Sukses

6 Manfaat Makan Kurma Setiap Hari Meski Ramadhan Telah Usai

Tak hanya baik dikonsumsi selama bulan Ramadhan, kurma memiliki manfaat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Dikenal sebagai pemanis alami yang sangat baik, kurma adalah camilan lezat dan bergizi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan Anda dalam banyak hal.

Berkat rasanya yang kenyal dan manis, kurma sama lezatnya dengan manisan manis, tetapi jauh lebih baik untuk Anda.

Selain menjadi pengganti permen dan cokelat yang sehat, kurma dapat meningkatkan pencernaan Anda dan bahkan membuat persalinan Anda lebih singkat dan mudah.

Walaupun Ramadhan sudah lewat, Anda tetap dapat merasakan manfaat baik dari mengkonsumsi kurma setiap hari. 

Dilansir dari laman Bright Side, Selasa (10/5/2022), berikut adalah sejumlah manfaat baik dari mengkonsumsi kurma:

1. Mencegah Sembelit

Selain sebagai camilan yang lezat dan sehat, kurma juga dapat melancarkan buang air besar secara teratur. Karena kaya serat, kurma bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat mencegah sembelit. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan kurma secara teratur selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi buang air besar yang signifikan.

2. Baik untuk Kulit

Menggunakan produk yang tepat dan menjaga kulit Anda terhidrasi dengan baik sangat penting untuk mendapatkan kulit yang segar dan awet muda, tetapi merawat kulit Anda dimulai dari dalam. Menambahkan beberapa kurma ke dalam makanan Anda adalah cara mudah untuk memberikan kulit Anda antioksidan yang melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas berbahaya. Karena kurma memiliki kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan dengan buah kering lainnya, memakannya dapat membantu kulit Anda tetap awet muda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membantu Proses Melahirkan

Setiap wanita hamil tahu ada banyak cara untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk persalinan, dan makan kurma pasti yang paling mudah dan paling enak dari semuanya. Penelitian telah membuktikan bahwa makan 6 kurma per hari selama 4 minggu sebelum tanggal jatuh tempo Anda mungkin membuat persalinan Anda lebih mudah dan menurunkan kebutuhan untuk induksi. Faktanya, wanita yang makan kurma setiap hari akan melahirkan selama 4 jam lebih sedikit daripada mereka yang tidak makan kurma sama sekali.

4. Pengganti Makanan Manis

Saat Anda merasa lelah atau lapar, kemungkinan Anda tergoda untuk meraih kue atau sepotong kue, tetapi beberapa kurma sebenarnya bisa menjadi pengganti gula putih yang bagus. Karena manis secara alami dan memiliki rasa seperti karamel yang lezat, kurma dapat dengan mudah menggantikan gula putih dalam banyak resep.

5. Bikin Tidur Lebih Nyenyak 

Jika Anda telah menderita insomnia selama beberapa waktu, memasukkan beberapa kurma dalam diet Anda mungkin merupakan cara mudah untuk menyelesaikan masalah ini. Pakar medis percaya bahwa makan hanya 2 kurma dalam waktu 30 menit berjalan kaki dapat menstabilkan gula darah Anda dan membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak di penghujung hari.

3 dari 4 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan Otak

Jika Anda merasa gugup sebelum presentasi besar atau ujian penting, berkencan beberapa kali adalah cara yang bagus untuk menjinakkan rasa lapar dan menenangkan saraf Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kurma dapat meningkatkan memori Anda dan meningkatkan kekuatan otak Anda.

Olahan Kurma

Jus Kurma

Berikut resep olahan kurma untuk takjil yang bisa kamu pilih:

Bahan-bahan:

- 7 butir buah kurma atau sesuai selera

- 4 sendok teh madu asli

- 1 gelas air mineral

- Es batu secukupnya

Cara membuat jus kurma:

1. Kupas kurma dan buang bijinya, lalu masukkan ke dalam blender.

2. Tuangkan madu dan masukkan es batu ke dalam blender.

3. Lalu blender seluruh bahan hingga halus.

4. Apabila sudah halus, maka tuangkan jus kurma ke dalam gelas dan siap dinikmati.

4 dari 4 halaman

Puding Kurma

Puding Kurma

Berikut resep olahan kurma untuk takjil yang bisa kamu pilih:

Bahan-bahan:

- 500 ml susu putih uht

- 1/2 bungkus agar-agar tanpa rasa

- 15 kurma, buang biji, cincang

- 3 sdm madu

Cara membuat puding kurma:

1. Aduk jadi satu susu putih, agar-agar, potongan kurma dan madu.

2. Masak dengan api kecil hingga mendidih.

3. Tuang dalam wadah, dinginkan hingga pudding mengeras.

4. Sajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.