Sukses

Sempat Wacana Ditunda, Asian Games 2022 Bakal Tetap Digelar di China

Liputan6.com, Jakarta Dewan Olimpiade Malaysia mengatakan bahwa Asian Games 2022 di China akan tetap berlangsung, sekaligus menyangkal klaim bahwa itu menghadapi kemungkinan ditunda.

Acara seukuran Olimpiade dijadwalkan akan diadakan pada bulan September di Hangzhou, wilayah metropolitan utama kurang dari 200 km barat daya Shanghai. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (24/4/2022).

Shanghai saat ini bergulat dengan keadaan darurat virus corona yang besar, dengan sekitar 25 juta penduduknya saat ini dalam penguncian selama berminggu-minggu ketika pihak berwenang mencoba untuk mengekang gelombang yang dipicu oleh Omicron.

Seorang pejabat yang bekerja dengan badan pengatur Dewan Olimpiade Asia, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada AFP Kamis bahwa tidak ada keputusan yang dibuat tetapi ada kemungkinan penundaan.

Namun, Presiden Dewan Olimpiade Malaysia Norza Zakaria membantahnya.

"Asian Games 2022 di China sedang berlangsung," katanya kepada AFP, Sabtu. 

"Kami telah memeriksa dengan OCA (Dewan Olimpiade Asia) dan panitia penyelenggara."

Sebagian besar acara olahraga internasional telah ditunda di China sejak pandemi COVID-19, meskipun Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin dengan ketat pada Februari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Diselenggarakan September Mendatang

Tepat setelah Olimpiade berakhir, Shanghai - kota terbesar di China - menyaksikan wabah COVID-19 terburuk di negara itu dalam dua tahun, dan penduduknya sebagian besar dikurung di rumah mereka sejak awal April.

Semua 56 tempat kompetisi untuk Olimpiade di Hangzhou telah selesai, penyelenggara China mengatakan bulan ini, berjanji untuk menerbitkan rencana pengendalian virus yang mengambil isyarat dari Olimpiade Musim Dingin.

Hangzhou dijadwalkan menyelenggarakan Olimpiade dari 10 hingga 25 September, menjadi tuan rumah ketiga China setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010.

3 dari 4 halaman

Cabor Esports di Asian Games 2022

Esports dipastikan akan melakukan debut dikancah internasional sebagai cabang olahraga (cabor) resmi yang dpertandingkan di Asian Games 2022.

Kabar ini diungkap langsung oleh pihak OCA (Dewan Olimpiade Asia) dengan Federasi Olahraga Elektronik Asia atau disebut dengan AESF.

"Kami berharap pengumuman ini memberikan waktu yang cukup bagi semua tim esports yang berpartisipasi untuk mempersiapkan dan melengkapi diri mereka menjelang babak kualifikasi," ujar Direktur Jenderal OCA (Dewan Olimpiade Asia), Mr Husain Al- Musallam.  

Adapun kedelapan gim yang akan dipertandingkan dalam cabor esports Asian Games 2022, antara lain PUBG Mobile, Street Fighter V, Dota 2, Arena of Valor, Dream Three Kingdoms 2, HeartStone, League of Legends, dan gim sepak bola FIFA.

Selain delapan gim tersebut di atas, gim berjudul Robot Masters VR Sports akan menjadi judul demonstrasi dalam pagelaran Asian Games 2022 ini.

Karena masuk ke dalam daftar cabor yang dipertandingkan, peserta pemenang dari masing-masing judul gim tersebut akan mendapatkan medali, dan ikuti dihitung dalam total perolehan medali negara peserta.

4 dari 4 halaman

PUBG Mobile Masuk Daftar

Rencananya, pertandingan akan berlangsung dari 10 September hingga 25 September 2022. Karena masuk sebagai salah satu cabor resmi Asian Games, peserta yang bersaing akan berkesempatan untuk meraih emas.

“Suatu kehormatan bagi PUBG Mobile untuk diikutsertakan dalam Asian Games 2022," kata James Yang, Director of Global Esports, Tencent Games, dalam keterangannya.

Dia menambahkan, "Kami sangat beruntung memiliki sejumlah pemain yang sangat berbakat dari beberapa negara di kawasan ini, dan tidak sabar untuk melihat mereka bersaing sebagai bagian dari acara bergengsi Asian Games 2022."

Sebagai salah satu program esports terbesar dan paling mudah diakses di dunia, sirkuit esports PUBG MOBILE telah mengalami pertumbuhan besar-besaran pada 2021.

Kini hadir dengan 14 liga baru dan total hadiah sebesar USD 15 juta tahun ini, kompetisi PUBG Mobile merupakan yang tertinggi dalam sejarah mobile esports.

Dimasukkannya PUBG Mobile di Asian Games 2022 menunjukkan pertumbuhan gim bergenre battle royale tersebut di seluruh dunia sebagai salah satu game mobile esports paling populer.