Sukses

Ilmuwan: Krisis Iklim Memperburuk Bencana Banjir di Afrika Selatan

Banjir besar dan mematikan yang melanda Afrika Selatan pada bulan April dibuat dua kali lebih mungkin dan lebih intens oleh pemanasan global.

Liputan6.com, Cape Town - Banjir besar dan mematikan yang melanda Afrika Selatan pada bulan April dibuat dua kali lebih mungkin dan lebih intens oleh pemanasan global, para ilmuwan telah memperkirakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan darurat iklim mengakibatkan kehancuran.

Bencana banjir dan tanah longsor melanda provinsi KwaZulu-Natal dan Eastern Cape di Afrika Selatan pada 11 April setelah curah hujan yang sangat deras, demikian seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (14/4/2022).

Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa menyebut banjir sebagai "bencana dengan proporsi yang sangat besar" dan "tragedi terbesar yang pernah kita lihat", yang kemudian menyatakan keadaan bencana nasional.

Setidaknya 453 orang tewas dan pelabuhan Durban, yang terbesar di Afrika, ditutup, menyebabkan gangguan global dalam pasokan makanan dan mineral.

Studi terbaru lainnya menemukan bahwa gelombang panas di wilayah Pacific Northwest Amerika Utara pada tahun 2021 akan "hampir tidak mungkin" tanpa perubahan iklim, dan bahwa pemanasan global memperburuk banjir ekstrem di Eropa pada Juli 2021 dan badai di Madagaskar, Malawi dan Mozambik pada Januari.

"Jika kita tidak mengurangi emisi dan menjaga suhu global di bawah 1,5C, banyak peristiwa cuaca ekstrem akan menjadi semakin merusak," kata Dr Izidine Pinto, di University of Cape Town dan bagian dari tim yang melakukan analisis.

"Kita perlu secara drastis mengurangi emisi gas rumah kaca dan beradaptasi dengan realitas baru di mana banjir dan gelombang panas lebih intens dan merusak."

Dr Friederike Otto, di Imperial College London dan juga bagian dari tim, mengatakan: "Kebanyakan orang yang meninggal dalam banjir tinggal di pemukiman informal, jadi sekali lagi kita melihat bagaimana perubahan iklim secara tidak proporsional berdampak pada orang-orang yang paling rentan. Namun, banjir pelabuhan Durban juga merupakan pengingat bahwa tidak ada perbatasan untuk dampak iklim. Apa yang terjadi di satu tempat dapat memiliki konsekuensi substansial di tempat lain."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gelombang Panas Brutal

Gelombang panas brutal sedang dialami di India dan Pakistan dan pasti telah diperburuk oleh pemanasan global. "Tidak ada keraguan bahwa perubahan iklim adalah pengubah permainan besar dalam hal panas ekstrem," kata Otto. "Setiap gelombang panas di dunia sekarang dibuat lebih kuat dan lebih mungkin terjadi karena perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia."

Nick Silkstone, di Kantor Met Inggris, mengatakan: "Suhu diperkirakan akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu, ketika nilai maksimum bisa mencapai sekitar 49-50C [120-122F] di lokasi terpanas, seperti Jacobabad, dan daerah Sibi di Pakistan. Nilai-nilai ini sekitar 5-7C di atas rata-rata untuk waktu tahun.

Analisis peran pemanasan global dalam banjir Afrika Selatan menggunakan data cuaca dan simulasi komputer untuk menilai seberapa besar kemungkinan curah hujan ekstrem terjadi di iklim yang memanas saat ini - 1,2C lebih panas daripada sebelum era industri - dan dalam iklim yang tidak dipanaskan di masa lalu.

Hasilnya menunjukkan curah hujan ekstrem seperti itu sekarang dapat diperkirakan sekitar sekali setiap 20 tahun dibandingkan dengan hanya sekali setiap 40 tahun di masa lalu, yang berarti telah menjadi dua kali lebih mungkin. Penilaian juga menunjukkan curah hujan 4-8% lebih intens daripada tanpa perubahan iklim.

Ini konsisten dengan pemahaman ilmiah tentang bagaimana perubahan iklim mempengaruhi hujan lebat. Ketika atmosfer menjadi lebih hangat, ia dapat menahan lebih banyak air, meningkatkan risiko hujan lebat.

 

3 dari 3 halaman

Kekeringan di Kenya

Di sebuah desa terpencil di Turkana, Kenya Utara, penduduk desa berdoa untuk hujan, tetapi itu tidak akan datang.

Musim keempat hujan yang gagal menyebabkan salah satu kekeringan terburuk yang pernah terjadi di Afrika Timur dalam beberapa dekade, dan desa ini, yang merupakan rumah bagi 3.600 keluarga, adalah salah satu daerah yang paling terpukul.

Tanahnya kering, berdebu dan tandus, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (14/5/2022).

Ternak yang tersisa memakan semak abu-abu yang layu yang menutupi tanah. Orang-orang makan apa pun yang dapat mereka temukan, seringkali tidak terlalu banyak.

Jacinta Atabo Lomaluk tinggal di desa Lomoputh.

Dia adalah ibu dari lima anak yang putra sulungnya menderita kekurangan gizi sejak September. Anak berusia 12 tahun itu lemah dan tidak bisa berjalan atau bahkan berdiri sendiri. Dia mengatakan dia tidak pernah mengalami kondisi seburuk kekeringan ini sebelumnya.

"Ini memburuk, lebih buruk dari sebelumnya. Itu sebabnya Anda dapat melihat tanda-tanda kelaparan di sini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini