Sukses

Ukraina Akan Hadiri Pertemuan di AS dengan Negara G7 hingga Bank Dunia

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal dan pejabat tinggi keuangan Ukraina akan mengunjungi Washington minggu depan utnuk bertemu dengan negara G7 hingga Bank Dunia.

Liputan6.com, D.C - Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal dan pejabat tinggi keuangan Ukraina akan mengunjungi Washington DC, AS minggu depan selama pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (World Bank), sumber yang akrab dengan rencana tersebut mengatakan pada Jumat 15 April 2022.

Shmyhal, Menteri Keuangan Serhiy Marchenko dan gubernur bank sentral Kyrylo Shevchenko dijadwalkan untuk bertemu secara bilateral dengan pejabat keuangan dari negara-negara Kelompok Tujuh atau G7 dan lainnya, dan mengambil bagian dalam diskusi tentang Ukraina yang akan diselenggarakan oleh Bank Dunia pada hari Kamis, kata sumber tersebut.

Acara hari Kamis akan menjadi kesempatan pertama bagi para pejabat kunci Ukraina untuk bertemu langsung dengan sejumlah pejabat keuangan dari negara maju sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari, Reuters mewartakan sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (16/4/2022).

Dampak dari perang Rusia di Ukraina diperkirakan akan mendominasi pertemuan minggu depan pejabat ekonomi senior dari Bank Dunia dan negara-negara anggota IMF, serta G7 dan G20, dengan IMF siap untuk menurunkan perkiraan untuk pertumbuhan global sebagai akibat dari perang.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim pasukannya ke Ukraina pada apa yang disebutnya "operasi militer khusus" untuk mendemiliterisasi dan "denazify" Ukraina.

Kiev dan sekutu Baratnya mengatakan itu adalah pembenaran palsu untuk perang agresi yang tidak beralasan yang telah mendorong seperempat dari 44 juta orang Ukraina meninggalkan rumah mereka dan menyebabkan kematian ribuan orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertemuan Meja Bundar

Pertemuan hari Kamis akan lebih merupakan meja bundar daripada konferensi donor, meskipun IMF dan Bank Dunia telah menyiapkan rekening terpisah untuk dapat memproses dan menyampaikan sumbangan, dan janji tambahan diharapkan akan diumumkan minggu depan.

Ini akan memberi para pejabat kesempatan untuk membahas kehancuran fisik dan konsekuensi ekonomi dari perang, serta terus berfungsinya sektor perbankan dan keuangan Ukraina.

"Tanpa dukungan sekarang, tidak akan ada rekonstruksi di masa depan," kata salah satu sumber.

Bank Dunia tidak segera berkomentar tentang peristiwa tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Bantuan Keuangan untuk Ukraina

Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan pada sebuah acara di Warsawa minggu ini bahwa bank sedang mempersiapkan paket dukungan $ 1,5 miliar untuk Ukraina.

Dewan eksekutif IMF pekan lalu menyetujui pembuatan akun baru yang memberi donor bilateral dan kelompok internasional cara yang aman untuk mengirim sumber daya keuangan ke Ukraina.

Kanada, salah satu pendukung utama Ukraina, telah mengusulkan pencairan hingga C $ 1 miliar dolar melalui rekening baru, yang akan dikelola oleh IMF.

Rekening tersebut akan memungkinkan donor untuk memberikan hibah dan pinjaman untuk membantu pemerintah Ukraina memenuhi neraca pembayaran dan kebutuhan anggaran dan membantu menstabilkan ekonominya karena terus bertahan melawan invasi mematikan Rusia.

Marchenko pekan lalu mengatakan pemerintahnya sedang mencari sekitar € 4 miliar (US $ 4,37 miliar) dalam pembiayaan luar negeri di samping sekitar € 3 miliar yang telah diterima untuk menangani kekurangan anggaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini