaporkan setiap hari.

Penyiar menunjukkan rekaman tim hazmat, dan pekerja bertopeng membuka jendela, membersihkan meja dan mesin dan menyemprotkan disinfektan.

Untuk mengobati COVID-19 dan gejalanya, media pemerintah telah mendorong pasien untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit dan penurun demam seperti ibuprofen, dan amoksisilin dan antibiotik lainnya - yang tidak melawan virus tetapi terkadang diresepkan untuk infeksi bakteri sekunder.

Sementara sebelumnya mengecilkan vaksin sebagai "tidak ada obat mujarab", media juga merekomendasikan berkumur air garam, atau minum teh lonicera japonica atau teh daun willow tiga kali sehari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan Pengobatan Tradisional

"Perawatan tradisional adalah yang terbaik!" seorang wanita mengatakan kepada penyiar negara ketika suaminya menggambarkan bahwa anak-anak mereka berkumur dengan air asin setiap pagi dan malam.

Seorang warga tua Pyongyang mengatakan dia telah dibantu oleh teh jahe dan ventilasi kamarnya.

"Saya pertama kali takut dengan COVID, tetapi setelah mengikuti saran dokter dan mendapatkan perawatan yang tepat, ternyata bukan masalah besar," katanya dalam wawancara yang disiarkan televisi.

Pemimpin negara itu, Kim Jong-un, mengatakan pada hari Minggu - ketika kantor berita negara KCNA melaporkan 392.920 lebih banyak kasus demam dan delapan kematian lagi - bahwa cadangan obat tidak mencapai orang, dan memerintahkan korps medis tentara untuk membantu menstabilkan pasokan di Pyongyang, di mana wabah tampaknya terpusat.

KCNA mengatakan penghitungan kumulatif dari yang dilanda demam mencapai 1.213.550, dengan 50 kematian. Itu tidak mengatakan berapa banyak infeksi yang dicurigai telah dites positif untuk COVID.

3 dari 4 halaman

Kematian Akibat COVID-19

Pihak berwenang mengatakan sebagian besar kematian disebabkan oleh orang-orang yang "ceroboh dalam mengonsumsi obat-obatan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman" tentang varian Omicron dan metode pengobatan yang benar.

Organisasi Kesehatan Dunia telah mengirimkan beberapa peralatan kesehatan dan persediaan lainnya ke Korea Utara, tetapi belum mengatakan obat apa yang dikandungnya. Tetangga China dan Korea Selatan telah menawarkan untuk mengirim bantuan jika Pyongyang memintanya.

Meskipun tidak mengklaim bahwa antibiotik dan pengobatan rumahan akan menghilangkan COVID-19, Korea Utara memiliki sejarah panjang dalam mengembangkan pengobatan yang belum terbukti secara ilmiah, termasuk suntikan yang terbuat dari ginseng yang ditanam dalam unsur tanah jarang yang diklaim dapat menyembuhkan segala hal mulai dari AIDS hingga impotensi.

Beberapa berakar pada obat-obatan tradisional, sementara yang lain telah dikembangkan untuk mengimbangi kekurangan obat-obatan modern atau sebagai ekspor "buatan Korea Utara".

Meskipun sejumlah besar dokter terlatih dan pengalaman memobilisasi untuk keadaan darurat kesehatan, sistem medis Korea Utara sangat kekurangan sumber daya, kata para ahli.

4 dari 4 halaman

Kurangnya Fasilitas Kesehatan

Dalam laporan bulan Maret, penyelidik hak asasi manusia PBB mengatakan negara itu terganggu oleh "kurangnya investasi dalam infrastruktur, tenaga medis, peralatan dan obat-obatan, pasokan listrik yang tidak teratur dan fasilitas air dan sanitasi yang tidak memadai".

Kim Myeong-Hee, 40, yang meninggalkan Korea Utara ke Korea Selatan pada tahun 2003, mengatakan kekurangan seperti itu membuat banyak warga Korea Utara bergantung pada pengobatan rumahan.

"Bahkan kalau kita ke rumah sakit, sebenarnya tidak ada obat-obatan. Listrik juga tidak ada sehingga peralatan medis tidak bisa digunakan," katanya.

Ketika dia mengidap hepatitis akut, dia mengatakan bahwa dia diberitahu untuk meminum minari - peterseli air yang terkenal oleh film tahun 2020 dengan judul yang sama - setiap hari, dan makan cacing tanah ketika terkena penyakit lain yang tidak diketahui.

Pengobatan rumahan terkadang gagal mencegah hilangnya nyawa selama epidemi pada 1990-an, tambah Kim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.