Sukses

Joe Biden Akan Beri Bantuan ke Ukraina Sebesar 500 Juta Dolar AS, untuk Apa?

Gedung Putih mengonfirmasi percakapan telepon Joe Biden dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada mitranya dari Ukraina, Volodymyr Zelensky, pada Rabu (29/3) bahwa Amerika Serikat akan memberi Ukraina 500 juta dolar AS dalam "bantuan anggaran langsung."

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Gedung Putih dalam pembacaan percakapan telepon kedua pemimpin negara tersebut, demikian dikutip dari laman Xinhua, Kamis (31/3/2022).

Gedung Putih mengatakan, Presiden Joe Biden kepada menyampaikan kepada Zelensky bahwa Amerika Serikat "berniat untuk memberikan bantuan anggaran langsung kepada pemerintah Ukraina sebesar 500 juta dolar" melalui telepon.

Perbincangan kedua pemimpin negara ini berlangsung sekitar satu jam, menurut reporter yang meliput Gedung Putih.

“Para pemimpin membahas bagaimana Amerika Serikat bekerja sepanjang waktu untuk memenuhi permintaan bantuan keamanan utama oleh Ukraina," kata pihak Gedung Putih.

"Dampak kritis senjata terhadap konflik, dan upaya lanjutan oleh Amerika Serikat dengan sekutu dan mitra untuk mengidentifikasi kemampuan tambahan guna membantu militer Ukraina mempertahankan negaranya," kata lanjut laporan tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbincangan Zelensky dan Biden

Zelensky mengatakan di Twitter setelah panggilan telepon bahwa dia dan Biden "berbagi penilaian situasi di medan perang dan di meja perundingan."

"Berbicara tentang dukungan defensif khusus, paket baru sanksi yang ditingkatkan, bantuan keuangan makro dan kemanusiaan," tulis laporan tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Rusia Serang Ukraina dan Dalih Vladimir Putin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.